Refleksi - Hubungan Antara Refleksi Dengan Pemelajar Mandiri


Refleksi - Hubungan Antara Refleksi Dengan Pemelajar Mandiri

Refleksi membantu kita mengenali lebih baik siapa kita Bagaimana cara kita bekerja kemampuan kita dalam merespon dan bagaimana cara kita mengembangkan potensi yang kita miliki 

Hal tersebut tentu berkaitan dengan Bagaimana pandangan seseorang pada dirinya 

Lalu bagaimana proses refleksi dapat membantu seseorang menjadi pembelajar yang mandiri 

"Pak Adi seperti yang Bapak tahu Bulan ini saya dan wakasek kurikulum sedang melakukan observasi praktik mengajar kepada masing-masing guru, nah umpan balik kami untuk bapak adalah padi sudah terlihat menikmati dan asyik saat menjelaskan materi namun partisipasi peserta didik dalam pelajaran masih terlalu rendah Pak, jadi kelasnya masih berpusat pada guru bukan murid" 

"Oh begitu ya Pak Terima kasih atas umpan balik yang diberikan" 

"Saran saya ketika jam kosong Coba bapak observasi di kelasnya Bu Sulis Ya, Bapak bisa coba mempelajari praktik yang dilakukan Bu Sulis"

"Ternyata suasana memang beda sekali ya dengan kelas saya murid-murid bu Sulis terlihat aktif dan menikmati pembelajaran kalau diingat-ingat murid-murid di kelas lebih banyak mendengarkan saya berbicara dan kurang Mandiri dalam menyelesaikan tugas Apalagi saya pikir penyampaian materi saja sudah cukup walaupun pemahaman saya kuat di konsep ilmu tapi Sepertinya saya juga masih belum eksplorasi metode metode penyampaian yang lebih menarik dan melibatkan murid-murid untuk mencari tahu secara aktif "

"Bagaimana cara melibatkan murid agar aktif di kelas ya sepertinya Habis ini saya minta waktu dengan Bu Sulis untuk diskusi" "Terima kasih Bu atas sarannya,sepertinya saya masih berfokus kepada satu metode saja di kelas dari saran-saran yang Ibu berikan sepertinya ini bisa membantu saya memberikan pembelajaran aktif di kelas, sekarang saya akan coba merancang rencana pembelajaran untuk minggu depan dengan strategi yang disarankan Ibu Sulis"

"Bu Sulis Tadi saya sudah mencoba saran yang diberikan syukur suasana kelas terlihat lebih ramai anak-anak jadi lebih aktif dan senang walaupun sepertinya masih ada yang belum maksimal"

"nggak apa-apa Pak wajarkan baru coba yang penting Bapak terus memperbaiki"

Berdasarkan ilustrasi Pak Adi tadi kita dapat melihat perjalanan Pak Adi untuk belajar memperbaiki kualitas pengajarannya 

Saat mengobservasi kelas Bu Sulis padi pun melakukan refleksi diri dengan praktik mengajarnya Ia pun jadi sadar bahwa ada yang kurang dari pemikiran yang lama yaitu seorang pendidik hanya berperan menyampaikan materi saja prosesi dinamakan metakognisi

Metakognisi merupakan tindakan berpikir tentang pemikiran diri singkatnya berfikir tentang berpikir mendapat misi ratai tanya dengan kesadaran diri 

Wah Seperti apa ya Coba kita lihat kembali proses metakognisingisi pada kasus pak Adi.

Pak Adi menggunakan kesadaran diri untuk memeriksa lebih mendalam situasi yang ada juga melihat kekuatan dan kelemahan yang dimiliki tujuannya untuk mengembangkan diri kita menjadi lebih baik refleksi yang dilakukan Pak Adi mendorongnya menjadi pembelajar yang mandiri ia mulai mencari tahu perbaikan yang bisa dilakukannya termasuk berdiskusi dengan teman sejawat setelah mempraktikkan metode yang baru dikelas Pak Adi pun melakukan evaluasi dan melihat dampak perubahannya 

Pak Adi kembali memulai refleksi diri namun kali ini pada perubahan yang telah dilakukannya 

Nah udah bapak guru Hai Mari kita ulas kembali tahapan Pak Adi melakukan refleksi dan menjadi seorang pembelajar yang juga bisa kita terapkan dalam diri kita 

1. merefleksikan kejadian yang telah terjadi 

2. memetakan kelebihan dan kelemahan diri 

3.gunakan pertanyaan pemantik untuk menggali lebih dalam 

4. menghubungkan pengetahuan pengalaman dengan harapan sebagai pendidik 

5 membuat rencana perbaikan dan 

6 menerapkan strategi rencana perbaikan dan mengevaluasi dampak yang ditimbulkan 

Lalu apa yang dilakukan setelah mengevaluasi tentu kembali lagi melakukan refleksi dengan begitu siklus belajar menjadi sebuah perjalanan yang tidak pernah berhenti kita pun tumbuh menjadi pembelajar yang mandiri 

Ibu dan bapak guru belajar tanpa refleksi sia-sia,  refleksi tempat belajar berbahaya karena refleksi membantu kita bertumbuh menjadi pembelajar yang mandiri lewat serangkaian pengetahuan dan pengalaman sehingga kita dapat membuat sebuah keputusan yang bijak terhadap berbagai situasi yang ada 

Link Video Silahkan Klik Disini

Baca Juga Tentang: