Berikut adalah contoh modul ajar Pelajaran Bahasa Inggris kelas 7 Semester 1.
- Peserta didik mampu menjelaskan mengenai definisi, struktur, dan fungsi teks deskriptif.
- Peserta didik mampu membuat teks deskriptif mengenai orang disekitar rumah.
- Berakhlak Mulia : Peserta didik mengaplikasikan norma-norma yang berlaku di masyarakat sebagai penerapan dari akhlak bernegara.
- Bernalar Kritis : Peserta didik memperoleh informasi yang kemudian dianalisis mengenai perbedaan fungsi dan kedudukan Pancasila.
- Kreatif : Peserta didik menghasilkan drama yang menggambarkan perilaku masyarakat yang sesuai dengan Pancasila sebagai Pandangan hidup.
- Pemahaman mengenai kata ganti orang. Contoh: I, They
- Pemahaman mengenai adjectives (kata sifat)
- Pemahaman mengenai Present Simple Tense
- Asesmen Formatif : Lembar aktivitas, lembar belajar
- Alat Ukur : Rubrik penilaian, Penilaian teman sebaya
- Asesmen Formatif : Proyek pembuatan teks deskriptif mengenai orang disekitar rumah.
- Alat Ukur : Rubrik penilaian guru dan teman
Pertemuan ke
|
Aktivitas |
Penilaian |
Waktu |
Building Knowledge of
the Field (BKOF) |
|
||
1. Menjelaskan tentang
definisi, struktur dan fungsi teks deskripsi |
- Siswa mengamati Tesk
deskriptif - Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang definisi, struktur dan fungsi - Siswa mengidentifikasi teks deskripsi. |
Lembar Kerja Peserta Didik: “make a match” |
10 menit
25 menit
15 menit
|
2. Menjelaskan tentang unsur
kebahasaan teks deskripsi |
Mengamati, mendengarkan,
mengidentifikasi teks deskripsi. |
Lembar Kerja Peserta Didik: |
|
Modelling of the Text
(MOT) |
|
||
3. Guru memdberikan contoh
teks deskriptif mengenai orang disekitar rumah |
Mengamati dan tanya jawab mengenai
contoh teks deskripsi mengenai orang di sekitar rumah |
Penugasan: Mencari teks deskripsi |
|
Joint Construction of the Text (JCOT) |
|
||
4. Guru membimbing siswa membuat teks deskripsi mengenai orang disekitar rumah. |
Mulai membuat teks deskripsi mengenai orang disekitar rumah |
Membuat Teks deskripsi |
|
Independent Construction of the Text (ICOT) |
|
||
5. Siswa memproduksi teks
deskripsi secara mandiri. |
Membuat Teks deskripsi
masing-masing siswa mengenai orang disekitar rumah. |
Hasil teks deskripsi yang telah
dibuat siswa |
|
6. Siswa mempresentasikan
hasil teks deskripsi yang telah dibuat secara mandiri |
Membacakan Hasil karya teks
deskripsi mengenai orang disekitar rumah. |
Presentasi siswa |
|
- What is descriptive text?
- What is descriptive used for?
- What is the structure organization od descriptive text?
- Peserta didik mampu menjelaskan mengenai definisi, struktur, dan tujuan teks deskripsi.
- Peserta didik mampu membuat teks deskripsi mengenai orang di sekitar rumah.
- Lembar belajar “sebelum-sesudah”
- Lembar aktivitas “make a match
- Buku dan alat tulis
- Teks Deskripsi
- Lembar belajar sebelum-sesudah
- Lembar kegiatan make a match
- Urutan Kegiatan Pembelajaran
- Guru mempersiapkan kelas dengan aktivitas pembuka seperti salam.
- Peserta didik diberi waktu untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
- Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran ini adalah menjelaskan mengenai definisi, struktur, dan fungsi teks deskriptif.
- Guru menunjukkan gambar orang yang ada di sekitar rumah.
- Peserta didik diminta untuk memberikan pendapatnya mengenai apa yang mereka ketahui dan pikirkan ketika melihat gambar ayah atau ibu dan anak.
- Peserta didik dapat memberikan pendapatnya melalui lembar belajar yang telah disediakan oleh guru (lembar belajar sebelum-sesudah).
- Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas hasil dari curah pendapat yang telah dilakukan mengenai teks deskriptif.
- Peserta didik akan melakukan aktivitas berikutnya, yakni aktivitas make a match.
- Guru mempersiapkan lembar kegiatan make a match.
- Setiap peserta didik akan mendapatkan masing-masing satu kartu dan diminta untuk mencari pasangan dari kartu yang didapatkan.
- Kartu A berisi mengenai 3 definisi, struktur, dan fungsi teks deskriptif sedangkan Kartu B berisi tentang hal jenis-jenis teks.
- Setiap pasangan akan menjelaskan alasan mengapa memilih pasangan dari setiap kartu
- Setelah aktivitas tersebut guru bersama peserta didik membahas definisi, struktur, dan fungsi teks deskriptif.
- Peserta didik memberikan simpulan akhir mengenai definisi, struktur, dan fungsi dari teks deskriptif melalui lembar belajar sebelum-sesudah untuk peserta didik
- Peserta didik bersama guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.