Agar peserta didik dapat mencapai capaian pembelajaran di akhir fase, maka pendidik perlu menurunkan capaian pembelajaran atau CP menjadi tujuan pembelajaran atau TP
Sekarang kita akan mempelajari langkah kedua pada tahap perencanaan pembelajaran yaitu:
- Merumuskan tujuan pembelajaran
Pada tahap ini pendidik cukup merancang tujuan-tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkrit terlebih dahulu.
Proses mengurutkan tujuan pembelajaran akan disusun pada tahap berikutnya
Ibu dan bapak guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran kita juga perlu memperhatikan
- karakteristik mata pelajaran serta konsep atau topik yang dipelajari
- karakteristik peserta didik dan konteks lingkungan pembelajaran
Ibu dan bapak guru tujuan pembelajaran sebaiknya memuat dua komponen utama yaitu :
- kompetensi dan
- ruang lingkup materi
- Kemampuan apa yang perlu peserta didik Tunjukkan secara konkrit
- Tahap berpikir apa yang perlu peserta didik tunjukkan
Lingkup materi yaitu konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Untuk kedalaman materi konten, ibu dan bapak dapat melihat CP dari fase sebelum dan sesudah dari fase yang diajarkan
Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik dalam menentukan lingkup materi antara lain
- Hal apa saja yang perlu dipelajari peserta didik dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP?
- Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan peserta didik dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten Dalam CP?
Yang perlu diperhatikan pada tahap kedua ini yaitu:
- Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum bukan tujuan pembelajaran harian.
- Tujuan instruksional Umum bukan tujuan instruksional khusus.
Saat merumuskannya, kita dapat menggali kata kunci yang kita temukan saat memahami capaian pembelajaran
Selain itu dalam merumuskan tujuan pembelajaran, kita dapat menggunakan pendekatan-pendekatan teori seperti :
- Pendekatan Taksonomi Bloom, yang telah direvisi oleh Anderson Krathwohl di tahun 2001
- Pendekatan tentang 6 Bentuk pemahaman, yang dikembangkan oleh Tighe dan Wiggins di tahun 2005 atau
- Pendekatan tiga sistem dalam domain pengetahuan, yang dikembangkan oleh Marzano
Selain ketiga Teori ini pendidik juga dapat menggunakan teori atau pendekatan lain selama teori tersebut dinilai relevan
Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Anderson Krathwohl, 2021:
Level 1: Mengingat
Level 2: Memahami
Level 3: Mengaplikasikan
Level 4: Menganalisis
Level 5: Mengevaluasi
Level 6: Menciptakan
6 Bentuk Pemahaman Tighe dan Wiggins, 2005:
- Penjelasan
- Interpretasi
- Aplikasi
- Perspektif
- Empati
- Pengenalan atau Refleksi Diri
- Tingkat 1: Mengenali dan Mengingat Kembali
- Tingkat 2: Pemahaman
- Tingkat 3: Analisis
- Tingkat 4: Pemanfaatan Pengetahuan
- Tingkat 5: Metakognisi
- Tingkat 6: Sistem Diri
Ibu dan bapak guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran Ada tiga cara yang dapat kita gunakan yaitu :
- Alternatif 1: rumuskan tujuan pembelajaran secara langsung Berdasarkan CP
- Alternatif 2: merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi pada CP
- Alternatif 3: merumuskan tujuan pembelajaran lintas elemen CP
Cara merumuskan tujuan pembelajaran dengan tiga cara ini akan dibahas lebih detail dengan menggunakan contoh pada video-video selanjutnya
Ibu dan bapak dapat memilih alternatif yang dirasa nyaman atau sesuai dengan kebutuhan mata pelajarannya atau mengembangkan cara sendiri dengan menggunakan prinsip yang sama
Kita juga bisa menggunakan tujuan-tujuan pembelajaran yang sudah disediakan pemerintah pusat di platform Merdeka mengajar contoh-contoh ini dapat kita gunakan langsung atau dimodifikasi
Ibu dan bapak dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan proses belajarnya masing-masing
Selamat mencoba
Link Video Silahkan Klik Disini
Baca Juga tentang: