Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka

 

Modul ajar adalah perangkat yang dipergunakan oleh guru dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka. Modul ajar ini memuat minimal tiga komponen yaitu: Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Asesmen.

Berikut adalah contoh modul ajar Pelajaran Bahasa Inggris kelas 7 Semester 1.

                                                

           Capaian Pembelajaran Fase D







Menyimak
Kemampuan memahami informasi, memberikan apresiasi kepada lawan bicara, dan memahami informasi yang didengar, sehingga dapat menyampaikan tanggapan secara relevan dan kontekstual. Proses yang terjadi dalam menyimak mencakup kegiatan seperti mendengarkan, mengidentifikasi, memahami, menginterpretasi bunyi bahasa, lalu memahami makna. Keterampilan menyimak juga merupakan kemampuan komunikasi non-verbal yang mencakup seberapa baik seseorang menangkap makna (tersirat dan tersurat) pada sebuah paparan lisan dan memahami ide pokok dan pendukung pada konten informasi maupun konteks yang melatari paparan tersebut (Petri, 2017).

Membaca
Kemampuan memahami, menggunakan, dan merefleksi teks sesuai tujuan dan kepentingannya, untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi seseorang agar ia dapat berpartisipasi dengan masyarakat (OECD, 2000).
   
Memirsa   
   
Kemampuan memahami,   menggunakan, dan   merefleksi teks visual sesuai tujuan dan
   kepentingannya.
   
   
   
Berbicara   
   
Kemampuan menyampaikan   gagasan, pikiran, serta   perasaan secara lisan dalam interaksi sosial.
   
   
   
Menulis   
   
Kemampuan menyampaikan, mengomunikasikan   gagasan, mengekspresikan kreativitas dan mencipta
   dalam berbagai genre teks   tertulis, dengan cara yang   efektif dan dapat dipahami, serta diminati oleh
   
pembaca dengan struktur   organisasi dan unsur   kebahasaan yang tepat.   



Mempresentasikan
Kemampuan memaparkan gagasan secara fasih, akurat, dapat dipertanggungjawabkan dengan cara yang komunikatif melalui beragam media (visual, digital, dan audiovisual), dan dapat dipahami oleh pendengar. Penyampaian dalam berbicara dan nmempresentasikan perlu disusun dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan atau karakteristik penyimak.

Tujuan Pembelajaran:
  1. Peserta didik mampu menjelaskan mengenai definisi, struktur, dan fungsi teks deskriptif.
  2. Peserta didik mampu membuat teks deskriptif mengenai orang disekitar rumah.
Profil Pelajar Pancasila:
  1. Berakhlak Mulia : Peserta didik mengaplikasikan norma-norma yang berlaku di masyarakat sebagai penerapan dari akhlak bernegara.
  2. Bernalar Kritis : Peserta didik memperoleh informasi yang kemudian dianalisis mengenai perbedaan fungsi dan kedudukan Pancasila.
  3. Kreatif : Peserta didik menghasilkan drama yang menggambarkan perilaku masyarakat yang sesuai dengan Pancasila sebagai Pandangan hidup.
Pengetahuan Bersyarat:
  1. Pemahaman mengenai kata ganti orang. Contoh: I, They
  2. Pemahaman mengenai adjectives (kata sifat)
  3. Pemahaman mengenai Present Simple Tense
Rencana Asesmen:
  1. Asesmen Formatif : Lembar aktivitas, lembar belajar
  2. Alat Ukur : Rubrik penilaian, Penilaian teman sebaya
  3. Asesmen Formatif : Proyek pembuatan teks deskriptif mengenai orang disekitar rumah.
  4. Alat Ukur : Rubrik penilaian guru dan teman
Tahapan Dalam Modul Ajar
Teks Deskripsi mengenai orang di sekitar rumah 

Asesmen Sumatif: Mempresentasikan Teks deskriptif mengenai orang disekitar rumah

Pertemuan ke

 

Aktivitas

Penilaian

Waktu

Building Knowledge of the Field (BKOF)

 

1.    Menjelaskan tentang definisi, struktur dan fungsi teks deskripsi

-   Siswa mengamati Tesk deskriptif

-   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang definisi, struktur dan fungsi

-   Siswa  mengidentifikasi teks deskripsi.

Lembar Kerja Peserta Didik:

“make a match”

10 menit

 

25 menit

 

15 menit

 

2.    Menjelaskan tentang unsur kebahasaan teks deskripsi

Mengamati, mendengarkan, mengidentifikasi teks deskripsi.

Lembar Kerja Peserta Didik:

 

Modelling of the Text (MOT)

 

3.    Guru memdberikan contoh teks deskriptif mengenai orang disekitar rumah

Mengamati dan tanya jawab mengenai contoh teks deskripsi mengenai orang di sekitar rumah

Penugasan: Mencari teks deskripsi

 

Joint Construction of the Text (JCOT)

 

4.    Guru membimbing siswa membuat teks deskripsi mengenai orang disekitar rumah.

Mulai membuat teks deskripsi mengenai orang disekitar rumah

Membuat Teks deskripsi

 

Independent Construction of the Text (ICOT)

 

5.    Siswa memproduksi teks deskripsi secara mandiri.

Membuat Teks deskripsi masing-masing siswa mengenai orang disekitar rumah.

Hasil teks deskripsi yang telah dibuat siswa

 

6.    Siswa mempresentasikan hasil teks deskripsi yang telah dibuat secara mandiri

Membacakan Hasil karya teks deskripsi mengenai orang disekitar rumah.

Presentasi siswa

 

Pertemuan Ke-1
Bahan Ajar

Pertanyaan Pemantik: 
  1. What is descriptive text?
  2. What is descriptive used for?
  3. What is the structure organization od descriptive text?
Indikator Keberhasilan:
  1. Peserta didik mampu menjelaskan mengenai definisi, struktur, dan tujuan teks deskripsi.
  2. Peserta didik mampu membuat teks deskripsi mengenai orang di sekitar rumah.
Asesmen:
  1. Lembar belajar “sebelum-sesudah”
  2. Lembar aktivitas “make a match
Sarana dan Prasarana:
  1. Buku dan alat tulis
  2. Teks Deskripsi
  3. Lembar belajar sebelum-sesudah
  4. Lembar kegiatan make a match
  5. Urutan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal:
  1. Guru mempersiapkan kelas dengan aktivitas pembuka seperti salam.
  2. Peserta didik diberi waktu untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
  3. Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran ini adalah menjelaskan mengenai definisi, struktur, dan fungsi teks deskriptif.

Kegiatan Inti:
  1. Guru menunjukkan gambar orang yang ada di sekitar rumah.
  2. Peserta didik diminta untuk memberikan pendapatnya mengenai apa yang mereka ketahui dan pikirkan ketika melihat gambar ayah atau ibu dan anak.
  3. Peserta didik dapat memberikan pendapatnya melalui lembar belajar yang telah disediakan oleh guru (lembar belajar sebelum-sesudah).
  4. Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas hasil dari curah pendapat yang telah dilakukan mengenai teks deskriptif.
  5. Peserta didik akan melakukan aktivitas berikutnya, yakni aktivitas make a match.
  6. Guru mempersiapkan lembar kegiatan make a match.
  7. Setiap peserta didik akan mendapatkan masing-masing satu kartu dan diminta untuk mencari pasangan dari kartu yang didapatkan.
  8. Kartu A berisi mengenai 3 definisi, struktur, dan fungsi teks deskriptif sedangkan Kartu B berisi tentang hal jenis-jenis teks.
  9. Setiap pasangan akan menjelaskan alasan mengapa memilih pasangan dari setiap kartu
  10. Setelah aktivitas tersebut guru bersama peserta didik membahas definisi, struktur, dan fungsi teks deskriptif.
Kegiatan Penutup:
  1. Peserta didik memberikan simpulan akhir mengenai definisi, struktur, dan fungsi dari teks deskriptif melalui lembar belajar sebelum-sesudah untuk peserta didik
  2. Peserta didik bersama guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
Demikian Pembahasan mengenai contoh modul ajar. Mungkin ada kekurangan dalam modul ajar ini. Silahkan ketikan di kolom komentar.
Terima Kasih. Semoga dapat bermanfaat..


Baca Juga: