Strategi Menginterpretasi dan Memahami Isi Teks
Halo ibu dan bapak guru setelah kita mengetahui apa itu kompetensi menginterpretasi dan memahami isi teks, Sekarang mari kita lihat bagaimana ya untuk menguatkan Kompetensi ini di kelas
Ibu dan Bapak apapun mata pelajaran kita, ayo kita kuatkan kemampuan literasi dengan ragam strategi yang ada
Pada materi ini kita akan coba menggunakan strategi
- sebelum
- selama dan
- setelah membaca
Mari kita bertemu pak Franky guru Ipas di SD Bahagia. Ia ingin peserta didik benar-benar memahami materi simbiosis, Oleh karena itu ia ingin mengajarkan strategi membaca yang efektif berikut adalah hal-hal yang ia lakukan
Pagi ini Pak Franky Sudah menentukan buku yang akan digunakan pada
fase sebelum membaca peserta didik diajak untuk memperkirakan isi bacaan menggunakan apa yang telah diketahuinya dan apa yang ingin diketahuinya tentang bacaan
Yuk kita lihat langsung ke kelas Pak Franky
Pak Franky: Selamat pagi, hari ini kita akan mengenal lebih jauh terkait simbiosis. Untuk memahami tema ini Bapak ada satu komik fiksi ilmiah berjudul simbiosis, ada yang sudah pernah mendengar tentang simbiosis
Murid: "Sosis pak, ada bio nya pak, kata bapak dulu bio itu kehidupan
Pak Franky: "Betul Jon, dulu kita pernah membahas bio itu kehidupan. Kira-kira Apa hubungannya kata simbiosis dengan kehidupan ya"
Ibu dan bapak dari sini mari kita Ajukan pertanyaan untuk memancing rasa ingin tahu peserta didik terkait halaman depan buku yang diamati
Contoh-contoh pertanyaannya adalah:
"Adakah gambar pada sampul yang berkaitan dengan kata simbiosis? "
Jika Ibu dan Bapak ada pada jenjang SMP atau SMA beberapa pertanyaan tambahan yang bisa diajukan adalah :
1. Kira-kira, apa ya simbiosis itu?
2. Mana Pada gambar ini yang menunjukan arti simbiosis?
3. Coba sampaikan perkiraan kalian berdasarkan pengamatan terhadap gambar disampul buku ini?
Pada fase ini Mari ajak peserta didik untuk
1. mencatat pemahaman tentang simbiosis
2. memeriksa Apakah pemahaman tersebut sama atau berbeda dengan pemahamannya sebelum membaca buku
3 mencatat kata kunci atau kosakata yang belum dimengerti
Nah sekali lagi Mari kita kembali ke kelas Pak Franky
Pak Franky: anak-anak saat kalian baca buku ini Bapak sudah membuatkan lembaran kerja kajian teks silakan kalian dapat isi saat menemukan informasi dari teks yang kalian baca ya
Dengan lembar kerja seperti ini maka akan membantu peserta didik untuk lebih memahami isi teks seperti
- tokoh
- latar waktu dan
- alur ceritanya
Meskipun contoh sebelumnya adalah di jenjang SD tapi kegiatan ini bisa dilakukan untuk SD sampai SMA atau SMK ya Ibu dan Bapak untuk membantu peserta didik memahami dan menginterpretasi isi teks Yuk kita bantu mengkoneksikan isi teks dengan dunia nyata kita bisa berikan diagram seperti ini
1. menuliskan jenis-jenis simbiosis beserta contohnya
2 menambahkan contoh-contoh lain untuk masing-masing jenis simbiosis tersebut
3 mendiskusikan dan membandingkan contoh-contoh baru tersebut dengan teman di sebelahnya
Pak Franky: "Nah bagaimana setelah berdiskusi dengan teman kalian apakah kalian lebih paham tentang simbiosis itu atau Adakah hal-hal yang kalian tidak sependapat"
Sinta: "saya Pak, menurut saya sirih yang hidup di pohon mangga itu parasitisme, tetapi kata Doni itu komensalisme yang mana yang benar ya Pak?"
Pak Franky: "Mengapa menurutmu itu komensalisme Doni?"
Doni: "Kan pohon sirih tidak mengambil makanan dari pohon mangga pak"
Pak Franky: Dari mana kamu tahu Sirih tidak mengambil makanan dari pohon mangga?"
Doni: "kan pohon mangganya tidak mati Pak"
Pak Franky: "Nah itu petunjuk yang penting ya, salah satu tanda kita tahu simbiosis itu menguntungkan, Netral atau merugikan makhluk hidup adalah melihat dampaknya terhadap makhluk hidup lain, sudah jelas Sinta"
Ibu dan bapak Pak Franky dapat menggali lebih dalam melalui Scaffolding yang membantu peserta didik menginterpretasi dan memahami bacaan. Seperti apa caranya Yuk kita lihat
Pak Franky: "nah Bisakah kalian beri contoh lagi tentang hubungan Pertemanan Yang mutualisme komensalisme dan parasitisme dalam kehidupan sehari-hari?"
Doni: "Budi nih pak minta ditraktir terus"
Budi: "Doni juga suka minta contekan, pak"
Doni: "Yang mutualisme kalau lagi belajar kelompok Pak semuanya saling belajar.
Pak Franky: "kalau yang komensalisme Bagaimana?
Sinta: "Saya nebeng Anna ke sekolah, pak, tidak ada yang dirugikan!"
Seru sekali ya ternyata dengan menggali pengalaman peserta didik dapat memahami materi lebih dalam lagi
Ibu dan Bapak contoh yang ada dalam materi ini dapat dilakukan di semua materi pelajaran ya bagaimana sudah siap mempraktikkan?
Selamat bereksplorasi ya