LU 3 - 2. Kodrat Alam


LU 3 - 2. Kodrat Alam

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru hebat 

Selamat datang kembali di modul mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh kali ini kita akan meneruskan materi belajar tentang kodrat alam agar dapat memahami bahwa setiap murid adalah individu yang utuh dan unik berdasarkan tujuan dan asas pendidikan Ki Hajar Dewantara 

Kodrat alam merupakan bagian dari dasar pendidikan murid yang berkaitan dengan sifat dan bentuk lingkungan tempat murid berada 

Salah satu instrumen untuk pengembangannya adalah melalui pendidikan atau tuntunan 

Kita sebagai pendidik dapat merencanakan pengembangan kemampuan berpikir murid agar akal budi murni terus berkembang sesuai kodrat alam nya 

Melihat murid sebagai individu yang utuh, bagian dari masyarakat serta lingkungannya, menjadi keharusan bagi tumbuh dan hidupnya murid 

Kita tidak dapat memandang murid sebagai bagian yang terpisah dari lingkungannya 

Proses tumbuh dan hidupnya murid sangatlah beragam. Potensi Setiap anak berkembang dari tahapan yang sederhana menuju tahapan yang lebih kompleks 

Kodrat yang dimiliki setiap murid tidak sama setiap anak memiliki kekuatan kodratnya, bahkan anak kembar identik pun memiliki kodrat masing-masing 

Oleh karenanya murid sebagai individu yang unik yang berbeda Satu dari yang lain harus mendapatkan tuntunan yang tepat sesuai dengan keunikannya, sehingga murid dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan 

Seorang anak yang dilahirkan dengan kodrat alam perkotaan maka ia menjadi bagian dari alam masyarakat dan lingkungan perkotaan 

Oleh karena itu pendidik sebaiknya dapat menuntun murid untuk menemukan konteks pembelajaran yang relevan terhadap dirinya dan lingkungan tempat mereka berada

Misalnya murid yang hidup didaerah pesisir, mendapat wawasan mengenai bahaya yang mengancam ekosistem laut dan melakukan penelitian bersama untuk menemukan berbagai cara merawat dan menjaga lautnya seperti menanam mangrove 

Murid bisa mendapat pengetahuan akan bahaya sampah plastik jika dibuang ke laut dan mengenal jenis-jenis hewan dan tumbuhan yang ada di laut 

Kita pendidik sebaiknya membantu mendekatkan murid dengan konteks kehidupannya, bukan sebaliknya menjauhkan mereka dari konteks ke kehidupannya

Begitu pula dengan potensi atau kekuatan yang ada pada murid ada murid yang memiliki kekuatan atau potensi pada bidang seni ada juga murid yang memiliki potensi bahasa maka kita sebagai pendidik perlu memiliki kepekaan dan kemampuan untuk mengidentifikasi keunikan yang ada pada setiap murid agar segala kodrat dan keunikannya mendapatkan tuntunan yang tepat dan dapat membantu mereka mencapai selamat dan bahagia 

Sebagai pendidik kita dapat menggunakan metode strategi dan teknik pembelajaran sesuai keunikan potensi masing-masing murid untuk membantu mereka mengembangkan kekuatan kodratnya 

Dengan demikian murid akan merasa leluasa untuk mengeksplorasi potensinya dan menemukan pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna 

Contohnya yang memiliki potensi seni, diberi kesempatan atau ruang untuk menyelenggarakan pertunjukan seni dengan tema yang dikaitkan dengan peminatan murid atau disesuaikan dengan pembelajaran tertentu 

Dapat dibayangkan murid akan merasa senang, mereka akan aktif mencari informasi dan menyajikan pemahamannya dalam bentuk pertunjukan seni yang mereka sukai 

Ki Hajar Dewantara mengingatkan kita bahwa dalam melakukan pembaruan yang terpadu hendaknya selalu diingat bahwa segala kepentingan anak-anak didik, baik mengenai hidup diri pribadinya maupun hidup kemasyarakatannya, jangan sampai meninggalkan segala kepentingan yang berhubungan dengan kodrat keadaan baik kodrat alam maupun kodrat zaman 

Ibu dan bapak guru, 

Mari kita resapi bersama ,

  • Apakah kita sudah melihat murid sebagai individu yang utuh bagian dari alam semesta?
  •  Apakah kita sudah peka dan mampu menemukan keunikan dari setiap murid kita?
  • Apakah kita sudah memberikan tuntunan yang sesuai dengan keunikan murid kita?

dan yang paling penting 

Apakah pembelajaran yang kita rancang sesuai dengan kehendak murid dan mendekatkan murid dengan konteks kehidupan dan segala potensinya? 

Selamat belajar ibu dan bapak guru hebat 

Salam dan bahagia

Link Video silahkan klik disini

Baca Juga tentang: