P5 Ver 2.0 - Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD-SMA/SMK)


P5 Ver 2.0 - Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD-SMA/SMK)

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru, Selamat datang kembali di modul Project penguatan profil pelajar Pancasila 

Kali ini kita akan belajar bersama mengenai salah satu tema Project yaitu merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

Tema Project merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI dapat dipelajari oleh setiap jenjang baik SD, SMP, SMA, dan SMK.

Di sini sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu Apa sih yang dimaksud dengan tema Project merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI?

Merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI dapat dipahami sebagai tema proyek yang berfokus pada kegiatan membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya sendiri dan juga sekitarnya.

Kegiatan berekayasa dan berteknologi disini juga dilakukan dengan menerapkan prinsip kolaborasi loh, khususnya berkolaborasi untuk melatih daya pikir kritis kreatif inovatif dan kemampuan berempati.

Tema Project merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI ini sangat penting untuk dipelajari oleh murid pada setiap jenjang. Alasannya adalah sebagai berikut:

1. Tema project ini dapat membantu murid untuk mengasah berbagai keterampilan berpikir kritis dalam mewujudkan produk berteknologi. Misalnya berfikir sistem berpikir computational atau design thinking 

2. Murid dapat mempelajari atau bahkan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana murid dapat menentukan spesifikasi hingga melakukan uji coba untuk membangun model atau prototipe produk rekayasa 

3. Keterampilan coding murid khususnya untuk menciptakan karya digital dan berkreasi di bidang robotika juga dapat diasah 

4. Tema ini diharapkan dapat membantu murid-murid dalam mewujudkan budaya Smart Society dimasa yang akan datang 

Murid-murid akan berperan dalam menyelesaikan persoalan soalan di masyarakat melalui Inovasi dan penerapan teknologi dengan mensinergikan aspek sosial dan teknologi. Selanjutnya Bagaimana pembelajaran dengan tema project ini dapat menguatkan profil pelajar Pancasila yah.

Seperti yang sudah kita ketahui dan alami bersama di abad ke-21 ini kita hidup dalam lingkungan yang dipenuhi oleh teknologi. Penggunaan sumberdaya teknologi dan integrasi teknologi kedalam kehidupan kita sehari-hari, pekerjaan, dan bahkan dunia pendidikan terjadi dengan sangat signifikan 

Maka dari itu tema Project merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI secara langsung sudah menggambarkan kompetensi profile pelajar Pancasila yaitu kompetensi murid-murid untuk menjadi manusia unggul dan aktif di abad ke-21.

Pembelajaran dengan tema project ini tidak hanya dapat mendorong murid melakukan rekayasa membangun produk berteknologi yang dapat memudahkan kegiatan dirinya, tetapi juga diharapkan dapat ikut memberikan kesempatan bagi murid untuk mencari solusi yang dapat mereka lakukan terhadap isu-isu di masyarakat melalui teknologi.

Selain itu karena project ini diharapkan dapat menginspirasi murid-murid untuk berpartisipasi dalam pembangunan Global yang terintegrasi teknologi dan berkelanjutan 

Ibu dan bapak guru, isu-isu apa saja ya yang dapat diambil sebagai Topik dalam tema berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI?

Saat mengembangkan tema menjadi topik yang lebih spesifik ibu dan bapak guru dapat dekat isu-isu yang sesuai dengan budaya serta kondisi daerah dan satuan pendidikan.

Satu topik juga akan mempunyai kedalaman dan kompleksitas pembahasan yang berbeda untuk setiap jenjang, misalnya ibu dan bapak guru dapat mengembangkan topik pembuatan desain inovatif untuk transportasi di masa depan 

Ibu dan bapak guru dapat mengangkat konteks sarana transportasi sungai yang masih menjadi sarana transportasi utama di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Sungai Mahakam yang berada di Kalimantan Timur 

Murid-murid dapat diajak untuk mendesain alat transportasi sungai di masa depan yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi di Sungai Mahakam Kalimantan Timur 

Murid-murid pada sekolah dasar fase A dapat diajak untuk mengenali dan mengidentifikasi alat transportasi yang saat ini digunakan di Sungai Mahakam Kalimantan Timur.

Murid kemudian dapat ditugaskan untuk merancang beragam alat transportasi sungai yang mereka inginkan di masa depan sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing. Sedangkan murid-murid pada sekolah dasar fase B dapat dilibatkan untuk merancang model dan maket alat transportasi sungai di masa depan yang terintegrasi teknologi digital, dengan memperhatikan jenis material yang akan digunakan untuk rancangannya 

Pembuatan desain inovatif sederhana alat transportasi sungai di masa depan pada sekolah dasar fase C, dapat berfokus pada Identifikasi dan pemahaman peran, hak dan kewajiban dasar murid sebagai warganegara dan mulai mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari 

Dengan fokus ini murid-murid di sekolah dasar fase C dapat diajak untuk membuat desain dan prototipe sederhana alat transportasi sungai yang menerapkan prinsip hemat energi. Misalnya dengan memperhatikan penggunaan tenaga sederhana seperti baterai, tenaga surya, atau sumber tenaga lainnya.

Pembuatan desain inovatif sederhana yang dilakukan murid-murid pada jenjang Sekolah Menengah Pertama fase D tentunya akan lebih kompleks dibandingkan pada jenjang Sekolah Dasar, murid dapat diajak untuk mengidentifikasi dan merancang desain inovasi alat transportasi sungai di masa depan dengan mempertimbangkan ragam sumber bahan bakar yang dapat digunakan untuk alat transportasi sungai tersebut 

Pada jenjang Sekolah Menengah Atas dan sekolah menengah kejuruan fase E dan F,  murid-murid dapat merancang alat transportasi sungai di masa depan dengan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana.

Murid-murid kemudian dapat melakukan uji coba untuk membangun model atau prototipe produk rekayasa alat transportasi sungai tersebut menggunakan mesin robotik sederhana.

Nah itu tadi semua pembahasan seputar tema Project berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI ibu dan bapak guru melalui tema Project merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI murid-murid akan mengembangkan ide-ide mereka.

Mereka juga akan terus berpikir kreatif untuk memecahkan masalah. Memiliki keterampilan untuk mewujudkan ide-ide mereka sehingga mereka dapat berkembang menjadi designer inovatif 

Di masa depan murid-murid diharapkan akan menjadi inovator yang akan memberikan kontribusi positif dalam memecahkan masalah-masalah NKRI, tentunya dengan memanfaatkan potensi sumber energi baru dan terbarukan yang terintegrasi teknologi digital 

Semoga ibu dan bapak guru semakin siap mengembangkan dan melaksanakan tema tersebut hingga menjadi topik Project bersama murid-murid

Selamat ber-Project 

Salam dan bahagia

Link Video Silahkan Klik Disini