Grammar Correction

 


Grammar Correction

Dalam menulis dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah grammar atau tata bahasa. Mengajarkan menulis dengan menggunakan Bahasa Inggris memelukan teknik dan aktivitas yang harus sesuai dengan level atau tingkatan kemampuan siswa. (In writing using English as the language of instruction, there are several things that must be considered, one of which is grammar or grammar. Teaching writing using English requires techniques and activities that must be in accordance with the level or level of student ability.)

Dalam kesempatan ini, mari kita bahas mengenai bagaimana pengkoreksian atas hasil pekerjaan menulis siswa yang seharusnya dilakukan dan dihindari oleh guru. Hal apa sajakah, Marilah kita bahas. (On this occasion, let's discuss how to correct the results of students' writing work that teachers should do and avoid. Anything, Let's discuss.)

Dalam setiap pembelajaran, dapat dipastikan semua guru akan sependapat bahwa pengkoreksian sangatlah diperlukan untuk mengetahui apakah siswa sudah mampu atau apakah siswa sudah mengerti atas apa yang telah diajarkan. (In every lesson, it is certain that all teachers will agree that correction is needed to find out whether students are able or whether students have understood what has been taught.)

Dalam hal menulispun demikian, terlebih dalam menulis dengan menggunakan Bahasa Inggris. Biasanya guru mengkoreksi hasil tulisan siswa mengenai grammar atau tata bahasanya. Beberapa dekade kebelakang, beberapa riset atau penelitian menyatakan bahwa pengkoreksian grammar atau grammar correction merupakan sesuatu hal yang kurang tepat. Jika pengkoreksian secara grammar atau tata bahasa dianggap kurang tepat, lalu rekomendasi apa yang sesuai dan baik dalam mengkoreksi grammar siswa?. (Even in terms of writing, especially in writing using English. Usually the teacher corrects the students' writings regarding their grammar or grammar. In the past few decades, several studies have stated that grammar correction or grammar correction is something that is not quite right. If correcting grammar or grammar is considered inappropriate, then what recommendations are appropriate and good for correcting students' grammar?)

Pengkoreksian grammar atau grammar correction biasanya dilaksanakan guru dengan alasan untuk mengetahui error atau kesalahan yang terdapat dalam tulisan siswa, dan kemudian guru, baik secara langsung maupun tidak langsung mengkoreksi struktur kalimat atau kesalahan dalam grammar sehingga siswa akan mengetahui mengenai kesalahan yang telah dibuat dalam tulisannya, sehingga sebagai hasil dari pengkoreksian tersebut, siswa diharapkan dapat memperbaiki tulisannya secara keseluruhan serta dapat menulis dengan grammar atau tata bahasa yang benar. (Grammar correction or grammar correction is usually carried out by the teacher with the reason to find out the errors or errors contained in the student's writing, and then the teacher, either directly or indirectly, corrects the sentence structure or errors in grammar so that students will know about the mistakes that have been made in their writing. so that as a result of the correction, students are expected to be able to improve their writing as a whole and be able to write with correct grammar or grammar.)

Guru merasakan bahwa jika tulisan siswa tidak dikoreksi secara grammar atau grammar correction, maka kesalahan tersebut akan berlanjut dan berulang, sehingga siswa akan terus menerus melakukan kesalahan secara grammar, yang jika dibiarkan akan sulit untuk diperbaiki. Study menyatakan bahwa hal tersebut tidaklah benar. Seiring berjalannya waktu, lambat laun siswa kemudian akan mampu memperbaiki kesalahan grammarnya dalam tulisan dan kesalahan yang dilakukan hari ini tidak akan terbawa atau berlanjut. (The teacher feels that if the student's writing is not corrected by grammar or grammar correction, then the error will continue and repeat, so that students will continue to make grammatical errors, which if left unchecked will be difficult to correct. The study states that this is not true. As time goes by, gradually the students will be able to correct their grammar mistakes in writing and the mistakes made today will not carry over or continue.)

Menurut penelitian, Grammar correction dalam menulis dengan Bahasa Inggris tidaklah efektif berdasarkan pengukuran atas beberapa jenis feedback yang dilakukan terhadap kemampuan menulis. Penelitian ini dilaksanakan di Jepang untuk membandingkan pengaruh feedback terhadap kemampuan menulis siswa. Jenis feedback tersebut yaitu: (1). Explicit correction. Pengkoreksian ini secara gamblang menyebutkan kesalahan penulisan dimana kesalahan tersebut di tunjukan dan kemudian penulisan yang seharusnya diberikan kepada siswa. Jadi siswa di beritahu dimana letak kesalahannya dan diberikan jawaban yang seharusnya. (2). Menandai kesalahan siswa tanpa diberikan penjelasan mengenai jawaban yang seharusnya. (3). Memberikan nilai atau skor dan meminta siswa mencari kesalahan yang terdapat dalam tulisannya. (4). Pengkoreksian dengan menunjukan letak kesalahannya dan dijelaskan kesalahannya, kemudian siswa di tugaskan untuk menuliskan kembali.Hasil dari penelitian dengan perlakuan keempat jenis feedback tersebut menunjukan hasil yang kurang signifikan. (According to research, Grammar correction in writing in English is not effective based on the measurement of several types of feedback on writing ability. This study was conducted in Japan to compare the effect of feedback on students' writing skills. The types of feedback are: (1). Explicit correction. This correction clearly mentions the writing error where the error is shown and then the writing that should be given to the student. So students are told where the error is and given the right answer. (2). Marking student errors without being given an explanation of the correct answer. (3). Give a value or score and ask students to look for errors contained in their writing. (4). Correction by showing the location of the error and explaining the error, then students are assigned to rewrite it. The results of the study with the treatment of the four types of feedback showed less significant results.)

Penelitian lain menunjukan bahwa tanpa pengkoreksian secara langsung ataupun tidak langsung dapat berpengaruh terhadap kemampuan menulis.  (Other studies have shown that without direct or indirect correction, it can affect writing ability.)

Grammatical correction dalam menulis dengan menggunakan Bahasa Inggris bahkan dapat berbahaya atau membuat siswa berkecil hati, berbeda dengan siswa yang mendapatkan tulisannya tanpa grammatical correction, mereka akan terus menulis sehingga tulisannya akan menjadi lebih baik. (Grammatical correction in writing using English can even be dangerous or make students discouraged, in contrast to students who get their writing without grammatical correction, they will continue to write so that their writing will be better.)

Mengapa grammar correction tidak efektif? (Why is grammar correction ineffective?)

Ada beberapa hal yang menyebabkan grammar correction menjadi tidak efektif. Beberapa hal tersebut adalah: (There are several things that cause grammar correction to be ineffective. Some of these are:)

1. Pertama bahawa grammar correction hanyalah tentang surface appearance atau bagian permukaan saja, dan bukan tentang bagaimana Bahasa berkembang. (First, that grammar correction is only about surface appearance, and not about how language develops.)

2. Kedua, belajar grammar adalah sesuatu yang kompleks, yang akan berkembang seiring berjalannya waktu, jadi mungkin siswa tidak akan langsung mengerti atau faham. (Second, learning grammar is something complex, which will develop over time, so maybe students will not immediately understand or understand.)

3. Ketiga adalah tidak efektifnya grammar correction adalah berhubungan dengan komentar guru dan pemahaman siswa akan komentar tersebut. Siswa terkadang menjadi bingung atas penjelasan yang diberikan guru. (Third, the ineffectiveness of grammar correction is related to the teacher's comments and students' understanding of the comments. Students sometimes become confused about the explanation given by the teacher.)

4. Keempat, Siswa umumnya membuat catatan atau hanya mengingat pengkoreksian tersebut dan ketika diminta untuk menulis lagi, kesalahan terjadi lagi. (Fourth, Students generally take notes or only remember the correction and when asked to write again, the error occurs again.)

Hal yang diperhatikan Guru selain Grammar Correction adalah: (Things that the teacher pays attention to besides Grammar Correction are:)

Organization

  • Pengembangan ide dan argumen yang logis. (Development of logical ideas and arguments)
  • Efektivitas pendahuluan dan kesimpulan. (The effectiveness of the introduction and conclusion)

Content

  • Penggunaan deskripsi (Usage description)
  • Thesis statement (thesis statement)
  • Focus. (Focus)
  • Penggunaan fakta dan pengalaman. (Use of facts and experience)
  • Kepastian dan konsistensi tentang bagaimana dan mengapa penjelasan. (Certainty and consistency of how and why explanations)

Demikian, Semoga dapat bermanfaat..

Source: 

Ronald Gray,  Grammar correction in ESL/EFL writing classes may not be effective, Beijing Language and Culture University (Beijing, China)

Baca Juga: