Setelah mempelajari tentang prinsip rumuskan tujuan pembelajaran sekarang Mari kita coba mempraktekkannya pada salah satu mata pelajaran
Pada video ini kita akan praktik merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif 2 pada mata pelajaran IPS di fase B yaitu mengidentifikasikan kata kunci pada CP yang berkaitan dengan kompetensi dan lingkup materi
Ibu dan bapak guru yang mengajar mata pelajaran lain tetap bisa mengikuti karena prinsip dan proses berpikir yang digunakan tetap sama
Sebelum memulai siapkan kembali dokumen capaian pembelajaran masing-masing serta buku catatan atau laptop untuk praktik
Mari kita praktekkan pada elemen pertama yaitu elemen pemahaman IPAS
Pada kalimat ini kompetensi yang diminta adalah menganalisis hubungan. Lingkup materinya adalah fungsi panca indra.
Pada kalimat selanjutnya peserta didik diminta membuat alat simulasi. Lingkup materinya adalah siklus makhluk hidup dan dilanjutkan untuk semua kalimat dalam semua elemen
Langkah kedua adalah mengelompokkan hasil identifikasi.
Kita kelompokkan kompetensi dan ruang lingkupnya. Untuk mempermudah analisis hasil identifikasi ini bisa kita tuangkan dalam tabel seperti contoh berikut
Pada contoh ini CP diuraikan per kalimat karena dalam karakteristik mata pelajaran IPS setiap kalimat CP dapat membuat ruang lingkup materi yang berbeda-beda kita juga bisa mengelompokkan hasil identifikasi dengan ruang lingkup yang sama
Misal untuk contoh berikut dapat dikelompokkan dalam ruang lingkup energi Ini hanya salah satu contoh cara untuk memudahkan analisis bukan menjadi format atau cara baku
Sedangkan untuk elemen ketrampilan proses Kompetensi ini merupakan keterampilan inkuiri yang bisa membantu pemahaman yg pas di setiap ruang lingkup materi Informasi seperti ini didapatkan saat kita mempelajari CP jadi kompetensi pada elemen ini dikembangkan saat melaksanakan elemen pemahaman dan bisa dijadikan referensi saat melakukan perencanaan pembelajaran di setiap ruang lingkup
Tahap terakhir adalah merumuskan tujuan pembelajaran
Misalnya untuk kalimat pada CP berikut dengan kompetensi dan ruang lingkup yang sudah dipetakan maka tujuan pembelajarannya adalah menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia atau panca indra
Namun Adakalanya saat merumuskan kita perlu menganalisis ruang lingkup materinya lebih dalam misal untuk capaian pembelajaran Berikut
Materinya adalah perubahan wujud zat namun sebelum peserta didik Mampu menganalisis mengenai perubahan wujud zat tentunya peserta didik harus mempelajari dulu tentang jenis wujud zat dan karakteristiknya dengan begitu untuk WTP ini bisa kita rumuskan tujuan pembelajarannya adalah 1 mengidentifikasi wujud zat yang ada disekitarnya dua menganalisis karakteristik wujud zat Berdasarkan hasil pengamatan tiga menceritakan konsep perubahan wujud zat berdasarkan hasil percobaan
Nah Ibu Bapak tadi adalah tutorial cara untuk merumuskan tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua mudahkan
Langkahnya hanya ada tiga yaitu
1 Mengidentifikasi kata kunci pada cp
2 Mengelompokkan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya
3 Dan terakhir merumuskan tujuan pembelajarannya
Untuk memahami berbagai cara dalam merumuskan tujuan pembelajaran ibu dan bapak dapat melihat referensi yang terdapat dalam panduan pembelajaran dan asesmen
Jangan lupa untuk memperhatikan juga kedalaman ruang lingkup materi dan kompetensi prasyarat saat merumuskan tujuan pembelajaran
Selamat mencoba
Link Video Silahkan Klik Disini
Baca juga tentang: