Perencanaan Pembelajaran - Merancang Asesmen Pembelajaran SMP


Perencanaan Pembelajaran - Merancang Asesmen Pembelajaran SMP

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru pada materi ini kita akan membahas tentang Bagaimana merancang assessment pada jenjang SMP  

Sebelum mulai, Mari kita ingat kembali materi merumuskan ATP yang didalamnya membahas tentang produk akhir dari proses pembelajaran.

Produk akhir ini adalah assesment sumatif yang bertujuan untuk mengevaluasi diakhir proses pembelajaran murid 

Sebagai contoh Kita akan menggunakan mata pelajaran PKN fasade kelas 8 SMP asesmen yang dirancang adalah assestment sumatif 

Ibu dan bapak guru juga bisa mencoba atau membuatnya menjadi asesmen formatif.

Ada beragam produk pembelajaran murid yang dapat kita rancang asesmennya seperti 

  • bermain peran 
  • video 
  • podcast 
  • poster 
  • infografis 
  • puisi 
  • lagu 
  • dan lain sebagainya 

Lantas Bagaimana cara merancang asesmennya?

Ibu dan bapak guru asesmen formatif dapat dilakukan guru pada drama dengan menggunakan rubrik penilaian yang dapat diisi oleh guru dan juga teman sebaya dengan metode penilaian sebaya murid dilibatkan untuk mengevaluasi pembelajarannya sehingga murid mempunyai rasa memiliki terhadap proses pembelajaran tersebut, dengan begitu kompetensi murid yang diharapkan pun dapat tercapai sesuai tujuan pembelajaran atau TP 


Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana merancang rubik penilaian untuk mengukur kompetensi murid?

Sekarang, Mari kita coba membuat rubrik penilaian 

Ada beberapa aspek dalam rubrik yang dapat kita nilai untuk membantu membuat rubrik penilaian kita ingat kembali materi tentang indikator ketercapaian kompetensi 

Kita tentukan terlebih dahulu indikator ketercapaian kompetensi nya yaitu menampilkan drama mencerminkan sikap atau perilaku masyarakat Indonesia yang sesuai dengan Pancasila yang menjadi pandangan hidup bangsa 

  • Dari indikator tersebut kita dapat menurunkannya menjadi aspek penilaian berikut: 

  • ide naskah 
  • keterkaitan dengan nilai-nilai Pancasila 
  • kostum 
  • kesesuaian peran 
  • musikalitas 

Setelah itu Mari kita buat tingkatan capaian dari setiap aspek penilaian. Aspek dan tingkat capaian dapat dikembangkan oleh ibu dan bapak guru sesuai dengan indikator ketercapaian kompetensi 

Setiap indikator bisa saja berbeda aspek penilaian dan jumlah tingkat capaiannya dalam membuat rubrik 

Lalu bagaimana agar guru dan murid dapat menilai penampilan drama dengan mudah langkah yang perlu disiapkan sangat mudah sekali 

Kita hanya perlu menyiapkan lembaran penilaian drama. Berikut ini adalah contoh lembar penilaiannya 


Di Lembar ini guru dan murid dapat memberikan nilai secara kuantitatif dengan berpedoman pada aspek dan tingkat capaian pada rubrik 

Ibu dan bapak guru ada beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam merancang assessment 

1. Menentukan TP yang akan diukur 

2. Menurunkan menjadi indikator pencapaian kompetensi '

3  Menentukan alat ukur sesuai dengan produk akhir 

4. Membuat dan menyiapkan alat ukur 

5. Menurunkan indikator menjadi aspek dan tingkat capaian jika alat ukur berbentuk rubik 

6. Membuat dan menyiapkan lembar pengisian penilaian baik oleh guru maupun murid jika menggunakan penilaian sebaya 

Setelah mengetahui materi merancang asesmen jenjang SMP ibu dan bapak guru bisa langsung mulai membuat rancangan assessment sesuai dengan rumusan yang telah dibuat 

Selamat belajar dan mencoba ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia  

Klik disini untuk melihat format penilaian

Link video silahkan klik disini

Baca Juga: