Mengenali Diri dan Peran Sebagai Pendidik


Modul 1.1 Mengenali Diri dan Peran Sebagai Pendidik

Bapak Ibu sekalian. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa video mengenai Memahami Diri dan Peran Sebagai Pendidik, terdapat pada aplikasi Merdeka Mengajar.

Namun pada kali ini, saya mencoba membantu Bapak/Ibu untuk memahami materi tersebut dalam bentuk tulisan, dengan harapan dapat membantu Bapak/Ibu dalam memahami video tersebut.

Berikut penjelasan dalam video: "Memahami Diri dan Peran Sebagai Pendidik"

Ibu dan bapak guru salam dan bahagia 

Mengawali perjalanan kita di modul Merdeka belajar ini, kita akan bersama-sama melakukan refleksi mengenali diri untuk lebih memahami peran sebagai pendidik berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara 

Mari Kembali ke awal perjalanan kita sebagai pendidik, dahulu saat memutuskan menjadi guru apa yang ada dalam pikiran ibu dan bapak guru?  Mengapa memutuskan ingin menjadi pendidik? Bagaimana perjalanan perjuangan sehingga akhirnya sampai di profesi hebat ini?

Dengan menjadi guru hadir setiap hari untuk murid-murid hadir untuk terus menambah kapasitas diri misalnya melalui media micro learning ini kita telah menyadari kebutuhan untuk terus belajar secara mandiri apapun profesi yang dijalani kita memang perlu terus belajar.

Demikian juga dengan peran kita sebagai pendidik atau guru, kita perlu terus belajar agar bisa menghantarkan murid-murid untuk berdaya, dan menjadi manusia Merdeka. 

Dengan kesadaran untuk terus belajar secara mandiri, kita telah mengatur diri sendiri dan ini adalah bagian dari perjalanan kita menjadi manusia merdeka. 

Menurut Ki Hajar Dewantara, manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, baik lahir maupun batin, tidak tergantung pada orang lain 



Jika kita mengharapkan murid-murid kita kelak menjadi pribadi yang mandiri dan Merdeka, tentunya penting untuk mereka mengenali diri, berdaya untuk menentukan tujuan, dan kebutuhan belajarnya yang relevan dan kontekstual terhadap diri dan lingkungannya 

Sebagaimana disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara dalam dasar-dasar pendidikan. 

Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. 

Salah satu langkah awal kita sebagai pendidik adalah bagaimana memaknai dan menghayati pribadi kita sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar.

Murid-murid kita kini memiliki cara belajar yang sungguh berbeda dengan kita dahulu mereka sangat fasih dengan teknologi, menjadikan internet sebagai salah satu sumber belajar utama.

Mereka bisa dengan cepat mencari dan mengkonfirmasi pengetahuan dengan teknologi dalam genggaman.

Mereka bisa menjangkau pengetahuan sekalipun tanpa kita berikan. Lantas ibu dan bapak guru, Apa yang perlu kita selaraskan agar bisa menjadi pendidik yang relevan dengan konteks Zaman?. 

Murid-murid kita memang sudah jauh berbeda dengan kita, namun mereka tetap butuh kehadiran sosok pendidik.

Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan "pendidik itu menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) , hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak." 

Mari kita refleksikan bersama Apa peran kita sebagai pendidik untuk dapat menuntun kekuatan kodrat dari murid-murid kita.

Bagaimana kita bisa menjaga hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat murid murid kita belajar. 

Ibu dan bapak guru Terima kasih sudah memilih untuk hadir disini 

Terima kasih sudah memilih untuk meningkatkan kapasitas diri 

Mari kita bersama terus belajar Demi meraih tujuan pendidikan menjadi manusia Merdeka yang kelak akan menuntun murid-murid kita menjadi manusia 

Merdeka pula salam dan bahagia ibu dan bapak guru hebat 

Link Video Lu1-1. Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik Disini

Soal Post Test Modul 1

1. Salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah:

Jawab: Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan

2. Definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara adalah:

Jawab: Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung dengan orang lain.

3. Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki....

Jawab: Kekuatan kodratnya

4. Langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ...

Jawab: Menambah kapasitas diri sebagai pendidik

5. Apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid?

Jawab: Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta pendidikan karakter

6. Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti...

Jawab: Mendidik masyarakat

7. Apa yang dimaksud generasi digital native?

Jawab: Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital

8. Apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan?

Jawab: Kebudayaan

9. Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?

Jawab: Adaptif

10. Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali....

Jawab: Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya

Baca Juga: