Dipaksa Dulu, Nanti Terbiasa


 Dipaksa Dulu, Nanti Terbiasa

Sahabat kalian semua wajib ikut renang anak-anak kalian harus ikut les privat sama ibu ya, Inikan gampang masa gitu aja nggak bisa 

Pernahkah ibu dan bapak guru waktu kecil dulu mengalami dipaksa untuk melakukan suatu aktivitas atau mungkin sebagai guru dan orang tua pernah memaksa anak atau murid kita memaksa terkadang bisa berhasil setidaknya untuk jangka pendek mungkin anak pada saat itu akan melakukannya karena rasa takut namun ada dampak jangka panjang yang mungkin tidak kita sadari ibu dan bapak guru 

Perilaku tidak akan jadi kebiasaan dalam jangka panjang perilaku itu hanya akan dilakukan jika ada paksaan dari luar karena perilaku tersebut bukan muncul dari kesadaran internal kedua akan hilang ketertarikan bahkan muncul antipati terhadap kegiatan yang dipaksakan misal anak yang dipaksa les musik mungkin malah akan muncul antipati pada musik bukan karena musiknya tetapi karena pemeriksaannya yang ketiga kemerdekaan berekspresi dan potensi anak menjadi terbatas tiga dampak pemaksaan yang ibu dan bapak guru saksikan tadi tentu saja bertolak belakang dengan perilaku disiplin yang kita harapkan 

Ki Hajar Dewantara menyiratkan bahwa disiplin yang kuat adalah syarat utama untuk mencapai kemerdekaan dalam konteks pendidikan untuk menciptakan murid yang merdeka diperlukan disiplin yang kuat yaitu disiplin diri dan memiliki motivasi internal 

Sementara Merdeka menurut Ki Hajar Dewantara yaitu tidak hanya terlepas dari Perintah akan tetapi juga cakap buat memerintah diri sendiri 

Hal yang sama diungkapkan oleh Diane Gossen bahwa disiplin diri dapat membuat seseorang atensinya menuju kepada suatu tujuan sesuatu yang dihargai dan bermakna sebagai pendidik kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang lebih positif ketika meminta murid melakukan sesuatu tanpa harus memaksa diantaranya dengan melakukan hal-hal sebagai berikut yang pertama mengajak atau mendorong murid melakukan kegiatan yang membuat mereka senang yang kedua membantu murid untuk menemukan inspirasinya dan yang ketiga membuka ruang dialog dengan murid 

Nah ibu dan bapak guru sekarang Mari kita refleksikan bersama Apakah kita cenderung memaksa murid untuk patuh mengerjakan sesuatu atau dengan kita melakukan cara-cara lain yang membuat murid merasa senang dan dihargai dalam mengerjakan sesuatu 

Bagaimana rasanya ketika melakukan sesuatu tanpa dipaksa lalu cara seperti apa yang ingin ibu dan bapak guru ketika dikelas 

Selamat belajar ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia 

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca juga tentang: