Salam dan bahagia ibu dan bapak guru
Selamat datang kembali di modul membuat dan memodifikasi modul ajar
Pada materi kali ini kita akan belajar mengenai memodifikasi modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan murid kita
Video ini akan menggunakan mata pelajaran bahasa Indonesia di Jejak SMP sebagai contoh
Seperti yang disampaikan pada materi sebelumnya untuk merancang kegiatan kita perlu mengacu kepada
1. Profil pelajar Pancasila
2. ATP
3. Karakter dan elemen dari mata pelajaran masing-masing
Ibu Vin adalah guru kelas 8 SMP ia bersama rekannya bertanggung jawab untuk membuat modul ajar bahasa Indonesi. Modul ajar ini akan dipakai juga oleh salah satu dalam kelompok KKG nya.
Sebagai inspirasi Ibu Vivin memilih modul ajar yang dikembangkan dari Kemdikbud ristek dan platform guru berbagi untuk dimodifikasi
Modifikasi ini ia lakukan berdasarkan kebutuhan dan kondisi muridnya serta sarana dan prasarana sekolah
Ia sedang menyusun modul ajar mengenai teks argumentasi model belajarnya adalah luring.
Apa saja yang dipelajari saat memilih model ajar umumnya pada modul ajar yang tersedia komponennya sudah cukup lengkap ia cukup mempelajari dulu modul ajar tersebut secara keseluruhan kemudian melihat kembali kepada ATP yang sudah disusunnya
Nah apa saja yang bisa dipelajari
1. kelebihan atau hal yang dapat diaplikasikan dari modul ajar tersebut
Saat mempelajari modul ajar yang tersedia ia menemukan tujuan pembelajaran dan produk akhir selaras dengan perencanaannya
Kegiatan dirancang dalam metode diskusi dan proyek ini bisa jadi penguatan untuk sikap dan profil pelajar Pancasila. Materi pembelajaran juga sesuai dengan misi sekolahnya untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi
Metode pembuatan kerangka teks argumentasi yang disajikan dapat menggali pemikiran kritis dari muridnya
Tersedia assessment diagnostik yang juga bisa dipastikan ada kegiatan interaktif yang akan menarik minat muridnya
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran bisa digunakan untuk kondisi muridnya dan terdapat kegiatan tambahan bagi murid yang belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
2. Bagian dari modul ajar yang tidak dapat diaplikasikan.
Ibu Vin juga menemukan beberapa kendala terkait durasi serta sarana dan prasarana. Model pembelajarannya daring sedangkan ia Berencana untuk kegiatan luring tidak tersedia fasilitas multimedia untuk mendukung kegiatan di sekolahnya durasi waktu pertemuan berbeda dengan durasi di sekolahnya. Ada kegiatan riset Mandiri yang tidak bisa diaplikasikan untuk semua muridnya karena hambatan fasilitas. Saat kegiatan di kelas sumber belajar yang berupa media internet tidak bisa digunakan dan bentuk LKS diarahkan mengarah kepada pengguna komputer dalam pengerjaannya
Dari kendala tersebut kemudian ibu fine mempertimbangkan apakah modul ajar ini dapat digunakan atau tidak.
Ternyata dengan beberapa modifikasi modul ajar tetap bisa digunakan sebagai referensi kegiatan darinya pun bisa disesuaikan untuk kelas luring.
Sekarang kita akan melihat bagaimana Ibu Vin memodifikasi agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan muridnya:
- Untuk menyesuaikan durasi belajar Ia memodifikasi beberapa kegiatan seperti menggunakan Sticky notes untuk menyampaikan hasil diskusi sehingga pemaparan hasil diskusi dapat lebih singkat.
- Mengalihkan beberapa kegiatan menjadi kegiatan Mandiri murid
- Penyesuaian jumlah anggota kelompok mengalihkan beberapa pemaparan guru ke dalam bentuk media teks sehingga dapat dibaca langsung oleh murid ini mirip seperti kita pelajari saat membahas materi media belajar
- Beberapa kendala terkait sarana dan prasarana belajar bisa diatasi oleh Bu Vin dengan melakukan:
- Media internet diganti menjadi media teks kertas. Guru menyediakan salinan artikel berita dari internet yang bisa dibaca oleh murid di kelas
- Pemaparannya membutuhkan multimedia dialihkan menjadi pemaparan guru yang dibantu dengan buku teks, saling rangkuman kertas gambar dan papan tulis
- Penyesuaian bentuk dan isi lembar kerja agar bisa digunakan di kelas lurik
- Kegiatan riset Mandiri dimodifikasi agar tidak membutuhkan fasilitas internet dalam konteks ajar ini Ibu Vivin modifikasi kegiatan diskusi dengan keluarga media yang dimanfaatkan adalah yang mudah diakses muridnya yaitu TV, Radio, majalah, atau koran
- Modifikasi terkait konten isi. Konten isi dalam Modul ajar bisa dilihat dari dua sudut pandang yaitu
- guru Sebagai pengguna dan mengaplikasikan modul ajar
- murid sebagai pihak yang mengikuti kegiatan
Modifikasi dari sudut pandang guru:
- Apakah guru dapat memahami informasi yang terdapat dalam modul ajar?
- Apakah arahan yang diberikan modul ajar cukup jelas?
- Apakah asesmen yang direkomendasikan sudah dapat menggambarkan ketercapaian belajar seluruh murid?
Sedangkan dari kaca mata murid, yang dilihat adalah:
Modifikasi dari sudut pandang Murid:
- Apakah murid mendapatkan pemahaman bermakna yang relevan dengan diri dan lingkungannya?
- Apakah kedalaman konten isi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi murid?
- Apakah media belajar sudah cukup bervariasi?
- Apakah kegiatan berfokus pada murid?
Pada praktik modul ajar ini, modifikasi yang dilakukan ibu Vin dari sudut pandang murid yaitu:
- Menyesuaikan pertanyaan refleksi sesuai fase muridnya
Komponen yang dipakai ulang:
- Tujuan Pembelajaran
- Profil Pelajar Pancasila
- Pertanyaan pemantik
- Pengetahuan Dasar
- Rangkuman bahan ajar
- Kegiatan bermain
- Rubrik penilaian
dan melakukan penyesuaian terhadap beberapa komponen yang diperlukan yaitu
Penyesuain komponen yang diperlukan:
- Model pembelajaran
- Durasi waktu
- Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
- Rencana asesmen
- Sarana dan prasarana
- Kegiatan belajar
- Lampiran bahan ajar
- Lembar aktivitas
- Refleksi siswa
- Refleksi guru
Hasil evaluasi dapat dijadikan perbaikan untuk modul ini juga modul-modul Selanjutnya yang akan dibuat dan dimodifikasi
Hasil akhir modul ajar yang dibuat pada video ini, dapat ibu dan Bapak unduh di lampiran yang disertakan dalam video ini
Semoga praktik baik yang dilakukan ibu Vin ini dapat membantu ibu dan bapak guru dalam menyiapkan modul ajar yang tepat untuk kebutuhan kelasnya.
Selamat belajar dan mencoba ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia hai hai
Link Video Silahkan Klik Disini
Baca Juga Tentang: