Segitiga Restitusi III: Seek the beliefs/ person


Segitiga Restitusi III: Seek the beliefs/ person

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru 

Ibu dan bapak guru selamat bertemu kembali 

Kita sudah mempelajari dua sisi dari segitiga restitusi 

Di modul kali ini kita akan membahas Sisi terakhir yaitu Sisi tiga menanyakan keyakinan 

Dengan mempelajari ketiga sisi segitiga restitusi mudah-mudahan kita dapat menerapkan restitusi demi mencapai disiplin positif dan menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi murid-murid kita 

Ibu dan bapak guru Yuk kita mulai model ini dengan mengingat perilaku murid-murid, kita mari kita bersama-sama mengingat kembali pengaruh  apa yang membuat mereka melakukan sesuatu? apakah karena kepercayaan akan suatu nilai atau karena pengaruh sosok penting 

Pernahkah ibu dan bapak guru melihat murid yang sangat pintar dalam bermain musik bisa menentukan not dan kunci hanya dengan mendengar musik 

Pernahkah ibu dan bapak guru menanyakan mengapa ia sangat tertarik pada musik atau ia memiliki tokoh idola yang memiliki nilai-nilai kebajikan yang baik untuk diteladani atau Apakah ibu dan bapak guru memiliki murid yang sangat murah hati dan suka membantu temannya 

Apakah ibu dan bapak guru pernah menanyakan alasannya 

Mungkinkah ia diajari di rumah agar selalu berbagi pada sesama 

Segitiga-segitiga restitusi menyinggung mengenai gambaran internal yang ideal dan nilai-nilai yang diyakini sama

Nilai-nilai keyakinan ini dapat berupa aspirasi sosok yang dicita-citakan oleh murid-murid 

Nilai-nilai ini dapat pula berupa keyakinan yang telah disetujui sebelumnya baik oleh kelas, keluarga maupun sekelompok murid-murid misalnya dia mengidolakan sosok yang santun jujur Berani bertanggungjawab dan lain sebagainya sejalan dengan teori kontrol yang telah kita pelajari sebelumnya bahwa pada dasarnya manusia melakukan sesuatu karena termotivasi secara internal 

Sisi tiga segitiga restitusi percaya bahwa nilai-nilai keyakinan atau aspirasi sosok yang dicita-citakan ini membuat murid-murid termotivasi berperilaku tertentu 

Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami latar belakang murid nilai-nilai kepercayaan yang diyakini murid dan keluarga demi menerapkan Sisi tiga segitiga restitusi ini 

Ibu dan bapak guru Mari kita simak cerita pendek ini 

"Selamat pagi semuanya", 

"Maaf Pak saya tadi diajak Kasman eh lalu Semuanya ikut main Pak" 

Waktu sekolah dulu Bapa juga senang sekali bermain dengan teman-teman apalagi bermain air, kita ingat kembali yuk nilai apa yang kita sepakati di kelas ini yang ada kaitannya dengan belajar

Semua orang harus bisa belajar dengan fokus dan nyaman Pak 

Apakah dengan kondisi basah dan becek seperti ini semua orang akan bisa belajar dengan fokus dan nyaman?

"Tidak Pak, Maaf"

"Lalu apa yang harus kita lakukan?"

"Bersih-bersih kelas pak"

Ibu bapak guru pada cerita pendek tadi pak Rustam melakukan Sisi 3 segitiga restitusi dengan menanyakan keyakinan murid-murid pada nilai-nilai keyakinan kelas yang telah diyakini bersama



Membuat keyakinan kelas, menyepakati nilai-nilai untuk dijaga bersama memang akan memudahkan kita melakukan proses restitusi

Namun jika sebelumnya belum pernah membicarakan nilai-nilai ini bersama murid-murid sisi 3 segitiga restitusi tetap bisa kita lakukan 

Caranya adalah dengan menggali nilai-nilai yang murid percaya melalui diskusi terbuka yang tidak menghakimi maupun mengarahkan 

Ibu dan bapak guru kita simak kembali yuk cerita pendek berikut ini

"Nelwan Ada apa? Kenapa menangis?"

"Saya diejek Marima Bu, katanya saya bodoh tidak bisa membaca"

"Marima betul kamu mengejek Nelwan?"

 "Dia memang tidak bisa baca kan Bu"

 "Marina kamu Ingat tidak kemarin kamu cerita pada ibu dan teman-teman, cita-citamu ingin jadi apa?"

"Jadi polisi bu, keren"

"Kamu, mau Ingatkan Ibu lagi Kenapa kamu ingin jadi polisi" 

"Karena bisa menangkap penjahat, bisa melindungi semua orang"

"Menurutmu apakah mengejek Nelwan membuat Nelwan merasa terlindungi"

"Tidak bu dia nangis"

"Betul, lalu harus bagaimana ya supaya Nelwan merasa terlindungi?"

Pada cerita ini menggambarkan pada kita bagaimana menggunakan sisi-3 restitusi dengan menggali nilai-nilai dari aspirasi sosok yang dicita-citakan oleh merima melalui diskusi terbuka kita ingat kembali 

Ibu dan bapak guru tujuan utama penggunaan sisi-3 segitiga restitusi ini adalah menuntun murid-murid memasuki kesadaran moralnya 

Oleh karena itu menjadi krusial bagi kita untuk berbicara dengan murid menggunakan nada yang tenang bukan menyalahkan atau menentang penggunaan sisi-sisi segitiga restitusi 

Menurut Diane Gossend dapat disesuaikan dengan hubungan yang dimiliki dengan murid yang akan kita bimbing, melakukan restitusi jika kita memiliki hubungan yang erat dengan murid kita bisa langsung menggunakan Sisi tiga segitiga restitusi untuk merespon perilaku negatifnya dengan langsung menanyakan nilai apa yang ia percaya 

Sisi 1 segitiga restitusi dapat diterapkan ketika menghadapi murid yang rentan terpuruk dalam perasaan bersalah untuk membantu mereka memahami bahwa kesalahan itu normal 

Sisi 2 bisa digunakan untuk perilaku agresif dimana kita perlu memahami kebutuhan dan alasan di balik perilaku tersebut 

Ibu dan bapak guru selain mengajar dan membimbing sebagian pekerjaan kita sebagai guru adalah mendengarkan dan memahami murid-murid kita 

Menjadi guru memang pekerjaan dengan berjuta tugas karena kita bekerja bukan dengan benda melainkan dengan calon manusia-manusia hebat di masa depan yang terus berkembang dari hari ke hari 

Tetap semangat ibu dan bapak guru hebat salam 

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca juga tentang: