P5 Ver 2.0 - Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP-SMA/K)


P5 Ver 2.0 - Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP-SMA/K)

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru 

Selamat datang kembali di modul Project penguatan profil pelajar Pancasila 

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa terdapat tujuh tema yang dapat dipilih sebagai tema Project 

Kali ini kita akan belajar mengenai salah satu tema dari Project yaitu bangunlah jiwa dan raganya

Ibu dan bapak guru, tema-tema Project yang dapat dipilih untuk pembelajaran juga harus disesuaikan dengan target jenjang yang dituju 

Dalam hal ini bangunlah jiwa dan raganya merupakan tema yang dapat dipelajari oleh jenjang SMP, SMA, dan SMK menurut ibu dan bapak guru Apa yang dimaksud dengan tema bangunlah jiwa dan raganya?

Lalu Mengapa ya tema ini menjadi salah satu yang dapat dipelajari pada kegiatan Project?

Alasannya adalah karena topik mengenai kesejahteraan diri atau well-being itu penting untuk diajarkan agar murid dapat membangun kesadaran dan keterampilan diri dalam memelihara kesehatan fisik dan mentalnya.

Tema ini dapat mulai diajarkan kepada murid jenjang SMP dan SMA, karena bahasan mengenai kesehatan fisik dan mental akan sangat dibutuhkan oleh murid, terutama dalam rentang usia remaja.

Hal ini disebabkan karena pada usia tersebut terjadi perubahan fisik dan emosi yang sangat pesat pada individu.

Kemudian Bagaimana pembelajaran di tema ini dapat menguatkan profil pelajar Pancasila?

Memiliki pemahaman mengenai kesejahteraan fisik dan mental baik untuk diri sendiri maupun orang lain merupakan hal yang dapat mendorong murid untuk berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan. Yang mana pada tema ini murid dapat mempelajari mengenai kontribusi apa yang dapat dilakukan berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental.

Bagaimana cara untuk mempertahankannya, serta berusaha untuk memberi manfaat dari apa yang ia pelajari untuk lingkungan sekitarnya dengan mengampanyekan isu terkait 

Selain itu pembelajaran dengan tema bangunlah jiwa dan raganya juga memberikan kesempatan bagi murid untuk langsung mengalami dan menerapkan pengetahuan dengan mencoba menjawab isu-isu di lingkungan sekitarnya yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental 

Project dengan tema ini pada akhirnya dapat menginspirasi murid untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya sehingga sejalan dengan tujuan dari profil pelajar Pancasila 

Dalam pelaksanaan pembelajaran Project tema bangunlah jiwa dan raganya murid diharapkan untuk dapat melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri atau well-being  mereka serta mengkaji fenomena perlindungan atau bullying yang terjadi di sekitar mereka baik dalam lingkungan fisik maupun dunia maya serta berupaya mencari jalan keluarnya 

Menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental termasuk isu narkoba pornografi dan kesehatan reproduksi 

Peserta didik merancang kegiatan dan komitmen untuk senantiasa menjaga kesejahteraan dirinya dan orang lain serta berusaha untuk mengampanyekan isu terkait 

Kemudian hal yang dapat dibahas selanjutnya adalah apa saja isu-isu yang dapat diambil sebagai Topik dalam tema ini pada dasarnya tema bangunlah jiwa dan raganya dapat mengangkat isu umum namun dengan konteks yang disesuaikan dengan situasi dan karakteristik murid di satuan pendidikan

Contohnya topik penyalahgunaan obat-obatan pornografi dan kesehatan reproduksi. Isu lain seperti perlindungan yang terjadi di dunia nyata maupun Maya juga dapat menjadi isu yang dibahas dalam pembelajaran.

Satu topik akan mempunyai kedalaman pembahasan yang berbeda dalam setiap jenjang disesuaikan dengan perkembangan umur murid 

Mari kita berikan contoh misalnya kita ambil satu contoh cyber-bullying yang terjadi dikalangan remaja. Untuk tema ini penerapan di jenjang Sekolah Dasar bukan dalam bentuk Project melainkan lebih berfokus pada ekosistem satuan pendidikan Iam mendukung kesejahteraan atau well-being murid maka dari itu pembahasan akan kita lanjutkan ke jenjang berikutnya 

Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama fase D murid dapat diajak untuk menyusun kesepakatan dan membuat kegiatan-kegiatan seperti sosialisasi mengenai jenis-jenis peruntungan di internet atau cyberbullying, cara pencegahannya cara memanfaatkan internet dengan sehat serta menyediakan kontak atau posko pengaduan yang aman untuk murid yang membutuhkan dukungan jika mengalami perundungan di dunia maya.

Berbeda dengan jenjang sekolah menengah pertama, pada jenjang sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan, aktivitas yang dilakukan dapat berupa murid-murid diajak untuk berkoordinasi dengan perwakilan sekolah lain yang berada di lingkungan terdekatnya untuk kemudian berdiskusi dan mengidentifikasi permasalahan cyber bullying yang dihadapi oleh murid mengidentifikasi solusinya lalu kemudian membentuk kepanitiaan untuk mengampanyekan aksi penggunaan internet dengan sehat untuk mencapai kesejahteraan diri.

Dengan beberapa contoh isu dalam tema bangunlah jiwa dan raganya pada setiap jenjang, maka kita sudah sampai di ujung materi kali ini 

Semoga ibu dan bapak guru semakin siap mengembangkan dan melaksanakan tema tersebut hingga menjadi topik Project bersama murid-murid.

Selamat ber Project 

Salam dan bahagia 

Link Video Silahkan Klik Disini 

Link