Cara Melatih Menulis Bagi Siswa


Cara Melatih Menulis Bagi Siswa (How to Practice Writing for Students)

Menulis merupakan suatu hal yang sangatlah sulit apabila kita tidak terbiasa menulis. Seringkali siswa merasa kebingungan mengenai apa yang akan merka tuliskan, terlebih jika menulis dalam Bahasa Inggris tentunya akan lebih berat lagi. (Writing is something that is very difficult if we are not used to writing. Often students feel confused about what they will write, especially if writing in English of course will be even more difficult.)

Menulis sebenarnya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat. menulis di sosial media mugkin merupakan salah satu pilihan di masa sekarang yang dapat dilakukan oleh siswa.  (Writing can actually be done anywhere and anytime. Along with the rapid development of technology. Writing on social media may be one of the choices nowadays that can be done by students.)

Pengertian Menulis
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menulis adalah mengungkapkan gagasan, opini dan ide dalam rangkaian kalimat. Selain itu, menulis juga membuat huruf dengan pena atau pensil, menyampaikan pikiran atau pandangan, mengarang cerita dan menggambarkannya. (According to the Big Indonesian Dictionary, writing is expressing ideas, opinions and ideas in a series of sentences. In addition, writing also makes letters with a pen or pencil, conveys thoughts or views, composes stories and describes them.)

Tarigan (1986:15) menjelaskan bahwa menulis adalah suatu kegiatan menuangkan ide atau gagasan dengan menggunakan bahasa tulisan sebagai media penyampaiannya. (Tarigan (1986:15) explains that writing is an activity of expressing ideas or ideas by using written language as a medium of delivery.)
Ia juga mendefinisikan menulis sebagai upaya membuat lambang-lambang grafis, yang sudah banyak diketahui masyarakat umum berbentuk tulisan. (He also defines writing as an effort to create graphic symbols, which are widely known to the general public in the form of writing.)

Menurut wikipedia, pengertian menulis adalah: "Writing is a medium of human communication that involves representation of a language through a system of physically inscribed, mechanically transferred, or digitally represented symbols." (According to wikipedia, the meaning of writing is: "Writing is a medium of human communication that involves the representation of a language through a system of physically inscribed, mechanically transferred, or digitally represented symbols.")

Jadi menulis adalah sebuah media manusia untuk berkomunikasi melalui media bahasa. (So writing is a human medium to communicate through language media.)

Ketika siswa merasakan kesulitan dalam menulis, dapat diartikan bahwa siswa tersebut memang kesulitan dalam berbahasa atau benrinteraksi dengan media bahasa tersebut. 
(When students feel difficulty in writing, it can be interpreted that the student has difficulty in speaking or interacting with the language media.)


Cara Latihan Menulis Bagi Siswa
Untuk latihan menulis bagi siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam hal ini, siswa di haruskan menuliskan sesuatu berdasarkan instruksi. Pengerjaan dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok, untuk tingkat kemampuan atau skill siswa masih rendah, sebaiknya dilakukan secara berkelompok. Beberapa cara ini mungkin dapat dilakukan di kelas. (Writing exercises for students can be done in various ways. In this case, students are required to write something based on instructions. Work can be done individually or in groups, for the ability or skill level of students is still low, it should be done in groups. Some of these ways may be done in class.)

1. Membalas surat elektronik atau email.
Dimasa sekarang, membalas dengan menggunakan media kertas sudah sangat jarang digunakan. Media yang dapat dan sering digunakan adalah email. Penggunaan email sudah sangat diketahui oleh siswa, dan pastinya siswa sudah mempunyai alamat email masing-masing. Mengapa membalas surat, bukan membuat? (Nowadays, replying using paper media is very rarely used. The media that can and is often used is email. The use of email is well known by students, and of course students already have their own email addresses. Why reply to mail instead of compose?)
Dalam membalas surat elektronik atau email, siswa diharapkan membaca terlebih dahulu topik atau tema atau pertanyaan, sehingga terbentuklah konsep tentang apa yang harus dibicarakan atau ditulis siswa. Mungkin jika level skill siswa sudah baik, bisa di beri tugas untuk membuat  atau mengirim email terlebih dahulu. (In replying to e-mails or e-mails, students are expected to first read the topic or theme or question, so that a concept is formed about what students should talk or write about. Maybe if the student's skill level is good, they can be given an assignment to create or send an email first.)

2. Mengubah dialog
Siswa diberikan sejumlah dialog tentang topik tertentu, kemudian setelah siswa membaca dan memahami apa isi dari dialog tersebut, siswa diminta untuk mengubah dialog dari salah satu pembicara dalam dialog tersebut. Hal ini dimaksudkan agar siswa terfokus pada jenis kelimat yang diutarakan oleh pembicara tertentu. Sama halnya dengan membalas email, jika kemampuan atau skill menulis siswa sudah baik, maka mungkin siswa bisa diberi tugas mengubah beberapa atau semua dialog. (Students are given a number of dialogues about a certain topic, then after students read and understand what the contents of the dialogue are, students are asked to change the dialogue of one of the speakers in the dialogue. It is intended that students focus on the types of fifths expressed by certain speakers. Similar to replying to emails, if students' writing skills or abilities are good, then perhaps students can be given the task of changing some or all of the dialogue.)

3. Menulis berdasarkan gambar
Menulis berdasarkan gambar juga merupakan salah satu cara agar siswa termotivasi untuk menulis. Kejadian atau kegiatan yang ada dalam gambar di jadikan sebuah tulisan. Hal ini dimaksudkan agar siswa menulis terfokus hanya pada kejadian atau kegiatan yang ada pada gambar. (Writing based on pictures is also one way to motivate students to write. Events or activities that are in the picture are made into writing. It is intended that students write focused only on events or activities in the picture.)

4. Menulis berdasarkan grafik atau tabel
Selain digunakan sebagai alat bacaan, grafik juga dapat digunakan sebagai media untuk menulis. Perkembangan atau pergerakan dari data yang disajikan dapat ditulis secara sederhana, sehingga memungkinkan siswa juga dalam memahami grafik tersebut. (Besides being used as a reading tool, graphics can also be used as a medium for writing. The development or movement of the data presented can be written in a simple way, allowing students to understand the graph as well.)

Tips Menulis

Ada beberapa tips yang dapat di aplikasikan dalam melatih siswa untuk menulis. Keterampilan menulis memang membutuhkan latihan yang tidak sebentar. ada banyak hal yang diperlukan dalam proses siswa dapat menulis dengan baik.  (There are several tips that can be applied in training students to write. Writing skills do require a lot of practice. There are many things that are needed in the process of students being able to write well.)
Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperbaiki menulis, khusunya dalam Bahasa Inggris. (Here are some tips that can be done to improve writing, especially in English.)

1. Tujuan Menulis
Pada awal belajar menulis, tentukan tujuan menulis, apakah untuk menambah vocabulary atau kosa kata, membuat kalimat dengan baik, atau menjelaskan ide atau gagasan secara sederhana. (At the beginning of learning to write, determine the purpose of writing, whether to increase vocabulary or vocabulary, make sentences well, or explain ideas or ideas simply.)

2. Menulis harian, atau kontinyu
Menulis setiap hari dengan kata yang berbeda, kalimat yang berbeda, ataupun dengan ide atau gagasan yang berbeda. walaupun hanya beberapa kalimat, hal ini akam membantu memperbaiki kita dalam menulis. (Write every day with different words, different sentences, or with different ideas or ideas. even if it's only a few sentences, it will help us improve our writing.)

3. Outline (garis besar
Agar penulisan menjadi baik, bisa di coba dengan membuat outline atau garis besar terlebih dahulu mengenai apa yang akan di tulis. (In order for the writing to be good, it can be tried by making an outline or outline first about what will be written.)

4. Menulis seolah sedang berbicara dengan teman.
Mulailah menulis dengan seperti biasanya kita berbicara dengan teman, lancar, dan enak untuk berbicara. Janganlah berfikir terlalu jauh tentang tulisan kita. Kita menganggap bahwa kita sedang berbicara, bercerita dan berdiskusi dengan teman yang ada didepan kita. (Start writing as we usually talk with friends, fluent, and easy to talk to. Don't think too much about our writing. We assume that we are talking, telling stories and discussing with friends who are in front of us.)

 
Demikian beberapa cara untuk membiasakan siswa belajar menulis dan tips menulis. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga: