Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah Eps 4 (metakognisi: berpikir tentang berpikir)


Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah Eps 4 (metakognisi: berpikir tentang berpikir)

Bapak dan ibu sekarang kita akan membahas tentang metakognisi, sebelumnya kita juga telah membahas tentang 4 pertanyaan refleksi 

Pertanyaan ketiganya adalah apa yang saya belum mengerti. pertanyaan ini juga akan memicu kita untuk mulai berpikir tentang proses berpikir kita. 

Antara menjawab pertanyaan apa yang saya belum mengerti dan bagaimana supaya saya mengerti tersirat pertanyaan.

  • Mengapa saya bisa tidak mengerti?
Jika dibimbing dengan baik pertanyaan ini akan membuat kita bertanya tentang bagaimana cara kita berpikir. Ini artinya Kita Sedang berpikir tentang berpikir kemampuan ini disebut metakognisi 

Lebih rincinya metakognisi adalah proses perencanaan memonitor dan mengakses pemahaman seseorang tentang proses berpikirnya.


Kemampuan metakognisi akan kemampuan seseorang menyesuaikan proses belajar ketika menghadapi situasi baru bahkan jika situasinya baru sama sekali diluar zona nyaman mereka.

Pembahasan ini akan fokus untuk menyiapkan anda belajar atau menghadapi berbagai situasi baru-baru proses perencanaannya saja belum proses monitor dan belum proses 

Pertanyaan-pertanyaan refleksi dalam pembahasan ini ditujukan untuk memancing berpikir kritis terhadap proses berpikir kita 

Ada tiga pertanyaan besar yang bisa digali. Setiap pertanyaan bisa digali dengan pertanyaan-pertanyaan lanjutannya 

  • Pertanyaan pertama Apa keunggulan saya Apa kelemahan saya? 
  • Kedua Mengapa saya bisa unggul di situ Mengapa saya bisa lemah disitu?
  • Ketiga Bagaimana cara saya memperkuat keunggulan saya Bagaimana cara saya mengurangi kelemahan saya?

Mari kita bahas pertanyaan pertama Apa keunggulan, Apa kelemahan saya

Semua tingkah laku kita mencerminkan proses berpikir kita galilah hal-hal detil tentang proses itu lewat pertanyaan-pertanyaan seperti ini 

  • Apakah saya kuat dalam menghapal?
  • Apakah saya belajar dengan baik jika membaca?
  • Apakah saya belajar dengan baik jika ada teman diskusi?
  • Apakah saya belajar dengan baik jika ditemani musik?
  • Apakah saya belajar dengan baik jika sambil bergerak?
  • Apakah saya macet jika berurusan dengan angka?
  • Apakah saya semangat jika suatu pelajaran ada ceritanya?
  • Apakah saya cemas Jika bekerja kelompok?
  • Apakah saya cemas jika bahan belajarnya sulit?

Dari pertanyaan ini kita ingin tahu hal-hal seperti ini:

  • Alat indra apa yang mendukung dan menghambat kita belajar?
  • Berapa besar rentang perhatian kita?
  • Emosi Apa yang mendorong dan menghambat Saya belajar?
  • Stimulus apa saja yang menggiatkan dan menghambat saya?

Perhatikan lebih dahulu hal-hal yang paling ekstrim mendukung dan menghambat kita ini untuk kita membawa ke diskusi hanya selanjutnya 

Pertanyaan kedua Mengapa saya unggul di situ, mengapa saya lemah disitu?

Pertanyaan kedua membimbing kita untuk menyadari asal kekuatan dan kelemahan proses berpikir kita beberapa pertanyaan tambahan yang bisa digali antara lain 

  • Apakah kekuatan saya hasil jam terbang yang banyak?
  • Apakah kelemahan saya hasil jam terbang yang minim?
  • Apakah karena saya dulu latihannya kurang efektif?
  • Bagaimana kalau saya latih dengan prosedur yang lebih baik?
  • Apakah ada sejarah kesehatan yang berkaitan?
  • Apakah ada bakat yang diturunkan di keluarga?

Dari jawaban-jawaban ini kita akan paham 

  • Situasi pendukung dan penghambat apa yang bisa anda kendalikan?
  • Situasi pendukung penghambat apa yang tidak bisa kita kendalikan?

Pertanyaan ketiga 

  • Bagaimana saya memperkuat keunggulan saya?
  • Bagaimana saya mengurangi kelemahan saya ?

Pertanyaan 2 akan memberikan petunjuk kepada bagaimana mengembangkan proses berpikir kita lanjutkanlah dengan pertanyaan-pertanyaan ini 

  • Dalam waktu dekat proses berpikir yang mana yang perlu saya praktikkan?
  • Apa yang harus saya latih?
  • Seberapa sering saya harus latihan?
  • Siapa yang bisa membantu saya?

Pertanyaan-pertanyaan ini tidak perlu selalu didiskusikan dalam sesi Sekaligus. Metakognisi merupakan proses pengenalan diri kita melakukannya secara bertahap, berlanjut, dan berulang 

Selamat mencoba

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca juga tentang: