P5 - Perayaan Hasil Belajar Projek


P5 - Perayaan Hasil Belajar Projek

Saat ini sedang berlangsung sebuah pameran di sebuah Aula atau di kelas. Mmurid-murid tampak sibuk menjelaskan objek yang mereka pamerkan. 

Beberapa tampak mencicipi makanan atau melakukan kegiatan yang didemonstrasikan murid di kelas. Pengunjung berkeliling melihat-lihat atau terlibat kegiatan. 

Tidak hanya murid tapi juga orangtua dan guru di satuan pendidikan tersebut  

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru. Senang sekali dapat berjumpa dengan ibu dan bapak pada modul pelaksanaan projek.

Semoga masih dengan semangat yang sama untuk belajar dan bertumbuh.

Kita baru saja menyaksikan sebuah video kegiatan-kegiatan yang cukup sibuk tampaknya ya.

Apakah ibu dan bapak biasa melihat kegiatan yang terdapat di video?

Bisakah ibu dan bapak menebak Apa yang dilakukan para murid dan guru dalam video tersebut?

Ibu dan bapak yang baik para murid dan guru dalam video tadi sedang menyelenggarakan perayaan hasil belajar Project. Mereka merayakan hasil belajar dengan cara melakukan pameran, demonstrasi, hingga unjuk kebolehan

Sesuai namanya perayaan hasil belajar dilakukan pada akhir kegiatan belajar Project dan dilakukan bersama oleh seluruh anggota satuan pendidikan.

Apa tujuan dan bagaimana caranya merancang perayaan hasil belajar Project yang bermakna?

Kita akan mempelajari hal-hal tersebut dalam materi kali ini perayaan hasil belajar Project. Mari kita mulai  

Apa yang terbersit dalam benak ibu dan bapak saat melihat video di awal?

Apakah terlintas kata-kata meriah, ramai, menyenangkan, menarik?

Kegiatan ajar Project adalah sesuatu yang kompleks dan memberikan pengalaman yang bermakna bagi para murid. 

Pelaksanaan projek Yang sungguh-sungguh hendaknya diakhiri pula dengan sebuah penutup yang bermakna. 

Seperti yang ibu dan bapak saksikan kegiatan perayaan hasil belajar adalah ajang para murid menampilkan proses atau produk hasil belajar mereka dalam sebuah acara yang melibatkan berbagai pihak sebagai partisipan 

Jadi tidak hanya murid dan guru saja, perayaan hasil belajar melibatkan orangtua anggota keluarga murid, guru, staf satuan pendidikan, hingga masyarakat umum atau komunitas tertentu  

Demikian pula yang kita saksikan saat ini, ada sesama murid, guru, hingga orang tua, dan anggota keluarga yang turut meramaikan acara   

Perayaan ini adalah salah satu cara satuan pendidikan membangun komunitas pembelajar yang senantiasa tumbuh dan berkembang  

Pada contoh yang kita saksikan, tampak bahwa kelas memilih bentuk festival untuk merayakan hasil belajar mereka. Tetapi ada banyak cara untuk merayakan akhir sebuah Project berikut adalah pilihan alternatifnya 

1. Presentasi dan diskusi kelompok 

Kelas dapat melakukan sesi presentasi yang mengundang tamu sesama murid atau orangtua murid  Setelah itu dilakukan dengan diskusi atau acara bincang-bincang santai 

2 Mengundang sekolah lain atau pakar atau narasumber ahli untuk hadir dan memberi apresiasi pada hasil karya murid-murid 

3. Rembuk kelas 

Guru dapat memberikan apresiasi kepada seluruh murid dan mengajak murid membuat daftar hal-hal yang mereka banggakan 

4. Melibatkan masyarakat melalui peliputan media atau siaran langsung hingga pameran karya di gedung atau sarana umum 

5 Memberikan penghargaan kepada setiap murid yang mengakui keunikan mereka atau pencapaian selama melakukan Project 

6 Membuat rekaman atau arsip atau berupa scrapbook atau poster berisi rencana project  atau membangun situs web yang Sekaligus berfungsi sebagai galeri contoh pembelajaran berbasis projek  

Apa pun pilihan cara ibu dan bapak guru untuk merayakan hasil belajar murid perlu diperhatikan bahwa ada beberapa prinsip yang harus kita perhatikan agar perayaan hasil belajar dapat bermakna bagi murid 

Prinsip pertama, kegiatan ini adalah acara yang dimiliki oleh murid bukan guru-guru akan berperan sebagai fasilitator yang mendampingi perancangan hingga pelaksanaan 

Kedua, kegiatan ini bertujuan untuk saling mengapresiasi bukan mengevaluasi dan melakukan penilaian. Perayaan memberikan kesempatan yang baik bagi murid dan guru untuk Melakukan asesmen otentik 

Ketiga, selanjutnya jadikan perayaan sebagai ajang yang baik bagi  murid untuk melatih kemampuan berinteraksi dengan masyarakat umum. Murid-murid dapat melatih kemampuan bicara di depan umum hingga membangun jejaring. Lakukan simulasi sebelum perayaan untuk hasil yang optimal 

Terakhir, perayaan hendaknya telah dipertimbangkan bersama oleh kelas sejak awal perancangan Project. Perayaan hasil belajar tidak hanya berupa kegiatan yang menampilkan hasil karya ide-ide dan pemikiran murid perayaan yang sesungguhnya adalah ketika murid menyadari bahwa mereka mendapatkan keterampilan atau pengetahuan baru yang bermakna bagi diri mereka 

Bagaimana mereka dapat menyadari pencapaian tersebut?

Disinilah pentingnya murid dan guru melakukan pembuatan refleksi akhir Project atau refleksi tindaklanjut dipenghujung Project.

Refleksi tindaklanjut bertujuan membahas proses berjalannya proyek secara keseluruhan. Dalam kegiatan ini dapat mengevaluasi hasil belajar Project mereka dibandingkan dengan kriteria sukses dan tujuan dari Project 

Refleksi yang baik akan memperkuat hasil pembelajaran, mempertajam keterampilan analisis, dan mengintegrasikan pengetahuan baru serta yang telah dimiliki 

Terdapat dua pandangan dalam refleksi ini proyeksi ke belakang yang melihat apa saja yang sudah dilakukan dan proyeksi kedepan yang bertujuan merencanakan apa yang akan dilakukan setelah ini 

Dengan melakukan ini murid akan memiliki rasa kepemilikan terhadap proses belajar mereka dan mampu menentukan target serta tujuan belajar di masa depan.

Dalam pelaksanaannya refleksi dapat dilakukan secara verbal maupun tertulis. Ada banyak metode untuk melakukan refleksi yang dapat dipilih kita dapat memilih salah satu diantaranya beberapa contoh kegiatan refleksi adalah 

  • Diskusi kelas 
  • Menulis jurnal 
  • Membuat video dan 
  • Membuat serta menceritakan gambar 

Untuk mendukung kegiatan refleksi yang tepat, maka berikanlah Pertanyaan yang tepat pertanyaan seperti apa yang dapat kita ajukan? berikut beberapa contohnya 

  • Apakah saya sudah berhasil mencapai tujuan belajar dari Project Ini? apa bukti-buktinya 
  • Bagaimana upaya yang sudah saya lakukan selama melaksanakan aktivitas project ini  
  • Apa saja tantangan yang saya alami 
  • Apa yang biasanya saya lakukan untuk menghadapinya 
  • Apa yang akan saya lakukan berbeda agar bisa lebih optimal mengikuti kegiatan Project selanjutnya 
  • Bantuan seperti apa yang saya harapkan dari guru dalam Project selanjutnya  

Ibu dan bapak yang berbahagia demikian pembahasan mengenai perayaan hasil belajar. Kini ibu dan bapak mungkin sudah tidak sabar untuk merancang perayaan hasil belajar bersama murid dikelas 

Apakah ada ide-ide perayaan yang mungkin menarik dan akan dipilih murid-murid di kelas?

Wah tampaknya diskusi kelas akan berjalan seru nih 

Selamat berembuk dan merancang perayaan yang seru dan bermakna salam dan bahagia selalu 

Link Video Silahkan klik Disini