Contoh 1 Menyusun ATP IPAS fixed


Contoh 1 Menyusun ATP IPAS fixed

Setelah mempelajari tentang prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran sekarang Mari kita coba mempraktikkannya pada salah satu mata pelajaran 

Video ini akan menggunakan mata pelajaran IPS di fase B 

Sebagai contoh ibu dan bapak guru yang mengajar mata pelajaran lain tetap bisa mengikuti karena prinsip dan proses berpikir yang digunakan tetap sama 

Menyusun ATP dilakukan setelah kita semua telah menurunkan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran 

Saat menyusun ATP langkah pertama yang dilakukan adalah 

1. Berkolaborasi dengan guru satu fase. Pada contoh ini berarti ATP harus disusun berdasarkan hasil diskusi guru kelas 3 dan 4 SD 

2. Susun tujuan pembelajaran secara logis dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit  

Misal kita mau mengurutkan secara hirarki Adakah konsep dasar yang perlu dipelajari dulu sebelum mempelajari konsep lainnya dalam lingkup materi yg pas di fase B, 

Sebagai peserta didik harus terlebih dulu menguasai mengenai wujud zat dan energi sebelum mempelajari siklus air atau sebelum mengidentifikasi tempat tinggalnya di tingkat provinsi 

Peserta didik perlu mengidentifikasi dulu wilayah tempat tinggal dimulai dari level desa atau kelurahan kecamatan dan Kabupaten atau kota 

Ini yang disebut dengan cara pengurutan hirarki atau kita mau mengurutkan dari yang konkrit ke yang abstrak. Misal murid sebaiknya memahami dulu mengenai konsep alat tukar sebelum mengaitkannya dengan nilai mata uang 

Ibu bapak juga bisa mengurutkan secara deduktif yaitu dari lingkup materi yang umum ke specific saat berbicara tentang keragaman budaya atau kearifan lokal sebelum mengerucut ke pelestariannya 

Selain itu penyusunan ATP juga dapat mempertimbangkan tingkatan kelas, karena satu fase bisa terdiri dari 1 sampai dengan 3 tahun, kita bisa mempertimbangkan mengenai konsep yang sebaiknya diajarkan di level kelas yang lebih tinggi karena sudah masuk ke konsep yang lebih abstrak atau Kompleks 

Misal dalam contoh IPAS di fase B, pendidik berpendapat pemahaman mengenai sejarah sebaiknya diajarkan di kelas 4 karena membutuhkan tingkat literasi yang lebih baik sedangkan mengelompokkan tumbuhan dan hewan berdasarkan ciri-cirinya bisa diajarkan di kelas 3 karena lebih konkrit dan peserta didik juga bisa diajak mengamati langsung 

Dengan beberapa cara pengurutan tadi akhirnya tersusun lah ATP dengan gambaran besar sebagai berikut


Inilah yang disebut dengan alur tujuan pembelajaran sebuah rangkaian peta belajar murid dalam satu fase yang disusun agar murid mendapatkan pengalaman belajar yang berkesinambungan menuju capaian pembelajaran yang diharapkan di akhir fase 

Itulah contoh cara menyusun ATP, jika kita ulas kembali ada dua langkah yang dilakukan yaitu 

1. Berkolaborasi dengan guru satu fase 

2 dan menyusun urutan tujuan pembelajaran 

  • secara logis 
  • Ibu-bapak guru bisa memilih cara pengurutan yang sesuai dengan karakteristik mata pelajarannya 
  • bisa juga mengkombinasikan kan beberapa metode seperti yang dilakukan pada contoh ini

Oke selamat mencoba ya

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca juga tentang:

Link