Salam dan bahagia ibu dan bapak guru pada materi ini kita akan membahas tentang Bagaimana merancang assessment pada jenjang SMP
Sebelum mulai, Mari kita ingat kembali materi merumuskan ATP yang didalamnya membahas tentang produk akhir dari proses pembelajaran.
Produk akhir ini adalah assesment sumatif yang bertujuan untuk mengevaluasi diakhir proses pembelajaran murid
Sebagai contoh Kita akan menggunakan mata pelajaran PKN fasade kelas 8 SMP asesmen yang dirancang adalah assestment sumatif
Ibu dan bapak guru juga bisa mencoba atau membuatnya menjadi asesmen formatif.
Ada beragam produk pembelajaran murid yang dapat kita rancang asesmennya seperti
- bermain peran
- video
- podcast
- poster
- infografis
- puisi
- lagu
- dan lain sebagainya
Lantas Bagaimana cara merancang asesmennya?
Ibu dan bapak guru asesmen formatif dapat dilakukan guru pada drama dengan menggunakan rubrik penilaian yang dapat diisi oleh guru dan juga teman sebaya dengan metode penilaian sebaya murid dilibatkan untuk mengevaluasi pembelajarannya sehingga murid mempunyai rasa memiliki terhadap proses pembelajaran tersebut, dengan begitu kompetensi murid yang diharapkan pun dapat tercapai sesuai tujuan pembelajaran atau TP
Sekarang, Mari kita coba membuat rubrik penilaian
Ada beberapa aspek dalam rubrik yang dapat kita nilai untuk membantu membuat rubrik penilaian kita ingat kembali materi tentang indikator ketercapaian kompetensi
Kita tentukan terlebih dahulu indikator ketercapaian kompetensi nya yaitu menampilkan drama mencerminkan sikap atau perilaku masyarakat Indonesia yang sesuai dengan Pancasila yang menjadi pandangan hidup bangsa
- Dari indikator tersebut kita dapat menurunkannya menjadi aspek penilaian berikut:
- ide naskah
- keterkaitan dengan nilai-nilai Pancasila
- kostum
- kesesuaian peran
- musikalitas
Setelah itu Mari kita buat tingkatan capaian dari setiap aspek penilaian. Aspek dan tingkat capaian dapat dikembangkan oleh ibu dan bapak guru sesuai dengan indikator ketercapaian kompetensi
Setiap indikator bisa saja berbeda aspek penilaian dan jumlah tingkat capaiannya dalam membuat rubrik
Lalu bagaimana agar guru dan murid dapat menilai penampilan drama dengan mudah langkah yang perlu disiapkan sangat mudah sekali
Kita hanya perlu menyiapkan lembaran penilaian drama. Berikut ini adalah contoh lembar penilaiannya
Ibu dan bapak guru ada beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam merancang assessment
1. Menentukan TP yang akan diukur
2. Menurunkan menjadi indikator pencapaian kompetensi '
3 Menentukan alat ukur sesuai dengan produk akhir
4. Membuat dan menyiapkan alat ukur
5. Menurunkan indikator menjadi aspek dan tingkat capaian jika alat ukur berbentuk rubik
6. Membuat dan menyiapkan lembar pengisian penilaian baik oleh guru maupun murid jika menggunakan penilaian sebaya
Setelah mengetahui materi merancang asesmen jenjang SMP ibu dan bapak guru bisa langsung mulai membuat rancangan assessment sesuai dengan rumusan yang telah dibuat
Selamat belajar dan mencoba ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia