Membuat Modul Ajar SMP PPKN


Membuat Modul Ajar SMP PPKN

Pancasila

1 Ketuhanan Yang Maha Esa 

2 Kemanusiaan yang adil dan beradab 

3 Persatuan Indonesia 

4. 

Bagaimana ya agar Pancasila tidak hanya dihafal dan ingat murid 

Bagaimana ya caranya membuat murid menghayati memaknai dan menunjukkan perilaku yang mencerminkan Pancasila  

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru. Selamat datang di modul membuat dan memodifikasi modul ajar 

Kali ini kita akan belajar membuat modul ajar mata pelajaran PPKN Fase D, model pembelajaran luring elemen Pancasila kelas 8 SMP 

Layaknya sebuah negara yang harus mempunyai dasar bernegara modul ajar pun demikian jika dasar suatu negara adalah falsafah bangsa konstitusi dan peraturan-peraturan, modul ajar pun sama harus mempunyai dasar atau landasan yang kuat 

Apa saja dasar atau landasan yang ada dalam Modul ajar PPKN Fase D?

Pada materi yang lalu kita sudah belajar merumuskan ATP PPKn Fase D.  ATP ini menjadi dasar membuat modul ajar 

Apakah dasar pembuatan belajar hanya ATP?

Tentu tidak,  ATP dikembangkan dari capaian pembelajaran 

Selain itu ada juga karakteristik mata pelajaran PPKN yang menjadi dasar untuk membuat modul ajar maka Dasar atau landasan yang digunakan dalam pembuatan modul ajar PPKN adalah


1. CP

2. ATP

3. Karakteristik mapel PPKN 

Dengan dasar atau landasan tersebut diharapkan modul ajar PKN dapat membantu murid menuju profil pelajar Pancasila 

Jika melihat pada komponen modul ajar ketika merumuskan ATP Anda komponen yang sudah terpenuhi dan ada komponen yang belum terpenuhi, misalnya komponen yang belum terpenuhi dalam Modul ajar ini adalah kompetensi awal atau prasyarat kompetensi prasyarat adalah kompetensi yang didapatkan dari hasil asesmen diagnostik yang kita lakukan di awal 

Pada contoh materi kali ini kompetensi awal atau prasyarat untuk mencapai CP pada modul ini adalah 

  • pemahaman murid terkait sila Pancasila dari satu sampai dengan sila kelima, 
  • pemahaman murid tentang makna ideologi dan pandangan hidup, 
  • pemahaman murid tentang nilai-nilai Pancasila dalam keseharian peserta didik 

Jika belum menguasai ketiga kompetensi awal atau prasyarat tersebut murid akan kesulitan mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam ATP, untuk itu guru perlu melakukan asesmen diagnostik yang hasilnya juga dapat melengkapi komponen target peserta didik .

Tentu ibu dan bapak guru dapat memodifikasi dan mengembangkan komponen modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan murid. 

Sekarang kita merancang kegiatan pembelajaran agar dapat melengkapi komponen-komponen yang dibutuhkan dalam Modul ajar 

1. Kita lihat kembali ATP mata pelajaran PPKN kelas 8 Fase D yang sudah dirumuskan sebelumnya , sudah ada TP, ruang lingkup materi, pemahaman bermakna, dan produk akhir 

2. Kita dapat menggunakan desain mundur untuk yang kegiatan-kegiatan pembelajaran tiap pertemuan, maka produk akhir dan refleksi pembelajaran kita Letakkan terlebih dahulu bahwa murid akan membuat drama atau role play sikap masyarakat sebagai fungsi Pancasila pandangan hidup bangsa 

3. Sebelum menampilkan produk akhir drama atau roleplay, murid tentunya perlu secara bertahap mengidentifikasi sikap atau perilaku masyarakat Indonesia yang sesuai dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, mengaitkan Pancasila sebagai ideologi negara yang terbuka dalam perkembangan zaman, menyelidiki fungsi Pancasila sebagai dasar negara menJelaskan perbedaan dari fungsi dan kedudukan Pancasila 

4. Kita rancang gambaran utama setiap pertemuan dan sarana prasarana serta media pendukung pembelajaran untuk mata pelajaran PPKN Fase D Element Pancasila, berikut contohnya:

Pada pertemuan 1 

  • kita rumuskan pertanyaan pemantiknya. 
  • Kegiatan utama pertemuan 1 adalah curah pendapat pengamatan gambar Pancasila, mengisi lembar Belajar diskusi hasil pengamatan, aktivitas Make a Match, secara berpasangan Menjelaskan mengapa memilih pasangannya dan menyimpulkan pertanyaan pemantik 

Pada pertemuan 2

Hal yang sama kita lakukan pada pertemuan dua, karena setiap pertemuan memiliki tema yang berbeda maka kita juga rumuskan pertanyaan pemantik dan merancang kegiatan utamanya 

Ada dua pertanyaan pemantik yaitu 

  • Bagaimana keterkaitan Pancasila dengan norma? dan 
  • Mengapa pancasila yang menjadi dasar negara?

Dua pertanyaan ini menstimulasi murid masuk ke dalam aktivitas pembelajaran 

Ibu dan bapak dapat menyesuaikan pertanyaan pemantiknya sesuai dengan tema dan karakteristik mata pelajaran 

Kegiatan utama Pertemuan dua diantaranya :

  • curah pendapat tentang norma atau aturan yang ada dilingkungan diskusi 
  • sumber norma dan aturan menyelidiki aturan dan norma yang ada disekitar untuk memunculkan keterampilan bernalar kritis dan 
  • mengisi lembar belajar penyelidikan 

Nah cara seperti tersebut kita lakukan untuk semua pertemuan agar kita memiliki kegiatan utama pembelajaran satu unit materi, kebutuhan sarana prasarana, media Pendukung, serta waktu yang dibutuhkan 

Lalu kebutuhan pendukung lain apa yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran ini. Di masing-masing pertemuan kita perlu pikirkan sarana dan prasarana dan media pendukung pembelajaran misalnya 

  • Pada pertemuan 1 kita memerlukan lembar belajar sebelum sesudah dan lembar kegiatan Make a Match
  • Pada pertemuan dua lembar penyelidikan Pancasila untuk assessment dan seterusnya sampai pertemuan 6 

Setelah mengetahui kebutuhan pendukung ibu dan bapak dapat menyesuaikan waktu pertemuan termasuk mempertimbangkan penyiapan perangkat ajar nya 

Ibu dan bapak guru dimensi profil pelajar apa saja  yang dilatih pada modul ajar ini, setelah kita merumuskan kegiatan utama pembelajarannya, dimensi profil belajar Pancasila yang muncul dalam satu unit materi pembelajaran ini yaitu :

  • Berakhlak mulia 
  • Bernalar kritis dan 
  • Kreatif 

Ibu dan bapak guru dapat mengembangkan dimensi-dimensi lain Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan strategi pembelajaran yang digunakan.

Nah dari apa yang kita rancang pada modul ajar PPKn ini komponennya terdiri dari 

  1. Tujuan pembelajaran 
  2. Profil pelajar Pancasila 
  3. Model pembelajaran 
  4. Durasi waktu 
  5. Sarana dan prasarana 
  6. Kompetensi awal atau prasyarat 
  7. Pertanyaan pemantik 
  8. Pemahaman bermakna 
  9. Alur kegiatan
  10.  Lembar belajar murid 
  11.  Rencana assessment 
  12.  Refleksi siswa dan 
  13.  Refleksi guru  

Komponen ini dapat dimodifikasi dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan murid tidak kaku dan bisa sangat berbeda dari satu modul ajaran kemunculan ajaran lain inilah yang akan membantu murid memaknai belajarnya secara mendalam karena modul ajar disesuaikan dengan kebutuhannya 

Seperti bangsa dan negara yang kuat dasarnya karena didukung oleh setiap komponen bangsanya Begitu pula dengan modul ajar harus dikuatkan dengan komponen-komponen yang ada dalam Modul Ajar

Ibu dan bapak guru kita juga dapat berkolaborasi dalam membuat modul ajar halnya dengan guru yang mengajar di satu fase mata pelajaran lain atau dalam KKG 

Jangan lupa untuk terus mencari sumber belajar atau referensi tentunya yang terpenting dengan melibatkan murid 

Hasil rancangan modul ajar PPKN Fase D ini dapat ibu dan bapak guru unduh pada lampiran yang disertakan dengan video ini 

Selamat belajar ibu dan bapak guru hebat 

Salam dan bahagia

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca Juga tentang:

Link