P5 3.0 - Memilih Tema Projek


P5 3.0 - Memilih Tema Projek

Ibu dan bapak guru agar dapat lebih terarah dalam perencanaan Project kita dapat memilih tema Project dengan memperhatikan tiga hal berikut yaitu :

  • Pertama, Tentukan alasan mengapa suatu tema tersebut dapat dipilih menjadi tema Project yang akan dilaksanakan 
  • Kedua, ketahui tahapan dalam memilih tema Project yang tersedia 
  • Ketiga lakukan refleksi dan eksplorasi dalam memilih tema Project secara berkala 

Sebelum kita masuk pada inti dari materi, Mari kita simak percakapan para ibu dan bapak guru berikut ini

"Senang sekali bisa mengikuti pelatihan pada hari ini ya, ngomong-ngomong Saya ingin membahas sesuatu nih Bu Sri, Pak Rafiq"

"Wah membahas Apa itu Bu saya jadi penasaran?"

"Saya dapat info dari pelatihan tadi Pak Bu pembelajaran saat ini menekankan bahwa mempelajari pengetahuan saja tidak cukup murid juga perlu menggunakan pengetahuan tersebut dalam kehidupan nyata makanya pada kurikulum Merdeka kali ini ada project penguatan profil pelajar Pancasila sudah pernah denger belum?"

"Saya sudah mendengar nah berhubung Builder mengangkat pembicaraan ini saya jadi ingin menyampaikan kebingungan saya kan kita sudah tahu nih ada banyak tema Project yang dapat dipilih untuk penerapannya saya itu masih bingung sebenarnya apa saja hal yang harus diperhatikan ataupun dipertimbangkan saat memilih tema ya karena menurut saya semua tema menarik untuk dibahas"

"Betul itu Pak Hai saya dan rekan-rekan guru lainnya juga mengalami kebingungan yang sama Selain itu di masa ini begitu banyak sekali isu yang bisa diangkat menjadi topik pembahasan pada setiap temanya. Saya penasaran sebenarnya isu atau permasalahan seperti apa yang sebaiknya dibahas dalam proyek tersebut. Sebegitu banyaknya saya juga jadi berpikir apa saja contoh-contoh isu dari tema Project pilihan yang dapat dibahas ya, saya masih belum mampu membayangkannya"

"Wah ternyata tidak hanya saya yang mengalami kebingungan dengan hal serupa ya sewaktu saya berdiskusi dengan rekan-rekan sesama guru lainnya pun muncul berbagai macam pertanyaan mengenai cara memilih tema Project. Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kita simak bersama yuk penjelasan berikut ini

Dari tema-tema Project yang telah disediakan oleh Kemendikbud ristek secara garis besar terdapat dua hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih tema yaitu pertama mari kita bahas mengenai cara memilih tema Project berdasarkan tahapan kesiapan satuan pendidikan pada materi sebelumnya sudah dibahas mengenai tiga tahapan kesiapan satuan pendidikan yaitu 

  • Tahap awal 
  • Tahap berkembang dan 
  • Tahap lanjutan 

Tiap tahapan kesiapan memiliki panduan untuk memilih tema dan topik secara spesifik berikut adalah penjelasannya 

Dalam menentukan tema pilihan semua satuan pendidikan baik yang berada di tahap awal berkembang dan tahap lanjut dapat memilih jumlah tema Project sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan yaitu dua tema pada jenjang SD dan 3 tema pada jenjang SMP dan SMA atau SMK 

Bedanya pada satuan pendidikan tahap lanjutan setiap kelas dapat memilih tema yang berbeda selanjutnya Bagaimana dengan pemberian opsi tema dan penentuan topik mereka kita sih utama melalui tabel berikut 


Pertimbangan kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih tema Project adalah melihat situasi kontekstual. Tema Project juga dapat dipilih dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik isu terkini yang sedang banyak diperbincangkan di lingkungan sekitar atau perayaan peringatan hari-hari besar seperti hari kemerdekaan, Hari Kartini, dan sebagainya 

Pilihlah isu atau topik yang sedang banyak diperbincangkan atau merupakan masalah yang dekat dengan diri peserta didik, sehingga isu atau masalah menjadi penting dan prioritas di satuan pendidikan.

Dengan begitu pemilihan tema Project dapat menjadi sumber belajar yang berdampak langsung untuk diri peserta didik satuan pendidikan serta lingkungan sekitar 

Mari kita bahas contoh dengan konteksnya 

Pada satuan pendidikan yang berada di lingkungan perkotaan terdapat murid dan guru yang berasal dari beragam suku ras dan agama. Dalam hal ini ada kebutuhan satuan pendidikan untuk memberikan pengetahuan mengenai keberagaman di masyarakat serta menciptakan lingkungan bermasyarakat yang saling toleransi. Dari isu tersebut ibu dan bapak dapat memilih tema Bhineka Tunggal Ika sebagai tema Project yang dapat diterapkan pada jenjang SD sampai dengan SMA atau SMK.

Selanjutnya pada satuan pendidikan yang berada di daerah wisata, dapat memilih tema yang berbeda dari konteks sebelumnya. Pada satuan pendidikan yang berada di lingkungan daerah wisata ada kebutuhan memperkenalkan dan melibatkan murid dari jenjang SD hingga SMA atau SMK untuk mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal. Misalnya dengan mengembangkan usaha kuliner makanan khas daerah atau oleh-oleh dalam bentuk lainnya yang dapat dijual kepada turis yang datang ke lingkungan tersebut.

Maka salah satu tema yang dapat dipilih pada konteks daerah wisata adalah kewirausahaan. Lingkungan lain yang dapat menjadi contoh sebagai konteks adalah daerah pesisir pantai. Di lingkungan pesisir pantai terdapat air yang berlimpah namun tidak dapat dikonsumsi atau digunakan secara langsung 

Dalam hal ini ada kebutuhan untuk mengolah air asin agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu ibu dan bapak guru dapat memilih tema merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI sebagai salah satu tema Project 

Kegiatan yang dilaksanakan dapat disesuaikan dengan karakteristik jenjang masing-masing. Topik yang dapat diangkat dapat berupa merancang dan membuat Prototype dari teknologi tepat guna misalnya teknologi Zero water discharge atau ZWD, yang berfungsi untuk mengolah air yang cepat dimanfaatkan untuk budidaya 

Selain contoh yang telah disebutkan sebelumnya masih banyak contoh isu kontekstual lain yang dapat diangkat sebagai tema Project. Untuk memperkaya pemahaman terhadap isu-isu yang ada disekitar penting bagi ibu dan bapak guru melakukan refleksi dan eksplorasi secara berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan prinsip dari Project penguatan profil pelajar Pancasila.

Untuk membantu memastikan pelaksanaan tema-tema tersebut sangat penting untuk satuan pendidikan memastikan terjadinya pendokumentasian dan pencatatan portofolio Project. Dengan demikian satuan pendidikan dapat memilih tema yang belum dilakukan di tahun sebelumnya atau dapat mengulang siklus Setelah semua tema sudah dipilih 

"Wah kurang lebih Ternyata begitu ya Pak Bu penjelasannya, sangat menambah wawasan saya banget nih"

Ibu dan bapak Guru Pembelajaran mengenai memilih tema Project berdasarkan tema-tema yang telah disediakan sesuai kontekstual telah selesai bagaimana sudah siap memilih tema yang kontekstual sesuai kebutuhan dan keadaan satuan pendidikan masing-masing

Link Video Silahkan Klik Disini