Menghargai Diri


Menghargai Diri

Ada masanya ketika dulu menjadi murid kita rajin mengerjakan tugas, belajar dengan tekun sampai larut malam 

Semangat membaca Karena rasa ingin tahu bahkan berkelompok membuat suatu pertunjukan atau prakarya seni

Kira-kira apa yang saat itu membuat kita begitu semangat belajar

Sekarang, Mari kita tanyakan dengan sungguh-sungguh pada diri kita masing-masing apa yang memotivasi kita menonton video Ini

Pertanyaan yang sama bisa kita ajukan untuk murid-murid kita, apa yang membuat mereka belajar di kelas? 

Jawabannya tidak jauh dari dua level yang telah kita bahas juga di video sebelumnya mungkin karena takut mendapatkan hukuman, mungkin ingin mendapat pujian atau hadiah, atau karena menghargai diri mereka sendiri dan menerapkan nilai-nilai kebajikan yang mereka percaya 

Nah sekarang kita akan bahas level yang ketiga menurut James Queen Wilson dalam bukunya "The Moral sense" 2 level motivasi sebelumnya adalah motivasi eksternal sedangkan motivasi karena menghargai diri sendiri merupakan motivasi internal


Motivasi internal adalah dorongan kuat yang muncul dari dalam diri untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Diane Gossend punya teori menarik tentang konsep diri ketika seseorang berperilaku dengan motivasi untuk menghargai dirinya

Ini akan memperkuat konsep diri tersebut ini karena respon dari luar dirinya tidak akan mempengaruhi di atas usaha yang dilakukan Justru malah menguatkan nilai-nilai yang ia yakini karena kontrol berada pada dirinya sendiri 

Ia tidak begitu mempedulikan tanggapan dari luar dirinya, tetapi fokus pada nilai apa yang ia yakini dan ingin menjadi seseorang yang seperti apa dia.

Seorang murid yang memegang teguh nilai kejujuran misalnya tidak akan mau mencontek karena tidak sesuai dengan nilai itu 

Perilaku berdasarkan keyakinan nilai yang muncul dari dalam diri cenderung akan bertahan lama atau long-term dimanapun dan dalam keadaan apapun

Sebagai pendidik penting kita sadari bahwa motivasi internal akan membawa manfaat dan membantu pengembangan potensi murid untuk memunculkan motivasi internal murid

Ibu dan bapak guru dapat menstimulasinya dengan mengajarkan pertanyaan-pertanyaan berikut ini 

  • Apa nilai yang diyakini dalam keluargamu? 
  • Nilai baik apa yang kamu percayai?
  •  Apa respon dari luar Jika kamu berperilaku berdasarkan nilai-nilai yang kamu percayai ?
  • Apakah bila kamu melakukan sesuatu karena nilai-nilai yang kamu yakini akan membuatmu merasa puas nyaman dan senang ?
  • Apa yang membuatmu melakukan hal tersebut ?
  • Kamu ingin menjadi seorang seperti apa ?
  • Apa tujuan pribadi yang ingin dicapai dari belajar atau mengerjakan sesuatu ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu murid menggali keyakinannya dan menemukan motivasi internalnya, sehingga ia akan menghargai dirinya sendiri

Ibu dan bapak guru, 

Mari Kita Renungkan bersama,  Apakah kita sudah mengidentifikasi motivasi dan perilaku murid dengan tepat?

Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk membantu murid menemukan motivasi internalnya?

Selamat belajar ibu dan bapak guru hebat 

Salam dan bahagia 

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca Juga tentang: