Memahami Capaian Pembelajaran final


Memahami Capaian Pembelajaran final

Pada modul kurikulum merdeka kita sudah mempelajari mengenai capaian pembelajaran yaitu kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam satu fase 

Capaian pembelajaran ini ditetapkan oleh pemerintah, namun untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari perlu diuraikan menjadi tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkrit 

Perencanaan pembelajaran ini merupakan bagian dari kurikulum operasional satuan pendidikan 

Proses berpikir dalam merencanakan Pembelajaran dapat digambarkan menjadi empat tahap yaitu 

1. Memahami CP

2  Rumuskan tujuan pembelajaran 

3  Menyusun alur tujuan pembelajaran 

4  Merancang pembelajaran 

Pada video ini kita akan mempelajari tahap pertama yaitu  memahami CP 

Capaian pembelajaran disusun dalam fase. 1 Fase terdiri dari 1 hingga 3 tahun, jadi fase tidak sama dengan kelas.

Fase merupakan kompetensi sedangkan kelas menunjukkan kelompok berdasarkan usia, Oleh karena itu dalam merencanakan pembelajaran untuk satu fase pendidikan anaknya melakukan kolaborasi dan komunikasi dengan rekan pendidik yang sama-sama mengajar pada suatu fase yang sama 

Sebagai contoh CP pada fasa D berlaku untuk kelas 7 8 dan 9, saat merancang pembelajaran pendidik kelas 7 hingga kelas 9 perlu duduk bersama untuk menentukan rencana batasan kompetensi disetiap jenjang. 

Dengan, begitu kompetensi pembelajaran yang akan dicapai peserta didik dapat dipelajari secara berkesinambungan 

Pendidik juga dapat saling menyampaikan informasi terkait karakteristik peserta didik di setiap jenjang atau informasi lain yang dibutuhkan dalam merancang pembelajaran

Untuk memahami capaian pembelajaran, ada empat langkah yaitu :

1. Memahami rasional 

2. Memahami tujuan mata pelajaran 

3  Mempelajari karakteristik dan 

4. Mempelajari capaian per fase 

Tahap pertama memahami rasional. 



Rasional Menjelaskan alasan pentingnya mempelajari mata pelajaran tersebut serta kaitannya dengan profil pelajar Pancasila 

Untuk membantu memahami bagian ini kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:

  • Mengapa peserta didik perlu mempelajari mata pelajaran ini?
  • Apa fokus utama yang ingin dicapai dari mapel ini?
  • Bagaimana mapel ini berperan dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila 

Tahap kedua memahami tujuan mata pelajaran. 



Tujuan menjelaskan kemampuan atau kompetensi yang dituju setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran tersebut secara keseluruhan untuk membantu memahami bagian ini kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut"

  • Kompetensi apa saja yang perlu dimiliki peserta didik untuk sampai di capaian pembelajaran akhir fase ?

Ketiga mempelajari karakteristik


Bagian karakteristik menjelaskan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut serta elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran untuk membantu memahami bagian ini kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:

  • Apa karakter serta elemen dari mata pelajaran ini?

Terakhir mempelajari capaian per fase 



Bagian ini berisi kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase. Untuk membantu memahami capaian di fase peserta didik kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:

  • Apa yang akan dipelajari di fase ini?
  • Kata-kata apa yang penting di dalam CP? 

Untuk belajar memahami capaian pembelajaran pendidik juga bisa membentuk komunitas belajar di satuan pendidikannya bergabung dengan komunitas belajar yang sudah ada atau belajar dari contoh-contoh CP pada mata pelajaran lain karena pada dasarnya CP disusun dengan prinsip yang sama 

Ibu dan bapak guru memahami CP adalah langkah pertama yang sangat penting karena tentunya kita sebagai pendidik perlu memahami apa yang akan kita ajarkan dengan berkolaborasi untuk memahami CP, maka ibu bapak akan lebih siap dalam melaksanakan langkah selanjutnya yaitu 


  • menetapkan tujuan pembelajaran 
  • menyusun alur tujuan pembelajaran dan 
  • pengembangan modul ajar. 

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca Juga Tentang:

Link