Salam dan bahagia ibu dan bapak guru, selamat berjumpa kembali pada pembahasan merancang model Project
Di video sebelumnya ibu-bapak guru telah belajar tentang bagaimana mengembangkan tema Project penguatan profil pelajar Pancasila
Kali ini kita akan melanjutkan belajar tentang bagaimana menentukan elemen dan Sub elemen dari dimensi profil pelajar Pancasila di modul Project
Ibu dan bapak guru Project penguatan profil pelajar Pancasila adalah Project kolaboratif lintas disiplin ilmu yang kontekstual berbasis pada permasalahan di lingkungan sekitar satuan pendidikan untuk membangun kompetensi dan karakter murid sesuai dengan cita-cita profil pelajar Pancasila
Hasil pengamatan ibu dan bapak guru mengenai kondisi, kebutuhan, isu yang relevan, dan kontekstual sebelum pembelajaran menjadi dasar dalam menentukan tema.
Ini merupakan bingkai besar dalam target pencapaian kompetensi dan karakter nilai-nilai Pancasila yang kita harapkan muncul Selama proses pengerjaan proyek
Kompetensi dan karakter nilai-nilai Pancasila yang terangkum dalam 6 (enam) dimensi profil pelajar Pancasila saling terkait dan mendukung satu sama lain
Setiap dimensi dari profil pelajar Pancasila terdiri dari beberapa elemen yang kemudian diperjelas menjadi sub-elemen dengan masing-masing target pencapaiannya. Target ini telah didesain sedemikian rupa oleh pemerintah disesuaikan dengan fase belajar murid per jenjang.
Idealnya guru dimensi dapat terwujud dalam satu Project, namun agar mudah dan terarah dalam target pencapaiannya, ibu-bapak guru disarankan memilih dua hingga tiga dimensi yang paling relevan sebagai hasil rujukan terhadap visi misi sekolah yang khas
Bagaimana dengan jumlah elemen dan sub-elemen?
Sama seperti pemilihan dimensi ibu dan bapak tetap disarankan juga untuk memilih elemen dan sub-elemen sesuai dengan fokus tema Project. Disarankan untuk memilih hingga 2 atau 3 elemen dan sub-elemen dalam setiap modul Project untuk membentuk kita fokus dalam melihat kompetensi murid
Penentuan elemen dan sub-elemen ini pada akhirnya akan berdampak pada hasil capaian yang maksimal yang dapat diukur dengan asesmen yang tepat
Untuk membantu ibu bapak guru menentukan elemen dan sub-elemen yang kemudian mengarahkan pada target pencapaian setiap fase murid ibu bapak guru dapat menggunakan matriks atau tabel yang terdapat pada naskah akademik profil pelajar Pancasila pada saat merancang modul Project.
Pada tabel matriks terdapat komponen yang kita sebut
- dimensi,
- elemen,
- sub-elemen,
- fase belajar dan
- target pencapaian sesuai jenjang fase belajar
Nah setelahnya kita berlanjut dengan menentukan elemen suplemen dan target pencapaiannya dengar langkah-langkah yang dapat dilakukan
Ibu dan bapak tentu saja dapat mengembangkan memodifikasi bahkan membuat alurnya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan ibu dan bapak ya
Sebagai contoh dari hasil asesmen diagnostik didapati bahwa lingkungan sekolah atau lokasi tempat murid tinggal seringkali menghadapi banjir tahunan karena rusaknya ekosistem alam. Kerusakan ini disebabkan berkurangnya daerah resapan air atau buang sampah sembarangan
Oleh karena itu tema yang diambil adalah gaya hidup berkelanjutan. Dalam project ini guru berharap bahwa Murid memiliki akhlak mulia dengan menunjukkan kepedulian akan lingkungan sekitar sehingga tergerak untuk melakukan sesuatu yang bermakna lewat Project. Karena harapan inilah maka kita dapat menentukan dimensi yang dipilih sebagai berikut
1. Dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dan
2 Bergotong-royong
Sebagai dua dimensi yang menjadi fokus yang akan dicapai. Pemilihan elemen dan Sub elemen dari masing-masing dimensi yang telah dipilih disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.
Pada dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia terdapat bahwa elemen akhlak kepada alam adalah yang paling relevan menjawab keinginan ibu bapak guru, agar Murid memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
Dari elemen akhlak kepada alam telah dijabarkan dalam matriks beberapa pilihan sub-elemen yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan murid sehingga ibu bapak guru dapat memilih sub-elemen menjaga lingkungan alam sekitar
Target pencapaian dari masing-masing fase disesuaikan dengan perkembangan usia murid, misalnya jika ibu bapak guru mengajar murid kelas 3 dan 4 maka untuk akhir fase B murid diharapkan dapat terbiasa memahami tindakan-tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta membiasakan diri untuk berperilaku ramah lingkungan
Harap diperhatikan bahwa pencapaian akan selalu dapat disesuaikan dengan hasil asesmen diagnostik dan tujuan belajar yang ibu bapak harapkan dari Project penguatan profil pelajar Pancasila ini
Usahakan ada kesinambungan antara pengembangan dimensi elemen dan sub-elemen dengan Project sebelumnya dan berikutnya
Demikian pembelajaran kita di sesi ini diharapkan kita sudah mengerti cara menentukan elemen dan sub-elemen pada pembuatan modul Project
Hal nilah yang mempermudah kita dalam cara mengukur ketercapaian kompetensi murid dalam kegiatan belajar Project.
Tetap semangat belajar untuk mengembangkan kompetensi diri, agar kita dapat memberikan yang terbaik kepada murid dan Negeri
Salam dan bahagia
Link Video Silahkan Klik Disini