Cara Mengajar Speaking dan Assessmentnya


Cara Mengajar Speaking dan Assessmentnya (How to Teach Speaking and its Assessment)

Speaking atau berbicara dalam Bahasa Inggris adalah hal yang sulit bagi siswa. Banyak siswa yang menyatakan tidak bisa berbicara dalam Bahasa Inggris. Sebagai manusia, berbicara adalah salah satu cara dalam berkomunikasi, dalam menyuarakan ide dan gagasan dan lainnya. Mengajar speaking atau berbicara merupakan hal yang sulit, terutama jika siswa kurang dalam menguasai bahasa target, yaitu Bahasa Inggris. (Speaking or speaking in English is a difficult thing for students. Many students stated that they could not speak English. As humans, speaking is one way of communicating, in voicing ideas and ideas and others. Teaching speaking or speaking is a difficult thing, especially if students are less able to master the target language, namely English.)

Pengertian berbicara (Definition of speaking )

Menurut Ladouse (pada Nunan, 1991: 23) speaking merupakan suatu aktifitas untuk menjelaskan seseorang pada situasi tertentu ataupun aktifitas untuk melaporkan sesuatu. Sedangkan menurut Tarigan (1990: 8) “Berbicara adalah cara untuk berkomunikasi yang berpengaruh hidup kita sehari-hari”. (According to Ladouse (in Nunan, 1991: 23) speaking is an activity to explain someone in a certain situation or an activity to report something. Meanwhile, according to Tarigan (1990: 8) "Speaking is a way to communicate that affects our daily lives".)

Tujuan  berbicara (The purpose of speaking )

Berbicara merupakan suatu cara untuk bekomunikasi dengan orang lain. Beberapa tujuan dari berbicara adalah: (Speaking is a way to communicate with other people. Some of the purposes of speaking are:)

  1. Menyampaikan informasi, ide, gagasan, pemikiran dan lainnya. (Convey information, ideas, ideas, thoughts and others.)
  2. Memberikan motivasi kepada orang lain. (Provide motivation to others.)
  3. Mempengaruhi pendengar, dan lainnya (Influence listeners, and more)
Baca juga tentang Menyelaraskan Tipe Belajar Siswa

Speaking Strategies
Kadangkala kita menemukan bahwa beberapa siswa malu untuk berbicara ataupun menjawab pertanyaan di kelas. Beberapa langkah dibawah mungkin bisa membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. (Sometimes we find that some students are shy to speak or answer questions in class. Some of the steps below might help improve students' speaking skills.)

1. Guru mengatakan dan menulis tujuan pembelajaran yang akan diajarkan dikelas pada saat itu. (The teacher says and writes the learning objectives that will be taught in class at that time.)

2. Guru secara jelas mengatakan dan menulis tentang kegiatan apa yang akan dilakukan, sehingga siswa dapat mengetahui cara mengucapkan dan menulisnya. (The teacher clearly says and writes about what activities will be carried out, so that students can know how to pronounce and write them.)

3. Guru menjelaskan dengan menunjukan, bukan hanya mengatakan. (The teacher explains by showing, not just saying.)
  
4. Guru mendorong siswa untuk menggambarkan, meringkas, mendefinisikan, dan membandingkan dengan pemodelan. Pastikan untuk menunjukkan dan tidak hanya memberi tahu ketika mengajarkan konsep, ide, atau kosa kata baru. (The teacher encourages students to describe, summarize, define, and compare with modeling. Be sure to demonstrate and not just tell when teaching a new concept, idea, or vocabulary.)

5. Saat mengajukan pertanyaan, guru memberikan pilihan untuk jawabannya. (When asking a question, the teacher gives options for the answer.)

6. Mengembangkan kosa kata siswa agar pemahaman dan perbendaharaan kata siswa meningkat. (Develop students' vocabulary so that students' understanding and vocabulary increase.)

7. Guru memintalah siswa untuk memberikan beberapa arti dari kata tertentu atau memberitahu apakah kata itu dapat diberi label kata kerja atau kata benda. Ini akan membantu siswa mempertajam keterampilan tata bahasa mereka dan menempatkan ide dalam konteks diskusi Anda. (The teacher asks students to give several meanings of a particular word or tell whether the word can be labeled a verb or a noun. This will help students sharpen their grammar skills and put ideas in the context of your discussion.)

Menurut Douglass (2007,p,332), ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan speaking diantaranya adalah: (According to Douglass (2007, p, 332), there are several ways to improve speaking skills including:)

  1. Asking clarification (menanyakan klarifikasi).
  2. Asking to repeat (meminta diulang).
  3. Using mime and nonverbal expressions to convey meaning (menggunakan mimik dan ekspresi non verbal)
  4. Use synonym or a descriptive sentence for unknown word. (menggunakan sinonim atau kalimat deskripsi untuk menjelaskan kata yang tidak diketahui)
Oral Production tests

Test speaking adalah test yang penting dalam berbahasa. Dalam speaking kita memproduksi suara, dan kalimat secara aktif. (The speaking test is an important test in language. In speaking we produce sound, and sentences actively.)
Beberapa tests speaking yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: (Some speaking tests that can be done are as follows:)
  1. Reading aloud
  2. Repetition
  3. Drill
  4. Using pictures
  5. Interview
Demikian penjelasan singkat mengenai stategies dan assessment dalam speaking.
Semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga: