Penyesuaian Pembelajaran - Strategi Literasi di SMP dan SMA


Penyesuaian Pembelajaran - Strategi Literasi di SMP dan SMA

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru 

Selamat datang kembali di modul pembuatan literasi

Kali ini kita akan membahas Bagaimana penguatan literasi di SMP dan SMA

  • Kenapa penguatan literasi penting?
  • Apakah literasi itu hanya berkaitan dengan pelajaran bahasa?

Sebelum sama-sama mencari jawaban dari dua pertanyaan kunci tadi, Mari kita lihat permasalahan yang dihadapi dua guru sekolah menengah ini

"Duh kenapa ya tiap tahun pasti berulang murid-murid saat belajar satu topik terus kita tes nilainya bagus-bagus hafal Betul gitu Kayaknya sama isi pembahasan, eh giliran sudah lewat topik pembahasannya langsung deh lupa ingatan. Kalau di mapel Bapak begitu juga tidak?

"Persis, kalau jawab pertanyaan yang jawabannya ada di buku pasti jago-jago tapi kalau di memberikan sudut pandang pribadinya untuk menyelesaikan soal-soal terkait konsep pasti langsung bingung Padahal semua bacaan sudah disediakan Kenapa susah sekali pahamnya ya" 

Dalam semua mata pelajaran kita memfasilitasi murid untuk mengeksplorasi beragam teks yang terkait dengan topik agar mereka mendapatkan ilmu yang bermakna serta dapat mengekspresikan pemahamannya dalam berbagai cara 

Berbagai kegiatan untuk mengeksplorasi teks bacaan untuk mendalami materi pembelajaran seperti membaca, mendengar, membaca, berbicara mempresentasikan, dan menulis.

Hal ini digunakan murid saat menjalani proses pembelajaran misalnya saat berdiskusi menjelaskan atau mempresentasikan tentang hasil pemahamannya atau menuangkan pemikirannya melalui berbagai media. 

Murid tidak saja diharapkan dapat menguasai materi dan meningkatkan keterampilannya, mereka juga diharapkan dapat berpikir kritis dan kreatif melalui materi ajar apa yang telah kita lakukan untuk membantu mereka meningkatkan kecakapan berpikirnya 

Apakah kita telah mengajak murid untuk mengeksplorasi teks bacaan dengan cara yang sama pada mapel non bahasa? Kita pun mengakui bahwa keterbatasan fasilitas dan sumber belajar menjadi tantangan bagi guru-guru di daerah yang terpencil 

Namun dengan tantangan tersebut kita masih dapat melakukan sesuatu untuk meningkatkan kecakapan generasi murid jika menghadapi kondisi itu 

Ibu dan Bapak tidak perlu khawatir kita tetap bisa meningkatkan keterampilan literasi murid dengan berbagai strategi yang akan kita bahas kali ini.

Sebelum itu Mari kita bahas sedikit tentang area penerapan strategi strategi tersebut terdapat tiga area penerapan strategi penguatan literasi 

  • lingkungan fisik  kaya teks, 
  • program literasi dan 
  • pembelajaran dan fase penataan lingkungan pendukung 

Penguatan literasi di Sekolah Menengah dapat ibu-bapak pelajari materi mengakali hubungan fisik kaya teks di SMP atau SMA 

Sedangkan untuk program ramah literasi dan proses pembelajaran akan kita bahas satu persatu 

Program ramah literasi adalah program yang menumbuhkan kecintaan murid terhadap kegiatan membaca dan menulis 

Beberapa contoh program ramah literasi yang dapat diterapkan di sekolah adalah 

perpustakaan keliling yaitu program untuk mendekatkan buku kepada murid yang dilakukan dalam periode tertentu caranya dengan menaruh dan membawa beberapa buku bacaan ringan ke tempat para murid-murid banyak menghabiskan waktu santai lalu menawarkan peminjaman buku kepada mereka atau berkeliling membawa beberapa pilihan bacaan ke daerah tempat tinggal para murid 

Cobalah untuk berkolaborasi dengan layanan perpustakaan yang diselenggarakan pemerintah daerah klub buku wadah untuk berdiskusi tentang isi buku bisa diikuti oleh yang pernah membaca maupun yang belum 

Pilihlah tema-tema yang menarik minat murid majalah dinding media ini dapat memfasilitasi murid dalam mengasah keterampilan mengekspresikan ide dan pemahaman dalam ragam karya mulai dari menulis liputan tentang atas sekolah hobi trend atau apapun yang dianggap menarik mengundang pembicara tamu akan mengunjungi narasumber sekolah bisa mengundang 

  • blogger, 
  • penulis buku, 
  • blogger Creator 
  • konten pembuat film 
  • atau masih banyak pilihan lainnya 

untuk membahas karya-karya mereka bersama murid-murid tidak hanya mendatangkan kamu sekolah juga dapat mengajak murid mengunjungi tempat-tempat atau narasumber menarik 

Murid kemudian diminta untuk membuat laporan melalui berbagai bentuk karya tentang kunjungan tersebut misalnya dengan mengunjungi produsen batu bata dan mewawancarainya yang paling penting dari program ramah literasi semua dirancang dengan menitikberatkan pada proses menyenangkan bagi murid.

Ibu dan bapak bisa menyelipkan unsur-unsur ketertarikan lain misalnya jenis 

  • Musik Hiphop, 
  • Film, 
  • Make up, 
  • Fashion, 
  • Traveling 
ke dalam pilihan Aktivitas ini 

Mari kita beralih pada area pembelajaran dalam kelas 

Dalam proses pembelajaran tantangan terbesar penguatan literasi di SMP atau SMA adalah dipisahkannya keterampilan tersebut dari mata pelajaran selain bahasa padahal itu adalah modal utama murid dalam mendapatkan pemahaman lebih mendalam

Lalu bagaimana agar kita dapat memasukkan keterampilan literasi dalam setiap mata pelajaran ada banyak strategi pembelajaran yang dapat menguatkan keterampilan literasi murid beberapa diantaranya adalah 21 jurnal interaktif sate gini memfasilitasi anak bekerja dalam kelompok dan mengkolaborasikan pemahaman masing-masing terhadap sebuah teks 

Mari kita simak contoh pelaksanaannya 

"Semua sudah baca artikel tentang Suku Tengger kan, mari kita mulai diskusi tentang isi bacaannya ya. Hari ini kita akan menggunakan jurnal interaktif sebagai alat bantu memperdalam pemahaman, Nanti kalian akan bekerjasama dalam kelompok berisi tiga orang ya. Sekarang silahkan tentukan siapa saja teman satu timmu. Silahkan perwakilan masing-masing tim untuk ambil jurnal interaktif di meja Bapak perwakilan yang mengmbil kertas akan jadi orang pertama yang menulis dalam jurnal Hans boleh kamu sampaikan pemahamanmu tentang artikel Suku Tengger yang sudah dibaca tadi."

"Menurut saya sebut Tengger adalah kelompok masyarakat tradisional Pak masih tradisi dan kayak Ini sederhana"

"Silakan Tulis nama dan pemahamanmu di kotak pertama ya"


"Berikutnya yang duduk di sebelah kanan Hans, Menik, boleh Tolong tambahkan pemahamanmu yang belum disebutkan oleh Hans tentang artikel tadi tolong tulis di kolom kedua ya"

"Masyarakat Tengger percaya bahwa tempat tinggal mereka adalah tempat suci"

"Berikutnya Woro, apa yang kamu pahami tapi belum disebut hans dan Menik"

"Banyak upacara adat yang dilakukan karena kepercayaan animisme dan dinamisme masih kental di Suku Tengger"

"Kolom terakhir akan diisi oleh penulis pertama, Hans coba kamu rangkum kembali semua pemahaman yang tertulis di jurnal interaktif grupmu ya."

Selain jurnal interaktif beberapa strategi lain penguatan literasi untuk pembelajaran dalam kelas adalah rumus kesimpulan 

Strategi ini melatih anak untuk memilah beberapa kata atau kalimat kunci dari teks dan kemudian membuat kesimpulan dari hal tersebut 

Ketiga,  kata kunci murid mengumpulkan kata-kata kunci dalam sebuah teks lalu membuat rangkuman tentang pemakaman mereka dengan menggunakan kata-kata tersebut. Strategi ini dapat digunakan dalam tugas individu maupun kelompok. Banyak hal dapat kita lakukan untuk membantu murid memperdalam pemahaman dan daya kritis mereka terhadap teks bacaan teks tidak hanya berupa teks catat dalam buku teks visual berupa gambar poster infografis teks audio visual berupa video dan film pendek juga dapat dianalisis oleh murid 

Bagaimana ibu bapak, pasti sudah banyak ide-ide strategi lain yang muncul dikepala ibu dan bapak untuk diaplikasikan di kelas masing-masing, tapi masih ada satu pembahasan area yang belum kita kupas dengan lengkap yaitu lingkungan fisik yang mendukung penguatan literasi untuk lebih lengkapnya Yuk kita belajar bersama materi menata lingkungan fisik kaya teks 

Sampai jumpa lagi 

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru 

Link video Silahkan Klik Disini