Strategi Mengakses dan Menemukan Isi Teks


Strategi Mengakses dan Menemukan Isi Teks
Kok jawabannya Masih pada salah ya Padahal sudah jelas tertulis eksplisit pada teks bacaan.

Iya sama, ulangan harian dimapel saya juga begitu kalau soal cerita, pasti peserta didik kesulitan menjawab soal padahal jawabannya ada di bacaan 

Pernahkah ibu dan bapak mengalami masalah yang sama?
Apabila diberikan bacaan peserta didik tidak dapat menjawab soal terkait bacaan padahal jawabannya sudah tertulis secara eksplisit ini menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan bantuan untuk mengakses dan menemukan informasi pada bacaan 

hal ini merupakan kemampuan dasar yang membantu mereka Untuk menafsirkan dan mengevaluasi isi bacaan tersebut nantinya 

Bapak dan ibu, menemukan informasi pada bacaan biasanya lebih sulit dilakukan pada teks bacaan dengan beberapa kalimat dibandingkan dengan menemukan informasi pada sebuah kalimat, Oleh karena itu soal cerita memang lebih menantang bagi peserta didik 

Nah ada beberapa hal yang dapat bapak dan ibu lakukan:

Pertama, ibu dan bapak mengidentifikasi kemampuan membaca peserta didik Apakah Mungkin mereka belum dapat membaca dengan fasih atau lancar Kalau iya peserta didik yang belum dapat membaca dengan fasih perlu mendapat bimbingan secara intensif 

Yang kedua, ibu dan bapak perlu mengetahui jenjang pemahaman kosakata peserta didik apakah mungkin mereka adalah penutur bahasa asing sehingga kosakatanya terbatas Kalau iya peserta didik perlu mendapat bimbingan untuk memperkaya kosakata bahasa Indonesianya menggunakan bahasa ibu yang lebih aktif digunakannya 

Ketiga, biasakan peserta didik menandai kata-kata kunci pada bacaan atau mencatat kata-kata kunci tersebut pada buku catatan Apabila mereka tidak memahami Artinya mereka dapat menseleksi makna kata tersebut menggunakan pemahamannya tentang gambar atau kalimat yang mengandung kata kunci tersebut mereka dapat menggaris bawahi kata kunci tersebut atau menuliskannya di buku catatannya 

Keempat, strategi lainnya adalah melatih peserta didik untuk memetakan ADIKSIMBA, yaitu kependekan dari pertanyaan 
  • Apa 
  • Di mana 
  • Kapan 
  • Siapa 
  • Mengapa dan 
  • Bagaimana 
yang berkaitan dengan teks bacaan 

Peserta didik dapat membuat peta konsep ADIKSIMBA tersebut pada bukunya, dengan demikian peserta didik berlatih untuk mengenali apa saja informasi penting dalam bacaan 

Kelima, terakhir biasakan peserta didik untuk membaca sebanyak mungkin, berikan akses yang luas kepada mereka untuk membaca berbagai buku, sediakan buku yang sesuai di perpustakaan atau pojok baca sekolah, bekali peserta didik dengan pengetahuan tentang teknologi. Apabila mereka ingin mencari informasi dari internet bimbinglah mereka agar dapat memilih sumber yang dibutuhkan 

Nah ibu bapak guru itulah beberapa strategi untuk mengakses dan menemukan isi teks

Ini adalah langkah awal yang membantu peserta didik untuk memahami bacaan

Yuk kita dalami Kompetensi ini pada materi berikutnya ya 

Selamat belajar 

Link Video Silahkan Klik Disini