Tingkatkan Literasi dengan Teks Non Fiksi
Halo selamat datang pada materi meningkatkan literasi dengan teks nonfiksi. Banyak sumber belajar dalam mata pelajaran yang berupa teks nonfiksi. Oleh sebab itu kita perlu mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk dapat menguatkan kemampuan literasi peserta didik, dengan demikian mereka dapat lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajarannya.
Lalu Langkah apa yang bisa kita tempuh Mari kita simak Apa yang dilakukan Bu Ayu guru kelas 4 di SD Cemerlang
Hari ini Bu Ayu akan membahas mengenai siklus hujan sebelum bel berbunyi Bu Ayu sudah menggambar siklus hujan di papan tulis, Sehingga peserta didik yang memasuki kelas bisa langsung melihatnya melihat gambar itu spontan murid-murid Bu Ayu berkomentar
Murid 1: eh gambar Apa itu?
Murid 2: awan, Sungai, matahari,
Murid 3: siklus hujan
Murid 4: Eh...tanda-tanda panah ini maksudnya apa sih?
Ketika bel berbunyi, Bu Ayu memulai pembelajaran Setelah pendahuluan rutin Bu Ayu membuka percakapan dengan peserta didik
Bu Ayu: anak-anak apa Kalian menemukan sesuatu yang menarik di papan tulis pagi ini
Murid: ada gambar Bu
Bu Ayu: benar ada gambar selain itu juga ada tulisan kan Coba kalian baca kata apa yang tidak kalian mengerti artinya
Murid 1: siklus itu apa Bu?
Murid 2 : kalau penguapan artinya apa?
Murid 3 sungai itu maksudnya yang ada di belakang sekolah kita ya Bu?
Murid 4: pengembunan itu maksudnya apa Bu?
Bu Ayu menuliskan kata-kata baru atau yang belum dipahami di sebelah gambar, lalu mendiskusikan kata-kata tersebut menggunakan gambar siklus hujan di papan tulis.
Untuk kata siklus Bu Ayu menuliskan asal katanya juga menggambar bagan dan menjelaskan bagan tersebut menggunakan gambar yang ada di papan tulis
Sedangkan untuk kata penguapan Bu Ayu memilah kata dan memberikan contoh kalimat, kemudian peserta didik menyimpulkan artinya melalui makna tersirat
Untuk membantu peserta didik menyimpulkan Bu Ayu juga mengajak mereka kembali melihat gambar yang mendeskripsikan kata penguapan tersebut dalam infografik
Ibu bapak guru, dari ilustrasi tersebut kita bisa melihat bahwa teks nonfiksi yang digunakan Bu Ayu berbentuk infografik, namun sebelum membahas konsep yang ada dalam teks terlebih dulu Bu Ayu bersama peserta didik mendaftar dan membahas kosakata baru yang mereka temui
Selain agar peserta didik mendapatkan kosakata baru kegiatan ini juga memudahkan peserta didik menguasai konsep pembelajaran
Bu Ayu menggunakan beragam cara untuk membahas sebuah kosakata, misalnya dengan memberikan asal katanya, memberi ilustrasi, atau meletakkannya dalam kalimat
Mari kita lihat lagi prosesnya
Setelah membahas kosakata Bu Ayu mulai membahas konsep dengan menggunakan strategi membaca aktif
Strategi pertama adalah menggali pengetahuan awal sebelum mulai membaca, untuk itu Bu Ayu bertanya
- apa saja yang kamu tahu tentang hujan?
- bagaimana bisa turun hujan?
- dari mana air hujan berasal?
tentu saja akan ada jawaban keliru yang muncul, tak mengapa karena jawaban-jawaban peserta didik akan terkonfirmasi atau terkoreksi nanti dalam pembahasan konsep
Strategi kedua adalah mendorong murid untuk membuat prediksi. Setiap menjelaskan satu bagian dari infografik siklus hujan Bu Ayu akan meminta peserta didik memperkirakan Apa yang akan terjadi berikutnya. Misalnya ketika matahari bersinar terik Air di permukaan bumi akan menguap dan naik ke langit jika ada banyak uap yang naik ke udara apa yang akan terjadi?
Strategi ketiga adalah mendorong murid untuk bertanya. Untuk strategi ini Bu Ayu memperkenalkan cara bertanya menggunakan ADIKSIMBA kepada peserta didik, kemudian Bu Ayu meminta peserta didik untuk membuat satu pertanyaan tentang topik yang dibahas
Bu Ayu menyadari bahwa kegiatan bertanya bukanlah hal yang mudah bagi murid apalagi jika belum terbiasa. Dengan memberikan panduan berupa adik Simba Bu Ayu memberi kesempatan bagi peserta didik untuk mengasah keterampilan bertanya
Setelah itu Bu Ayu mengelompokkan peserta didik dalam kelompok berisi 3 orang. Mereka berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka himpunan
Bu Ayu mempersilahkan peserta didik menggunakan sumber belajar lain misalnya ensiklopedia atau sumber informasi di internet
Dengan menggunakan strategi ini peserta didik mengakses dan mengambil informasi, membandingkan, dan memahami suatu gagasan melalui diskusi kelompok
Pada akhirnya peserta didik menyimpulkan apa yang mereka pahami dari konsep yang dipelajari hari itu
Untuk strategi ini Bu Ayu meminta murid menuliskan paragraf berisi bagaimana mereka menggunakan pengetahuan tentang siklus hujan dalam kehidupan sehari-hari dan memajangnya di display kelas sambil Melakukan asesmen formatif mengenai materi pembelajaran, Bu Ayu juga mengamati perkembangan bahasa dan kemampuan peserta didik dalam mengekspresikan gagasan mereka
Nah demikian cara Bu Ayu menggunakan teks nonfiksi untuk memperkuat kemampuan literasi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Strategi yang digunakan Bu Ayu dalam pelajaran IPAS Tentu juga bisa diterapkan di mata pelajaran lainnya di jenjang yang berbeda
Mari kita mencoba