Perencanaan Pembelajaran - Modul Ajar



Perencanaan Pembelajaran - Modul Ajar

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru 

Selamat datang di modul membuat dan memodifikasi modul ajar 

Sebelum membuat modul ajar pada materi kali ini kita mencari tahu dulu apa itu modul ajar beserta komponen yang ada di dalamnya 

"Bu Yani sudah membuat RPP?

"Saya pakai RPP dari internet minggu depan pengawas sekolah datang jadi aman"

"Mmmh apa saya ikut cara Bu Yani iya"

"Iya pak mudah aman pula dari teguran dan sanksi. Kepala sekolah juga pasti senang"

"Iya sih bu tapi bagaimana ya dengan murid. Saya merasa bersalah karena tidak berdasarkan kebutuhan mereka"

"Kenapa harus capai membuat RPP sendiri Pak toh nanti kita mengajar pakai buku teks saja tidak apa-apa Pak, murid juga tidak kan tahu kan"

"Merencanakan pembelajaran itu kan gak bisa asal Bu. Harus disesuaikan dengan kebutuhan murid, latar belakang, tempat tinggal, juga kemampuannya. Itu sangat penting dan akan berdampak ke murid bu"

"Aah bikin susah diri sendiri, terserah Pak Tengku  saja"

"Namanya juga guru Bu Yani semua yang kita lakukan demi kepentingan 

Ibu dan bapak guru dari percakapan tadi Pak Tengku menekankan bahwa membuat RPP sesuai kebutuhan murid itu penting.

Sementara Ibu Yani ingin aman dengan cara praktis menghindari teguran kepala sekolah dan pengawas 

Nah Apa pendapat ibu dan bapak guru tentang rencana pelaksanaan pembelajaran?

Lalu apa ya kaitannya dengan materi modul ajar ini?

Mari kita simak penjelasan berikut 

Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar sama seperti RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas namun modul ajar memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP 

Apa saja komponen modul ajar? 

Yuk kita lihat bersama

Mari kita lihat contoh modul ajar IPAS fase B berikut 

Modul Ajar IPAS ini disusun untuk satu unit materi atau lima kali pertemuan. Jumlah pertemuan dalam Modul Ajar tentunya akan menyesuaikan dengan alokasi waktu dan TP yang kita buat saat menyusun ATP 

Terdapat beberapa komponen dalam Modul Ajar yaitu 

1. Fase capaian pembelajaran atau CP



2. Jumlah jam pembelajaran atau JP. bagian ini disesuaikan dengan alokasi yang sudah kita tentukan diawal 

3. Mode belajar yang kita gunakan Apakah daring luring atau campuran 

4. Tujuan pembelajaran yang sudah kita tentukan saat menurunkan capaian pembelajaran menjadi ATP dicontoh ini terdapat tiga TP 

5. Dimensi Pancasila yakni dimensi profil pelajar Pancasila mana yang dapat dipenuhi dengan pembelajaran pada Modul Ajar ini 

6. Pengetahuan atau keterampilan prasyarat yang perlu dimiliki murid sebelum mempelajari topik tertentu kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam Modul ajar ini dirancang 

Selanjutnya komponen-komponen detail per pertemuan yaitu 

1. Bahan ajar 

Materi apa yang akan diajarkan di pertemuan pertama dan jika ada bahan ajar lain yang dapat dilampirkan 

2. Pertanyaan pemantik 


Yakni pertanyaan yang mendorong murid untuk menyelami makna dan manfaat materi pembelajaran bagi kehidupannya 

3. Indikator keberhasilan dari tujuan pembelajaran 

4. Asesmen yang berisi rencana assesment disetiap pertemuan 

5. Sarana dan prasarana atau pendukung pembelajaran 

Seperti sumber belajar, media, lembar assessment dan lain-lain beragam jenis pendukung pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan murid 

6. Rincian kegiatan. 

Terdapat juga lampiran yang termuat dalam Modul ajar yang diisi dengan lembar aktivitas rubrik penilaian bahan ajar lain atau media pendukung tambahan yang sekiranya dibutuhkan untuk keperluan mengajar 

Lalu berikutnya sama berisi detail komponen tiap pertemuan 

Ibu dan bapak guru seperti itulah kira-kira contoh komponen-komponen yang ada pada modul ajar namun ini bukan sebuah keharusan karena bisa disederhanakan atau ditambahkan sesuai kebutuhan. Kita sebagai guru diberikan kemerdekaan untuk 

  • Menggunakan modul ajar yang sudah tersedia 
  • Memodifikasi modul ajar sesuai karakteristik dan kebutuhan murid dan lingkungan 
  • Menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan murid dan lingkungan 

Pada prinsipnya modul ajar yang digunakan harus memenuhi empat kriteria sebagai berikut 

1. Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin 

2.Menumbuhkan minat untuk belajar melibatkan murid berkaitan dengan pengalaman atau pengetahuan sebelumnya serta menyesuaikan capaian belajarnya 

3. Menyesuaikan konteks diri dan lingkungan murid 

4. Keterkaitan antara alur pembelajaran dengan fase belajar murid 

Menurut ibu dan bapak guru modul ajar IPA kelas 4 tadi sudah memenuhi empat kriteria ini belum ya 

Ternyata ada strategi untuk membuat memodifikasi dan mengembangkan modul ajar lo ibu dan bapak guru antara lain 

  • berkolaborasi dengan rekan guru dengan mapel yang sama 
  • pembagian peran dengan rekan guru satu fase misal pembagian penanggungjawab modul ajar 
  • kemudian membagi pengalaman dan pengetahuan kepada rekan guru lain 

Ibu dan bapak guru modul ajar adalah salah satu bentuk rencana pembelajaran maka saat menyusun rencana pembelajaran harus dengan semangat mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan begitu keenam dimensi dalam profil pealjar Pancasila terus dibangun secara konsisten 

Selamat belajar dan mencoba ibu dan bapak guru hebat 

Salam dan bahagia 

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca juga tentang: