P 5 - Pelibatan Mitra


P 5 - Pelibatan Mitra

Salam dan bahagia ibu dan bapak Guru, bagaimana kabar ibu dan bapak?

Senang sekali bisa berjumpa kembali dalam Modul pelaksanaan projek, kali ini kita akan membahas mengenai pelibatan Mitra  

Ibu dan bapak yang baik pembelajaran Project memberikan kesempatan kepada murid dan guru untuk mengaplikasikan langsung proses belajar di kehidupan nyata 

Murid dan pendidik mengamati langsung lingkungan sekitar mereka lalu berusaha mengidentifikasi hingga menyelesaikan masalah di dalamnya.

Saat belajar dengan cara tersebut murid dan pendidik mendapatkan kesempatan untuk menjalin hubungan dengan orang-orang di dalamnya 

Hal ini tentu bisa menjadi pengalaman yang bermakna bagi semua pihak apabila dikelola dengan baik 

Bagaimana pendidik dan satuan pendidikan dapat melibatkan anggota komunitas dalam pembelajaran Project? Mari kita saksikan contoh berikut

Pagi ini Ibu Murni mengajak murid-murid kelas 3 mengamati lingkungan sekitar sekolah. Kelas 3 saat ini sedang mempelajari tema gaya hidup berkelanjutan. Ibu Murni ingin anak-anak mengenali lingkungan tempat mereka belajar dan mengamati Apakah ada elemen dalam lingkungan yang menyebabkan ketidaknyamanan hidup dilingkungan tersebut.

Ibu Murni kemudian meminta setiap kelompok berdiskusi tentang Project yang akan mereka lakukan berdasarkan masalah yang mereka temukan di sekitar sekolah.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap lingkungan sekeliling sekolah, salah satu kelompok mendapati banyaknya sampah di sekitar sekolah. Sampah tersebut menumpuk di beberapa sudut dalam sebuah tong besar. Dari titik-titik pembuangan sampah tercium bau busuk, tampak lalat berterbangan dan tentu saja pemandangan yang tidak enak dilihat.

Kelompok murid tersebut memutuskan untuk membuat Project berhubungan dengan pengelolaan sampah Apakah ada cara untuk mengurangi sampah di sekolah mereka atau apakah ada cara yang lebih baik untuk membuang sampah 

Mereka pun menyampaikan rencana tersebut ke Ibu Murni yang menyambut dengan baik 

Ibu Murni bertanya-tanya Apakah proyek tersebut mungkin dilakukan dengan melibatkan pihak lain.  Mungkin ia bisa mengajak pihak-pihak yang lebih ahli dalam pengelolaan sampah. Siapa yang dapat diajak dan bagaimana cara mengajak mereka terlibat 

Ibu dan bapak yang baik kita baru saja menyaksikan Tahap awal dalam sebuah kegiatan belajar Project. Jika ibu atau bapak menjadi guru di kelompok tersebut Apa yang akan Anda lakukan Perlukah kita melibatkan anggota masyarakat dalam Project yang mereka kerjakan.

Sebagai pembelajar abad 21 seorang murid diharapkan menguasai kompetensi kompetensi kunci untuk dapat mengelola tantangan masa depan salah satunya adalah Kompetensi sosial.

Dengan melibatkan anggota masyarakat sebagai Mitra dalam pembelajaran Project para murid mendapat kesempatan untuk mengasah kompetensi tersebut.

Mereka menjadi peserta didik yang berpartisipasi aktif sebagai bagian dari masyarakat, mengasah kepedulian terhadap lingkungan dan melatih kemampuan berkomunikasi. Kehadiran anggota masyarakat juga meningkatkan motivasi murid.

Murid-murid mendapatkan kesempatan untuk menampilkan hasil belajar mereka kegiatan Project akan menjadi lebih bermakna saat Murid memiliki kesempatan untuk menunjukkan atau melihat hasil belajar mereka dinikmati oleh lingkungan sekitarnya 

Apresiasi yang diberikan tentu akan menambah kepercayaan diri dan rasa bangga terhadap karya mereka, jadi jelas jawaban untuk pertanyaan sebelumnya adalah Ya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari pelibatan Mitra dalam belajar Project Pertanyaan selanjutnya siapa yang akan kita libatkan 

Pertama tentu ada orang tua atau wali murid 

Belajar Project adalah cara yang otentik untuk meningkatkan keterlibatan orangtua di sekolah dengan melibatkan orangtua mereka akan menyadari inovasi belajar yang sedang terjadi dan dampaknya bagi anak mereka. Mereka mendapatkan wawasan dan pengalaman secara langsung sehingga dapat memberikan apresiasi maupun masukan terhadap proses tersebut 

Kedua kita dapat melibatkan orang-orang yang ahli di sebuah bidang atau memiliki keterampilan dan minat spesifik sebagai narasumber.

Guru dapat mendatangkan ahli kesatuan pendidikan atau pergi ke tempat ahli berada untuk mengamati aktivitas yang dilakukan. 

Narasumber bisa memberikan wawasan pengetahuan masukan kritik dan umpan balik bagi murid, pendidik, serta satuan pendidikan. Narasumber atau ahli dapat datang dari berbagai tempat bisa jadi seorang dari dalam satuan pendidikan masyarakat yang tinggal disekitar sekolah hingga pimpinan organisasi yang mengelola bidang berkaitan dengan Project setelah mengetahui Siapa yang ingin diajak bekerjasama, Kini kita dapat menentukan strategi pelibatan pihak-pihak tersebut hal ini penting dilakukan agar kehadiran mereka benar-benar bermakna dan membantu pencapaian tujuan belajar yang kita harapkan 

Ibu dan bapak dapat memulai dengan menginformasikan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan di abad 21.

  • Apa yang dibutuhkan di jenjang pendidikan lanjutan?
  • Apa saja keterampilan yang diperlukan di dunia kerja masa depan?

Ajak orangtua dan anggota masyarakat berbagi harapan tentang anak-anak mereka setelah itu diskusikan keterampilan dan kompetensi yang perlu dimiliki untuk mencapai harapan tersebut 

Kedua, ajak mereka berefleksi tentang keterampilan masa depan dengan memberikan pertanyaan Seperti apakah cara belajar saat ini mampu mengasah keterampilan yang diperlukan atau bagaimana keterampilan diperlukan bisa didapat dalam proses belajar anak-anak 

Setelah itu berikan ruang dan kesempatan kepada orang tua untuk memilih peran yang ingin mereka jalankan untuk membangun keterampilan masa depan yang diperlukan 

Setelah refleksi diskusikan manfaat belajar Project untuk anak-anak. Tunjukkan bagaimana komunitas dapat berkolaborasi untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang ingin dicapai 

Sebagai penutup Tekan kan bahwa sumber dari luar satuan pendidikan seperti orang tua, warga, narasumber, akan lebih membantu anak-anak meningkatkan keterampilan dan kompetensi daripada hanya belajar di dalam satuan pendidikan

Apa saja bentuk pelibatan anggota masyarakat dalam belajar Project?

Mari kita kunjungi kembali teman-teman yang akan melakukan Project pengelolaan sampah sekolah untuk melihat bentuk-bentuk pelibatan anggota masyarakat 

Pertama mereka bisa dilibatkan sebagai tenaga ahli 

Tenaga ahli akan menjadi tempat konsultasi sumber berbagai keahlian narasumber pengetahuan spesifik hingga pendamping teknis. Dalam proyek pengelolaan sampah Ibu Murni dapat mengundang narasumber yang menguasai tentang pengelolaan sampah dengan prinsip 3R reduce Reuse and recycle.  Bisa jadi orang tua murid atau ahli lingkungan hidup. Anggota masyarakat juga bisa teknik klien bagi proyek yang dikerjakan murid contohnya kepala satuan pendidikan tempat Ibu Murni mengajar dapat meminta para murid membuat poster yang meningkatkan kesadaran anggota komunitas sekolah untuk membuang sampah sesuai jenisnya ditempat yang telah disediakan. 

Saat ada masalah lingkungan murid-murid dapat diberdayakan menjadi pemecah masalah. Libatkan beragam organisasi dan lembaga yang ada di lingkungan untuk menjadi Mitra murid mengidentifikasi hingga memecahkan masalah yang ada dilingkungan mereka

Terakhir kita dapat mengundang komunitas mengikuti acara yang berhubungan dengan Project seperti perayaan pameran hasil belajar dan meminta mereka memberikan Umpan balik atau apresiasi atas hasil belajar murid di akhir Project kelas rayakan dengan pameran hasil belajar Undanglah orang tua anggota satuan pendidikan murid-murid dari kelas lain atau bahkan sekolah lain

Mintalah para murid untuk bercerita mengenai Project yang mereka lakukan pengunjung yang hadir dapat memberikan suara untuk Project yang mereka sukai misalnya dengan memberikan token,  meramaikan sesi diskusi presentasi dengan memberikan pertanyaan, dan memberikan masukan sehingga murid dapat menciptakan Project yang lebih beragam lagi di masa depan 

Bicarakan bentuk-bentuk pelibatan ini bersama murid dengarkan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan mereka sebelum kita menghubungi calon Mitra yang dituju  

Demikian pembahasan kita hari ini, kini ibu dan bapak mungkin sudah mulai membayangkan Siapa saja yang akan ibu dan bapak libatkan sebagai Mitra dalam pembelajaran Project para murid 

Siapapun mereka semoga dapat memberikan warna dan makna dalam Project murid-murid Anda 

Sampai bertemu kembali salam dan bahagia

Link Video Silahkan Klik Disini 

Link