P5 - Evaluasi Projek
Salam dan bahagia ibu dan bapak guru selamat berjumpa di modul terakhir topik Project penguatan profil pelajar Pancasila kali ini kita akan belajar lebih jauh tentang evaluasi Project
Video ini akan memperkenalkan lima bentuk evaluasi Project yang dapat ibu dan bapak guru gunakan di kelas
Apa saja lima bentuk evaluasi proyek tersebut? Lalu bagaimana lima bentuk evaluasi Project dapat dilaksanakan?
Mari kita simak videonya bersama-sama
Ibu dan bapak guru setelah Project selesai direncanakan lalu eksekusinya juga telah berjalan apalagi yang perlu kita lakukan?
Nah proses wujudnya adalah evaluasi Project
Evaluasi Project bermanfaat sebagai ruang bagi kita untuk berefleksi dan mendapat masukan tentang Project tersebut
Penting bagi kita untuk berefleksi dan mendapat umpan balik dari orang lain agar kita dapat terus mengupayakan usaha yang terbaik untuk murid-murid kita.
Dalam mengevaluasi Project ada lima prinsip yang perlu diperhatikan
Prinsip yang pertama adalah menyeluruh.
Evaluasi bukan hanya terhadap murid saja tetapi juga terhadap guru satuan pendidikan serta warga satuan pendidikan lain dalam menjalankan Project
Prinsip yang kedua fokus kepada proses.
Tolok ukur dari evaluasi bukanlah pada hasil akhir melainkan pada perkembangan dan pertumbuhan diri murid, guru, dan satuan pendidikan selanjutnya
Prinsip yang ketiga adalah tidak ada bentuk evaluasi yang mutlak dan seragam.
Pemilihan bentuk evaluasi bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan tiap guru murid dan satuan pendidikan
Prinsip yang keempat adalah penggunaan berbagai jenis assessment.
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh hindari menggunakan satu jenis asesmen saja
Prinsip yang kelima Jangan lupa untuk melibatkan murid.
Keterlibatan murid merupakan faktor penting dalam proses evaluasi dengan diberi ruang untuk terlibat murid turut merasa memiliki dan terhubung dengan Project yang dilakukan
Pertanyaan berikutnya adalah
- Apa contoh alat dan metode evaluasi implementasi Project yang bisa dipilih?
- Bagaimana kita dapat memilih cara evaluasi yang tepat sasaran?
Ada lima contoh alat dan metode evaluasi implementasi Project yang akan kita diskusikan dalam video ini. Apa saja ya? untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas Yuk kita berkunjung ke kelas Bu Alma. yang saat ini Mengajar kelas 4 SD. Kelas Bu Alma baru saja selesai mendiskusikan topik tentang uang tentu saja Project yang disusun Bu Alma dan murid-muridnya akan berhubungan dengan topik tersebut
Mari kita simak proses berproyek Bu Alma bersama Yodi salah satu murid kelas 4
Contoh evaluasi Project yang pertama adalah
- refleksi awal,
- refleksi tengah, dan
- refleksi akhir
Guru, murid, dan satuan pendidik mengisi lembar refleksi secara bertahap yaitu pada awal, tengah dan akhir pelaksanaan projek.
Refleksi ini digunakan untuk menilai perkembangan pembelajaran dan pengajaran yang sudah dilakukan
Apa bedanya?
Berikut adalah contoh refleksi yang dilakukan oleh Bu Alma dan Yudi
Proses refleksi dan diskusi sebaiknya berjalan dua arah. Guru dan murid diharapkan dapat merefleksikan dan mendiskusikan perkembangan mereka bersama-sama. Tidak hanya bualan saja yang dapat memberikan penilaian pada Yodi, tetapi Ibu Alma juga perlu memberikan kesempatan pada Yodi untuk merasa didengarkan. Yodi didapat secara aman dan nyaman mengemukakan pandangannya tentang perkembangan diri yang ia rasakan. Ia juga dapat memberikan pendapat tentang proses pengajaran yang dilakukan Bu Alma
Kegiatan refleksi juga dapat melalui observasi dan pengalaman. Bu Alma dan Yodi dapat melakukan observasi secara berkelanjutan selama proyek berlangsung. Hasil observasi dapat dituangkan ke dalam bentuk jurnal atau portofolio
Rubrik juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bentuk assessment evaluasi Project
Rubrik yang efektif dapat membantu proses refleksi menjadi lebih terarah dan objektif. Di awal guru dapat membuat rubrik dengan menyiapkan kategori dan tingkatan performa yang mengacu pada naskah akademik. Rubrik tersebut perlu diinformasikan kepada murid agar mereka dapat memahami fokus keterampilan yang diukur dalam project ini
Apabila guru dan murid sudah terbiasa melakukan dan mendiskusikan rubrik penilaian maka guru dapat merancang rubrik bersama murid.
Inilah yang dilakukan Bu Alma bersama Yodi mereka saling berdiskusi mengenai aneka komponen yang dianggap penting dalam pelaksanaan projek ini mereka menyimpang dari tiga hal penting yaitu
1. Kemandirian
2. Proses riset dan
3. Komunikasi
Seperti ini contoh rubriknya
Contoh evaluasi Project yang terakhir adalah laporan perkembangan murid.
Laporan perkembangan murid atau raport perlu diuraikan secara terperinci Sesuai dengan perkembangan individual murid penjabaran yang terperinci membuat murid memahami dengan jelas aneka ketrampilan atau kemampuan yang perlu mereka kembangkan.
Bu Alma dapat memanfaatkan seluruh data yang diperoleh dari catatan refleksi tadi. Oleh sebab itu penyimpanan atau dokumentasi juga merupakan hal yang penting. Jangan sampai hilang ya ibu bapak guru
Seluruh hasil refleksi yang telah dilakukan Bu Alma dan Yudi dapat menjadi bahan untuk menyusun sebuah raport yang sangat komprehensif seperti ini
Ada beberapa hal yang sama-sama dapat kita pelajari yaitu
- Komunikasi. Bu Alma memberikan ruang yang cukup pada Yodi untuk mengemukakan pendapatnya
- Bu Alma melibatkan Yodi dalam proyek ini
- Pencatatan yang detail dan komprehensif
- Bu Alma mengisi lembar refleksinya dengan catatan yang sangat rinci dan lengkap informasi ini nantinya akan sangat bermanfaat saat mengisi raport Yodi atau saat memberikan umpan balik.
Nah bagaimana ibu dan bapak guru sudah merasa lebih siap untuk berproduksi bersama murid salam dan bahagia
Link Video Silahkan klik disini
Link