P3 - Elemen Memiliki Keluwesan Berpikir dan Mencari Alternatif Solusi Permasalahan

 


P3 - Elemen Memiliki Keluwesan Berpikir dan Mencari Alternatif Solusi Permasalahan

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru 

Selamat datang di materi terakhir dalam dimensi kreatif yaitu elemen memiliki Keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan 

Sebelumnya kita telah mengulas cara menstimulasi murid agar mampu menghasilkan gagasan karya dan tindakan yang orisinal, namun adakalanya tidak semua ide tersebut dapat terlaksana akibat situasi yang tak memungkinkan 

Elemen memiliki Keluwesan berfikir akan melengkapi karakter pelajar kreatif yaitu mampu bersikap adaptif dalam memecahkan persoalan di berbagai situasi 

Bagaimana menumbuhkan elemen tersebut Melalui pembelajaran?

Mari kita simak bersama-sama kelanjutan Festival Kampung pesisir dari video elemen sebelumnya 

"Bu guru"

"Sore Daya, Bagaimana pertunjukan musik hari pertama ini?"

"Saya sedih Bu tadi pagi hanya sedikit yang menonton"

"Wow begitu ya, kira-kira Kenapa penyebabnya ya, Tapi Ibu bangga Daya sudah berani tampil dan tetap bersemangat" 

"Apa karena penonton Bosan ya Bu"

"Mmungkin saja kalau, menurut Daya penonton Bosan apa yang bisa dilakukan agar mereka tertarik coba ingat-ingat lagi penampilannya tadi" 

"Daya naik ke panggung memainkan alat musik lalu turun panggung eh ah iya iya Bu daya sama sekali tidak berinteraksi dengan penonton" 

"Nah daya bisa memperkaya penampilan berupa interaksi tersebut tapi apa yang ingin disampaikan kepada mereka" 

"Daya jadi punya ide penonton pasti ingin tahu mengapa Daya membuat alat musik dari barang bekas ya Bu, kalau begitu Sebelum tampil Daya akan berkeliling membawa poster dan menyelipkan dongeng di tengah pertunjukan"

"Menarik sekali inisiatifnya Semoga rencanamu hari ini lancar ya" 

Ibu dan bapak Guru situasi dalam ilustrasi sebelumnya terasa familiar bukan ada kalanya kita sudah membuat perencanaan lalu situasi berubah sehingga kita perlu menyesuaikan diri kita menyaksikan Daya awalnya kecewa namun kemudian mampu mengemukakan ide baru saat rencana utamanya menemui hambatan hal ini didukung oleh ibu Martha yang memberikan ruang berdiskusi serta mengapresiasi pemikiran Daya 

Apakah pembelajaran saat ini sudah memberikan kesempatan pada murid agar mengeksplorasi ide untuk solusi yang beragam 

Mari kita bayangkan aliran air yang melewati lereng perbukitan suatu ketika alirannya terhalang sebuah besar. 

"Apa yang terjadi? 

Akankah alirannya berhenti tentu tidak. Air akan mencari jalan agar dapat terus mengalir Ya seperti itulah Keluwesan berpikir murid dapat bereksperimen dengan berbagai solusi jika belum berhasil ia akan mencari alternatif lain dan mempertimbangkan risiko demi hasil yang lebih baik 

Terdapat beberapa indikator Keluwesan berpikir dalam profil pelajar Indonesia yaitu memiliki sensitifitas tinggi sehingga mampu mengidentifikasi dan mencari solusi alternatif sebuah permasalahan bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif saat menghadapi perubahan situasi memahami bahwa ada beragam perspektif dan pendapat berbeda terhadap sebuah permasalahan murid yang kurang mengembangkan elemen kelosan berpikir dapat frustasi saat hadapi perubahan situasi karena cara yang biasa ia lakukan menjadi sia-sia 

Lalu bagaimana alur perkembangan elemen Keluwesan berpikir yang diharapkan disetiap jenjang Seperti apa contoh penerapannya murid pada jenjang PAUD dapat dilatih menentukan pilihan dari beberapa alternatif yang diberikan mereka dipenuhi rasa ingin tahu sehingga wajar jika ingin mencoba segala hal dengan memberikan pilihan murid mengeksplorasi sebab-akibat dari aktivitas yang dilakukan 

Misalnya murid bebas memilih alat dan bahan saat membuat prakarya atau saat bermain bebas guru dapat memberi alternatif aktivitas untuk dilakukan bersama jika guru yang selalu menentukan apa yang akan dilakukan murid dikhawatirkan kemampuan nih kurang berkembang beberapa murid awalnya mungkin kesulitan 

Berikan pemahaman bahwa Adakalanya kondisi berbeda dari yang biasanya Ibu dan Bapak juga dapat memberikan contoh loh misalnya dengan menceritakan situasi disaat guru harus memilih alternatif dalam hal sehari-hari pada jenjang SD alur perkembangan secara bertahap dimulai dengan murid mengidentifikasi dan membandingkan gagasan kreatif untuk menghadapi berbagai permasalahan di akhir fase murid berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan yang diambil tidak berhasil berkembangnya kemampuan ini dapat dilihat dari beberapa hal sederhana yang dilakukan murid misalnya guru dapat memberi kebebasan murid dalam memilih sumber bacaan ketika mu tidak menemukan jawaban di salah satu sumber maka ia dapat menggunakan referensi dari sumber alternatif lainnya untuk mendorong Keluwesan berpikir guru dapat memberikan stimulus dengan penugasan atau proyek individu ini akan memberikan murid kesempatan untuk berlatih mencari tahu sendiri cara memecahkan persoalan tertentu 

Selain itu biasakanlah memantik diskusi atau tanya jawab di kelas dengan menggunakan pertanyaan terbuka untuk membiasakan murid terhadap perubahan juga dapat kita lakukan melalui hal-hal sederhana misalnya memindah Mida posisi duduk penataan ruang kelas yang fleksibel pengaturan kelompok yang dinamis serta rutin mengadakan pembelajaran di luar ruangan 

Pada jenjang SMP kemampuan murid meningkat sehingga ia mampu mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk membuat solusi alternatif misalnya melalui proyek kelompok di pelajaran IPA murid diajak membuat alternatif makanan untuk orang yang memiliki alergi pencernaan seperti alergi tepung atau susu murid akan berlatih mengumpulkan informasi bersama dari berbagai sumber lalu mendiskusikan dan menyusun tulisan kolaboratif tentang Solusi yang ditawarkan 

Dengan diselingi diskusi murid dapat saling memberi umpan balik dengan sesama teman atau guru sehingga menemukan alternatif saat solusinya belum berhasil murid pada jenjang SMA dapat dilatih untuk bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai perubahan situasi 

Proyek membuat alternatif makanan di jenjang SMP dapat dikembangkan sebagai contoh penerapan pembelajaran biologi dan ekonomi di jenjang SMA murid hanya membuat makanan alternatif tetapi juga menghasilkan contoh produk layak jual sekaligus memperhitungkan harga dan cara memasarkannya di kantin Atau ibu dan bapak ingin melatih murid berani menyampaikan opini dan berpikir kreatif lewat cara yang berbeda 

Bagaimana jika murid diajak menulis script dengan topik tertentu untuk kompetensi Stand Up Comedy dalam pelajaran bahasa Indonesia pasti akan menjadi pengalaman baru ya 

Nah Ibu dan Bapak Guru Pembelajaran Seperti apakah yang dapat mendorong murid untuk memiliki Keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan secara umum dalam pembelajaran tersebut sebaiknya guru yang pertama meminimalkan dikte dan memberi ruang agar murid mencoba sendiri yang kedua memberi kebebasan dalam eksplorasi ide serta yang ketiga memberi apresiasi atas usaha dan ide-ide murid ibu dan bapak tentu ingin menanamkan kebiasaan berpikir kreatif pada murid sebagai bekal penting dalam menjawab tantangan dunia bukan maka sejak dini kita perlu membangun paradigma berorientasi pada penyelesaian masalah secara kreatif dan menyadari bahwa di dalam proses pencarian solusi itulah murid dapat belajar mari berproses bersama ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia

Link video silahkan klik disini 

Baca Juga tentang: