Motivasi Perilaku karena Menginginkan Hadiah dan Pujian


Motivasi Perilaku karena Menginginkan Hadiah dan Pujian

Hai ibu dan bapak guru 

Masih ingatkah ketika menjadi murid dulu kita senang dan bahagia saat guru memberikan pujian atau hadiah kita dijanjikan jika menjawab pertanyaan dengan benar kita dihadiahi coklat atau permen, kita diiming-imingi kalau sudah selesai dengan cepat kita bisa pulang duluan terkadang kita memberikan hadiah atau pujian pada murid supaya mereka termotivasi dan semangat supaya mereka rajin dan Giat 

Kita merasa hadiah dan pujian ini sangat penting bagi murid, Tetapi apakah hal itu sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan murid. 

Diane gossen menjelaskan bahwa mendapatkan hadiah atau pujian dari orang lain bisa menjadi motivasi seseorang melakukan sesuatu 

Gossen mengkategorikan ini sebagai motivasi perilaku murid level kedua, yaitu mendapatkan hadiah atau pujian 

Di video sebelumnya sudah kita bahas motivasi perilaku murid level pertama, yaitu menghindari rasa sakit atau hukuman 

Pujian dan iming-iming hadiah bisa mempengaruhi perilaku murid-murid akan menjadi rajin mengerjakan tugas dari guru bahkan saling berkompetisi untuk mengerjakan tugas sebaik mungkin namun perilaku ini dekat dengan rasa kecewa, jika energi yang sudah dikerahkan tidak berbalas sesuai dengan janji hadiah Maka akan muncul rasa kesal marah dan bahkan rasa tidak dihargai 

Ini karena hadiah dan pujian adalah motivasi yang datang dari luar diri mereka atau disebut motivasi eksternal.

Mungkin ada murid yang sudah memiliki motivasi internal untuk rajin biar namun apa yang terjadi dengannya jika motivasi internal yang sudah terbentuk itu diganggu dengan motivasi eksternal berupa janji hadiah dan pujian itu ibu dan bapak guru mungkin bertanya 

Lalu gimana dong cara memotivasi murid tanpa pujian dan hadiah 

Saya punya jawabannya 

Kita perlu membedakan antara Hadiah atau pujian yang dijanjikan dengan apresiasi 

Nah apresiasi ini dilakukan di akhir atau di ujung pembelajaran, sehingga perilaku murid tidak digerakkan oleh sesuatu yang dijanjikan dan tugas kita adalah mengidentifikasi motivasi perilaku murid supaya kita bisa menstimulasi munculnya motivasi internal dari diri si murid 

Oke mulai sekarang pergunakan pujian dan hadiah secara bijak ya ibu dan bapak guru, hindari menjanjikan dan mengiming-imingi apresiasilah secukupnya capaian mereka dan cobalah dekat dengan murid pahami motivasi internal yang dimiliki mereka 

setiap murid bisa jadi memiliki motivasi internal yang unik dan berbeda dari murid yang lain tumbuhkan dan pupuk motivasi internalnya ini yang paling penting ibu dan bapak guru 

Mari Kita Renungkan lagi apakah kita sebagai pendidik sudah mengidentifikasi motivasi perilaku yang ditunjukkan murid dengan tepat apa yang bisa kita lakukan untuk dapat mengidentifikasi motivasi perilaku murid agar kita dapat membantunya menemukan motivasi internal dalam belajarnya 

Selamat belajar ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca Juga tentang: