Salam dan bahagia ibu dan bapak guru, Selamat datang kembali di topik Project penguatan profil pelajar Pancasila.
Dari tujuh tema umum yang dapat dipilih sebagai tema Project terdapat tema suara demokrasi yang dapat dipelajari murid dari jenjang SMP, SMA, dan SMK
Baiklah mari kita mulai yuk Apa sih yang dibahas dalam materi ini?
Demokrasi......suara demokrasi.....nampaknya menarik untuk kita bahas terkait
Mengapa tema ini dipelajari?
Bagaimana pembelajaran di tema ini mampu menguatkan profil pelajar Pancasila?
Dan tentu saja pada pembahasan Apa yang diharapkan dan isu apa saja yang dapat dipelajari dari pembelajaran Project tema suara demokrasi
Kita mulai dengan pengertian demokrasi. Kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata demos yang artinya rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan. Dirangkum dari berbagai sumber demokrasi merujuk kepada konsep kehidupan bernegara di mana warga negaranya turut berpartisipasi dalam pemerintahan.
Jika mendengar demokrasi kita akan teringat ya hal-hal terkait kebebasan berpendapat atau berbicara.
Lalu, Mengapa tema ini dipelajari sebagai pelajar Pancasila sesuai dengan perkembangan usianya dimana murid SMP, dan SMA, atau SMK sudah bisa menganalisis masalah yang lebih kompleks berargumen lebih aktif dengan data dan mulai mengenal organisasi. Maka tema suara demokrasi akan membantu murid untuk lebih mengenal dan terhubung dengan sistem demokrasi dan pemerintahan Indonesia
Melalui pembelajaran Project murid dapat mengalami langsung sistem demokrasi dalam lingkungan terdekatnya yaitu suatu negara kecil yang disebut sekolah.
Dalam pembelajaran Project pula murid dapat belajar bukan hanya terbatas pada Bagaimana cara berpendapat, tetapi murid juga akan belajar dan mungkin juga terlibat dalam sistem pemerintahan sekolah seperti OSIS, kegiatan ekstra kurikuler, dan kegiatan lainnya.
Lantas Bagaimana pembelajaran di tema ini mampu menguatkan profil pelajar Pancasila?
Dalam pengembangan projek tema suara demokrasi, murid akan belajar untuk berpikir kritis, untuk mempunyai pikiran terbuka akan keragaman, sehingga ia dapat berlatih untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan, mempunyai pikiran terbuka dapat berargumen secara objektif terarah dan sistematis terutama saat mereka berpendapat.
Nilai-nilai inilah yang sejalan dengan dimensi-dimensi dalam profil pelajar Pancasila. Project dengan tema suara demokrasi menumbuhkan dan mengembangkan Kemampuan kemampuan murid untuk dapat berpartisipasi secara sehat dan cerdas dalam proses demokrasi
Tema ini dapat diterapkan pada jenjang SMP dan SMA atau SMK dengan membawa topik yang menarik Mari kita lihat contohnya, eh namun sebelum itu berikut adalah penjelasan singkat pentingnya tema suara demokrasi dalam kegiatan project
1. Murid dapat merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam bisnis yang berbeda termasuk dalam organisasi satuan pendidikan dan dalam dunia kerja
2. Murid Menggunakan kemampuan berpikir sistem peserta didik Menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap konsumen demokrasi Pancasila.
Isu apa saja yang dapat dipelajari dari pembelajaran Project tema suara demokrasi Mari kita telusuri
Banyak isu beragam yang dapat kita angkat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sumberdaya dan lingkungan murid kita Bapak Ibu
Contohnya adalah untuk jenjang sekolah menengah pertama pada fase D, ibu-bapak guru dapat mengajak murid melakukan refleksi tentang makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi, maka dalam konteks kelas, Ibu dan Bapak dapat memilih isu tentang pemilihan pemimpin di kelas dengan topik musyawarah mufakat versus pemungutan suara. Isu ini akan menarik dibahas dan diimplementasikan untuk merangsang murid dalam mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber tentang persamaan dan perbedaan antara musyawarah mufakat dengan pemungutan suara dalam kerangka demokrasi
Di dalamnya juga murid akan belajar Bagaimana menjadi kandidat yang suportif dan belajar menjadi pemilih yang cerdas
Produk Pembelajaran dapat berupa infografis tentang tata cara pemilihan ketua kelas, wakil, bendahara dan pengurus kelas lainnya atau murid dapat melakukan aktivitas bermain peran dalam menentukan kesepakatan kelas.
Pada aktivitas ini akan ada murid yang berperan sebagai pemimpin rapat atau musyawarah dan ada pula yang berperan sebagai peserta. Seluruhnya didorong agar mampu menyampaikan ide atau gagasan secara santun, kritis, Mandiri, dan bertanggung jawab sekaligus juga supportive dalam menerima hasil kesepakatan kelas.
Untuk jenjang SMA dalam fase E, dengan isu dan topik yang sama maka ruang lingkupnya dapat diperluas dengan konteks pemilihan ketua kelas atau ketua OSIS dimana design pembelajarannya dapat berupa debat terbuka antar kandidat atau bermain peran sebagai masing-masing Tim Sukses dari masing-masing calon ketua kelas atau ketua OSIS dengan tetap mengusung prinsip-prinsip demokrasi Pancasila
Perhatikan bahwa pembelajaran Project ini mendorong murid untuk secara aktif dan bertanggung jawab mengeluarkan gagasannya yang beragam sehingga timbul budaya berpikir kritis dan saling menghargai keberagaman yang ada
Kembali diingatkan bahwa tema-tema Project akan selalu dapat diselaraskan dengan kebutuhan dan kondisi murid ibu dan bapak
Pengetahuan tersebut didapati dari hasil analisis dari assessment diagnostik yang dilakukan sebelum proyek dimulai
Isu tentang penentuan konsep acara perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia atau hari-hari besar lainnya Penyelesaian konflik antar siswa atau isu-isu kontekstual di sekitar sekolah dan kelas lainnya patut untuk diangkat dan dikenalkan, sehingga murid terbiasa berpikir kritis menghargai keberagaman dan terlibat dalam demokrasi yang membangun Indonesia.
Luar biasa saat ini ibu dan bapak guru sudah belajar tentang Mengapa, Bagaimana, dan apa saja yang perlu untuk diketahui dari Project tema suara demokrasi serta contoh aksi nyata yang dapat dilakukan oleh murid sehubungan dengan Project sesuai dengan jenjang usianya
Semoga ibu dan bapak guru semakin siap mengembangkan dan melaksanakan tema tersebut hingga menjadi topik Project bersama murid-murid
Selamat ber Project
Salam dan bahagia
Link Video Silahkan Klik Disini