Refleksi - Memulai Refleksi


Refleksi - Memulai Refleksi

Dalam keseharian sebagai pendidik, ada banyak peristiwa yang dapat menjadi media latihan kita untuk merefleksikan proses refleksi, dapat membantu kita menemukan agar dari sebuah permasalahan juga memetik pembelajaran, dari sebuah kejadian. Lalu bagaimana memanfaatkan keseharian sebagai media latihan berefleksi 

Hari ini murid kelas 10, baru mempresentasikan proyek fisika mereka. Pak Yudi tersenyum bangga melihat pencapaian mereka, Ia lalu teringat beratnya situasi yang dihadapi di akhir semester sebelumnya.  

Saat itu sebagian besar murid tidak tertarik dengan fisika, mereka merasa ini adalah mata pelajaran paling sulit, Pak Yudi sedih dan merasa gagal membawa mereka memahami fisika salah satu mata pelajaran yang memang baru dipelajari di jenjang SMA.

Pak Yudi lalu merefleksikan proses pembelajaran di semester 2.

Apa perasaan yang dominan terasa saat ini?

Saya merasa senang dan bangga melihat presentasi mereka hari ini terutama saat mendengar cerita proses mereka bersama mata pelajaran Fisika selama 1 tahun ini. Ada peserta didik yang awalnya tidak suka dengan fisika karena rumit tapi lalu mencoba membuka diri. Ada peserta didik yang bercerita dia merasa bodoh karena awalnya banyak yang tidak dipahami lalu terus berusaha hingga akhirnya paham.  Cerita-cerita perjuangan mereka bersama fisika membuat saya senang sekaligus bangga.  

Sebenarnya Apa perubahan paling signifikan yang terjadi di kelas selama semester ini hingga mereka sampai di titik ini.


Yang paling signifikan adalah pengerjaan dua Project di kelas. 
  • Satu project berkelompok  dan 
  • Satu lagi project individu 

Keduanya dihubungkan dengan topik fisika yang sedang dipelajari di kelas.  Ini bukan metode pembelajaran yang umum dilakukan sehingga butuh keterlibatan aktif dari sisi murid juga guru.

Apakah ini artinya perubahan terjadi karena kamu yang berusaha secara optimal?

Saya memang mengubah cara saya menyusun perencanaan pembelajaran dan proses perencanaan, ini memang membutuhkan waktu lebih panjang dari biasanya karena saya perlu melihat gambaran besarnya dulu untuk bisa memecah menjadi rencana per kegiatan 

Durasi pembelajaran ketika membahas satu topik juga lebih panjang dari biasanya bahasan satu topik butuh 2-3 JP saja, lewat Project bahasan satu topik bisa dilakukan selama 5-6jp.

Disini Saya melihat para murid juga berusaha mengatasi tantangan pada diri mereka masing-masing.

Di sela-sela pelajaran kami lebih sering berdiskusi ringan bukan hanya tentang materi tapi juga saling memotivasi dan akhirnya saya tidak lagi menemui banyak suasana hening di kelas seperti semester lalu.

Keberhasilan Pak Yudi adalah buah dari refleksi proses pembelajaran yang ia lakukan secara mandiri di semester sebelumnya. Ia menemukan Apa saja hal yang perlu diperbaiki dan berusaha menjalankannya di keseharian 

Tanpa proses refleksi dan evaluasi Pak Yudi belum tentu menemukan esensi dari upaya perbaikan yang telah ia lakukan selama ini 

Dari kisah Pak Yudi di atas Ia melakukan refleksi lewat cara berdialog dengan diri, ketika berefleksi. Ada hal-hal yang butuh sengaja dilakukan 

Pertama berdialog dengan diri

Mengambil jeda untuk berdialog dengan diri membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan pemantik penting seperti 

  • Apa perasaan yang muncul dalam situasi tertentu atau terhadap pengalaman tertentu?
  • Mengapa hal tersebut penting?
  • Upaya apa yang sudah atau belum dilakukan? dan sebagainya 

Kedua, jujur dan terbuka mengakui kesediaan 

Untuk jujur menjadi Kunci keberhasilan proses refleksi termasuk kesediaan mengakui dan menerima emosi yang dirasakan Apakah di dalam diri muncul Perasaan marah kecewa takut dinilai dan yang lainnya kadang jawaban-jawaban dari pertanyaan pemantik itu bukan sesuatu yang sesuai dengan harapan kita atau bukan sesuatu yang membanggakan diri tapi tetap perlu diakui.

Ketiga, mendokumentasikan.

Aktivitas ini kerap terlewat dari sebuah proses refleksi padahal mendokumentasikan hasil refleksi dalam bentuk tulisan, gambar, dan media lainnya dapat membantu kita memiliki catatan proses yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran di masa mendatang 

Sekarang silahkan ibu bapak ambil waktu sejenak untuk merefleksikan Dua pertanyaan berikut 

Pertama ingat kembali hari pertama Anda masuk ke ruang kelas sebagai guru di hari itu sampai hari ini apa momen yang membuat Anda memilih untuk tetap berada di dunia pendidikan?

Kedua dalam dunia pendidikan sebagai guru, hal apa yang saat ini masih terus anda pelajari? dan mengapa Menurut Anda hal itu adalah hal yang penting untuk dipelajari? 

Selamat menikmati waktu berdialog dengan diri dan merefleksikan perjalanan sebagai seorang guru. 

Link Video Silahkan Klik Disini