Salam dan bahagia ibu dan bapak guru
Pada materi kali ini kita akan membahas mengenai refleksi sebagai bagian dari pembelajaran pada jenjang SD Apakah ibu dan bapak guru sudah rutin mengajak muridnya untuk melakukan refleksi di kelas
Kegiatan refleksi erat kaitanya dengan dimensi Mandiri pada profil pelajar Pancasila untuk itu kebiasaan refleksi harus dibangun dan menjadi bagian rangkaian pembelajaran dikelas
Kegiatan refleksi bukan dilakukan karena kebetulan ada waktu, tapi kita perlu mengadakan waktu untuk melakukan refleksi dengan demikian murid dapat belajar dari proses belajarnya untuk pembelajaran selanjutnya
Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat memasukkan tetapi dalam kegiatan pembelajaran
- Bagaimana membuat pertanyaan refleksi yang sesuai untuk murid
- Kapan refleksi dilakukan
- Bagaimana guru memfasilitasi muridnya berefleksi
Tiga Hal inilah yang akan dibahas pada video ini
Bagaimana membuat pertanyaan refleksi yang sesuai untuk murid tentunya perlu disesuaikan dengan tahapan perkembangan murid kita
Pada fase A misalnya murid diharapkan dapat melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan keberhasilan dirinya sehingga bentuk pertanyaan bisa disesuaikan dengan kriteria ini
pada fase A refleksi Masih berfokus pada ekspresi diri, yang penting murid dapat nyaman berbicara, nyaman menjawab dan mengekspresikan dirinya
Guru pada fase A bisa berfokus kepada tiga hal ini dulu sebelum kepada kualitas jawaban dari murid
Lalu kita naik ke fase B yang muridnya diharapkan dapat mengidentifikasi situasi yang dapat mendukung dan menghambat pembelajaran dan pengembangan dirinya
Jadi bentuk pertanyaan juga dibuat untuk membantu murid menemukan situasi tersebut seperti bertanya tahapan Apa yang dirasa mudah, sulit atau merasa dirinya paling berhasil, kontribusi yang dilakukannya, kondisi seperti apa yang paling menghambatnya saat belajar atau kondisi yang justru paling membantunya
Pada fase ini jika murid sudah nyaman berekspresi guru dapat mengarahkan ke kualitas jawaban dari refleksi murid
Naik ke fase C, murid diharapkan dapat mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mendukung atau menghambat nya dalam belajar dan mengembangkan diri, serta cara-cara untuk mengatasi kekurangannya
Jadi bentuk pertanyaan seharusnya dapat menggiring murid menemukan hambatan dan cara mengatasinya
Membantu memahami dirinya saat belajar menilai hasil kerjanya sendiri, memikirkan bantuan apa yang ia butuhkan serta sumberdaya yang paling membantunya
Tahapan alur perkembangan pada setiap fase inilah yang menjadi acuan kita dalam membuat pertanyaan refleksi
Tentunya pertanyaan refleksi juga dapat dikaitkan dengan materi yang dipelajari di kelas misal mengaitkan pertanyaan refleksi dengan sikap Bhinneka Tunggal Ika saat mempelajarinya pada pelajaran PPKN dan sebagainya
Guru juga dapat memanfaatkan respon murid terhadap pertanyaan refleksi untuk menjadi pertimbangan dalam merencanakan kegiatan belajar di kelas misalnya, respon mereka saat menjawab hal yang berkaitan dengan sumber daya yang dapat membantunya belajar lebih baik jenis pertanyaan seperti ini dapat mulai diberikan pada fase B
Setelah membuat pertanyaan, lalu Kapan refleksi dilakukan?
Sebenarnya tidak ada ketentuan baku Kapan refleksi dilakukan dikembalikan lagi kepada tujuan dari refleksi itu sendiri
Misalnya saat melakukan refleksi sebagai bagian dari pembelajaran kita mengharapkan murid dapat melihat kembali proses belajar yang dilaluinya dan hasil yang klik kan berarti refleksi dapat dilakukan ketika proses sedang berjalan dan di akhir saat sudah ada hasil pembelajaran yang dibuat misalnya di akhir unit pembelajaran Setelah Melakukan asesmen formatif setelah pembagian hasil tes atau asesmen formatif di akhir proyek
Walaupun pertanyaan sudah kita siapkan bisa saja murid belum melakukan refleksi dengan mendalam terlebih untuk murid yang belum terbiasa melakukan refleksi
Lalu bagaimana guru memfasilitasi muridnya yang berefleksi salah satu caranya bisa dengan memberikan daftar capaian-capaian yang dilalui pada serangkaian proses belajar dari daftar ini murid dapat menentukan mana yang ia bisa masih perlu belajar paling puas dengan hasilnya dan sebagainya
Bisa juga dengan memberikan pertanyaan tambahan yang memandu misalnya ibu dan bapak guru mengajak muridnya refleksi saat membagikan hasil tes matematika kemudian salah satu murid kesulitan menjawab pertanyaan refleksi mengenai hal yang mendukung dirinya dalam mengerjakan tes tersebut
Ibu dan bapak guru dapat membantu dengan memberikan pertanyaan tambahan secara lisan seperti ibu dan bapak guru juga perlu menciptakan suasana yang mendukung refleksi memerlukan keterbukaan murid baik pada dirinya sendiri serta gurunya
Ibu dan bapak guru masih ingat dengan posisi kontrol guru jika kita memerankan posisi kontrol penghukum atau pembuat rasa bersalah akan susah membuat murid terbuka untuk refleksi murid cenderung Takut dimarahi atau khawatir disudutkan
Jika ibu dan bapak guru ingat kembali topik disiplin positif restitusi juga merupakan proses refleksi jadi lingkungan belajar yang nyaman dan budaya positif dititipin penting untuk mendukung kebiasaan deteksi ibu dan bapak guru sebaiknya kita tidak memaksa murid Jika ia tidak mau menunjukkan hasil refleksinya ingat bahwa pelaku dan konsumen utama dari proses refleksi adalah diri sendiri
Murid punya hak untuk menjaga privasi dari hasil refleksinya kita juga perlu memilah pertanyaan-pertanyaan mana yang cukup disimpan oleh murid dalam jurnal pribadinya atau pertanyaan yang bisa didokumentasikan dan dijadikan sebagai portofolio kelas terakhir kita perlu mengenali pada fase mana kemampuan murid berada
Bisa jadi ada murid-murid kita di fase C yang kemampuan refleksinya masih di fase B atau bahkan atau malah menuju ke fase D mungkin juga murid fase A kemampuan refleksinya mesti di fase PAUD jika ini terjadi ibu bapak guru perlu memfasilitasi murid tersebut dengan pertanyaan refleksi yang sesuai dengan kemampuannya
Ibu dan bapak guru dapat melihat video materi refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di PAUD atau jenjang SMP
Sekarang mari kita ingat kembali kebiasaan refleksi yang sudah dilakukan selama ini Apakah menurut ibu dan bapak guru Sesuai dengan perkembangan murid
Apakah lingkungan belajar sudah mendukung kemudian apa yang bisa kita perbaiki untuk mendukung murid kita menjadi pembelajar yang mandiri dan mendapatkan manfaat dari refleksi
Selamat belajar dan mencoba ibu-bapak guru hebat salam dan bahagia
Link Video Silahkan Klik Disini
Baca juga tentang: