Visi dan misi satuan pendidikan

 

 Visi dan misi satuan pendidikan

Salam bahagia ibu dan bapak guru 

Selamat datang di modul kurikulum Operasional Sekolah 

Pada materi pertama ini kita akan belajar tentang cara merumuskan visi misi sekolah dalam pembelajaran dengan paradigma baru 

Pemerintah pusat menetapkan kerangka dasar kurikulum untuk dijadikan acuan 

Berdasarkan kerangka tersebut sekolah mempunyai kewenangan untuk merumuskan kurikulum operasional di tingkat satuan pendidikan yang diawali dengan merumuskan visi dan misi 

Dalam mempelajari materi ini ibu dan bapak perlu menggunakan dokumen panduan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan dan dokumen visi misi sekolah yang ibu dan bapak miliki untuk referensi

Ibu dan bapak Sebenarnya apa yang di maksud visi dan misi 

Visi adalah cita-cita bersama untuk jangka waktu tertentu yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga sekolah 

Sedangkan misi adalah cara-cara yang dilakukan oleh sekolah dalam upaya mencapai visi tersebut 

Misalnya jika kita akan berpergian maka visi adalah tujuan yang ingin kita capai dalam rentang waktu tertentu sementara misi adalah cara untuk mencapai tujuan tersebut. 

Kurikulum operasional bersifat fleksibel dan dinamis artinya satuan pendidikan dapat menggemakan sesuai karakteristik dan kebutuhan selama selaras dengan kerangka dasar yang ditetapkan oleh pemerintah 

Visi dan misi yang merupakan salah satu komponen utama dalam kurikulum operasional di satuan pendidikan menjadi acuan dalam seluruh kegiatan pembelajaran pada praktiknya semua warga sekolah wajib berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai visi dan misi dalam kegiatan sehari-hari

Untuk itu penyusunan visi misi ini menjadi kunci dan harus melalui tahap analisis karakteristik satuan pendidikan serta memerlukan refleksi berkala sekitar empat lima tahun sekali untuk memastikan bahwa visi dan misi masih relevan 

Sebelum mengembangkan kurikulum operasionalnya satuan pendidikan melakukan analisis karakteristik yang menggambarkan keunikan lembaga dan lingkungan belajar 

Satuan pendidikan perlu menampung aspirasi warga sekolah karena visi dan misi menjadi arah yang dituju oleh seluruh warga satuan pendidikan 

Untuk melakukan analisis lingkungan belajar Kita perlu memperhatikan:

  • Perlibatan perwakilan warga satuan pendidikan 
  • Penggunaan data-data yang diperoleh dari situasi nyata satuan pendidikan 
  • Pengalokasian waktu yang cukup 
  • Pemilahan informasi yang relevan 

Setelah mendapatkan gambaran kebutuhan warga satuan pendidikan dan sarana prasarana, satuan pendidikan dapat mulai menyusun visi misinya ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu 

Visi: 

  • Visi berupa gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh satuan pendidikan
  • Rumuskan visi yang bersifat realistis, kredibel, dan atraktif
  • Visi sebaiknya mudah dipahami, relatif singkat, ideal, berfokus

Dan untuk merumuskan misi Mari kita lihat penjelasan berikut ini:

Misi:

  • Pernyataan misi menunjukan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan
  • Rumusan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukan tindakan, bukan kalimat yang menunjukan keadaan, sebagaimana pada rumusan visi
  • Antara indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan secara jelas. Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi.
  • Misi menggambarkan upaya bersamayang berorientasi kepada peserta didik.

Saat melakukan analisis lingkungan belajar pastikan visi misi dan tujuan tidak bertentangan dengan kerangka kurikulum yang ditetapkan oleh pusat yakni :

  • Tujuan pendidikan nasional 
  • Profil Pelajar Pancasila 
  • Struktur kurikulum 
  • Prinsip pembelajaran dan Asesmen serta 
  • Capaian pembelajaran 

Ibu dan bapak Sebenarnya ada banyak cara untuk merumuskan visi dan misi kami akan memberikan salah satu contoh 

Ibu dan bapak bisa mengeksplorasi cara lain selama prinsip-prinsip penyusunan visi dan misinya dilakukan satuan pendidikan perlu melibatkan seluruh warga sekolah 

Satu ajukan kan wawancara atau survei untuk mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya 

Berikanlah pertanyaan untuk murid sesuai dengan tahapan perkembangan belajarnya lihat beberapa contoh pertanyaan dalam tabel ini:

Peserta Didik: 

  • Apa kebutuhan yang ingin dipenuhi di satuan pendidikan?
  • Satuan pendidikan seperti apa yang kamu inginkan?
  • Hal apa yang paling ingin didapat disatuan pendidikan?
  • Apa yang paling penting bagi kamu di satuan pendidikan?
Staf / Guru:
  • Mengapa memilih profesi sebagai guru / bekerja di satuan pendidikan? Apa yang ingin dicapai?
  • Apa harapan bagi pelajar yang ada disatuan pendidikan ini? Jika mereka keluar atau sudah lulus ingin mereka jadi individu seperti apa?
  • Apa nilai-nilai yang anda percaya? Bagaimana menanamkan itu pada pelajar? Apa perubahan diri yang diharapkan terjadi?
Orang Tua:
  • Mengapa memilih satuan pendidikan in?
  • Apa harapannya terhadap satuan pendidikan?
  • Pribadi peserta didik seperti apa yang diharapkan?
  • Apakah hal paling penting yang perlu dipelajari di satuan pendidikan

Dua, analisis jawaban wawancara dan cari keterkaitan satu dengan yang lain kumpulkan persamaan.dan rumuskanlah dalam satu kalimat Visi. Bagaimana dengan misi saat visi sudah dirumuskan maka kita bisa mulai untuk merumuskan misi 

1 Temukan indikator-indikator dalam kalimat visi 

2 Minta siapa kelompok perwakilan untuk membuat kalimat aksi sebanyak-banyaknya dari indikator visi 

3 Kumpulkan dan analisa semua kalimat aksi yang telah dibuat empat rumuskanlah kalimat-kalimat aksi tersebut ke dalam kalimat sederhana namun dengan cakupan yang lebih luas 

Berikut adalah dua contoh visi dan misi dengan konteks yang berbeda 



Ibu dan bapak guru ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu proses fasilitasi dalam perumusan visi dan misi 

Mari kita lihat tips berikut ini 

Tips Menyusun Visi:

  • Sesuaikan pertanyaan untuk peserta didik dengan tahapan perkembangan atau belajarnya
  • Tenaga kependidikan terkadang tidak melihat dirinya sebagai pendidik. Berikan pengantar bahwa bekerja disatuan pendidikan adalah pendidik, apapun perannya.
  • Untuk wakil orang tua, perlu cermat memilih perwakilan agar representatif (orang tua baru dan lama, orang tua kritis terhadap tujuan pendidikan untuk peserta didik dan paham alasan memilih satuan pendidikan tersebut)
Tips Menyusun Misi:

  • Untuk membuat kalimat aksi yang jelas, gunakan kata kerja operasional yang bersifat umum, yang bisa diterjemahkan menjadi pernyataan spesifik. 
  • Contoh: Menjadi satuan pendidikan yang menginspirasi perubahan.
  • Contoh: Menginisiasi aksi-aksi nyata dalam rangka mendidik masyarakat mengenai cara hidup ramah lingkungan

Ibu Bapak sekian materi tentang visi dan misi sekolah visi dan misi dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun rencana pembelajaran sehingga kontekstual dan bermakna 

Sebagai penutup, Mari kita refleksikan bersama beberapa hal menyangkut visi dan misi ini

Visi:

  • Apakah visi menggambarkan harapan seluruh warga satuan pendidikan?
  •  Apakah visi menyatakan tujuan besar yang ingin dicapai satuan pendidikan?
  • Apakah visi sudah berpusat pada peserta didik?
Misi:

  • Apakah misi jelas menyatakan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai visi?
  • Apakah semua satuan pendidikan mengalami hal-hal yang menjadi prioritas untuk mencapai visi?

Selamat belajar ya ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca juga tentang:

Link