Contoh 1 Merumuskan Tujuan Pembelajaran


Contoh 1 Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari tentang prinsip rumuskan tujuan pembelajaran sekarang Mari kita coba mempraktekkannya pada salah satu mata pelajaran 

Pada video ini kita akan praktik merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif 2 pada mata pelajaran IPS di fase B yaitu mengidentifikasikan kata kunci pada CP yang berkaitan dengan kompetensi dan lingkup materi 

Ibu dan bapak guru yang mengajar mata pelajaran lain tetap bisa mengikuti karena prinsip dan proses berpikir yang digunakan tetap sama 

Sebelum memulai siapkan kembali dokumen capaian pembelajaran masing-masing serta buku catatan atau laptop untuk praktik 


Pada alternatif 2 tujuan pembelajaran dirumuskan dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi pada CP

Jadi yang pertama dilakukan adalah mengidentifikasi kata kunci pada CP yang berkaitan dengan kompetensi dan lingkup materi 

Mari kita praktekkan pada elemen pertama yaitu elemen pemahaman IPAS  


Pada kalimat ini kompetensi yang diminta adalah menganalisis hubunganLingkup materinya adalah fungsi panca indra.

Pada kalimat selanjutnya peserta didik diminta membuat alat simulasi. Lingkup materinya adalah siklus makhluk hidup dan dilanjutkan untuk semua kalimat dalam semua elemen 

Langkah kedua adalah mengelompokkan hasil identifikasi.

Kita kelompokkan kompetensi dan ruang lingkupnya. Untuk mempermudah analisis hasil identifikasi ini bisa kita tuangkan dalam tabel seperti contoh berikut 

 


Pada contoh ini CP diuraikan per kalimat karena dalam karakteristik mata pelajaran IPS setiap kalimat CP dapat membuat ruang lingkup materi yang berbeda-beda kita juga bisa mengelompokkan hasil identifikasi dengan ruang lingkup yang sama 

Misal untuk contoh berikut dapat dikelompokkan dalam ruang lingkup energi Ini hanya salah satu contoh cara untuk memudahkan analisis bukan menjadi format atau cara baku 

Sedangkan untuk elemen ketrampilan proses Kompetensi ini merupakan keterampilan inkuiri yang bisa membantu pemahaman yg pas di setiap ruang lingkup materi Informasi seperti ini didapatkan saat kita mempelajari CP jadi kompetensi pada elemen ini dikembangkan saat melaksanakan elemen pemahaman dan bisa dijadikan referensi saat melakukan perencanaan pembelajaran di setiap ruang lingkup 

Tahap terakhir adalah merumuskan tujuan pembelajaran 

Misalnya untuk kalimat pada CP berikut dengan kompetensi dan ruang lingkup yang sudah dipetakan maka tujuan pembelajarannya adalah menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia atau panca indra 

Namun Adakalanya saat merumuskan kita perlu menganalisis ruang lingkup materinya lebih dalam misal untuk capaian pembelajaran Berikut 

Materinya adalah perubahan wujud zat namun sebelum peserta didik Mampu menganalisis mengenai perubahan wujud zat tentunya peserta didik harus mempelajari dulu tentang jenis wujud zat dan karakteristiknya dengan begitu untuk WTP ini bisa kita rumuskan tujuan pembelajarannya adalah 1 mengidentifikasi wujud zat yang ada disekitarnya dua menganalisis karakteristik wujud zat Berdasarkan hasil pengamatan tiga menceritakan konsep perubahan wujud zat berdasarkan hasil percobaan 

Nah Ibu Bapak tadi adalah tutorial cara untuk merumuskan tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua mudahkan 

Langkahnya hanya ada tiga yaitu

1 Mengidentifikasi kata kunci pada cp

2 Mengelompokkan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya 

3 Dan terakhir merumuskan tujuan pembelajarannya 

Untuk memahami berbagai cara dalam merumuskan tujuan pembelajaran ibu dan bapak dapat melihat referensi yang terdapat dalam panduan pembelajaran dan asesmen  

Jangan lupa untuk memperhatikan juga kedalaman ruang lingkup materi dan kompetensi prasyarat saat merumuskan tujuan pembelajaran 

Selamat mencoba

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca juga tentang:

Link