P5 - Pengembangan Tema Projek di Setiap Fase Jenjang


P5 - Pengembangan Tema Projek di Setiap Fase Jenjang

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru.

Selamat datang kembali di modul Project penguatan profil pelajar Pancasila.

Mengembangkan tema Project bisa menjadi perjalanan yang kaya dan menyenangkan bagi ibu dan bapak guru.

Agar mudah kita bisa membaginya menjadi tiga bagian 


Nah tadi kita telusuri satu persatu \

Pertama dari mana kita bisa memulai perjalanan mengembangkan tema project ini. Menurut ibu dan bapak bagaimana kita memilih tema Project. Salah satu titik awal yang baik adalah tak lain dan tak bukan dari murid kita coba Amati dan pikirkan 

  • Apa yang ada di dalam diri murid saya?
  • Apakah mereka punya kekuatan dalam mengamati perbedaan dan mempelajari hal baru?
  • Apakah mereka senang bekerja bersama?
  • Apakah mereka memiliki kebutuhan untuk mencari tahu seputar tren terkini?
  • Apakah mereka suka memikirkan peristiwa alam atau suka memecahkan masalah lingkungan?

Kemudian Ibu dan Bapak juga bisa mencari tahu 

  • Apa yang ada di sekitar mereka?
  • Apa saja kasus atau berita yang menarik untuk diselidiki? 
  • Adakah fenomena yang penting untuk ditelusuri?
  • Siapa saja anggota masyarakat sekitar yang bisa menjadi sumber belajar bagi mereka? 

Setelah ibu dan bapak guru punya gambaran kondisi dan kebutuhan murid ibu dan bapak tentu akan lebih yakin untuk memilih dan mengembangkan tema-tema Project 

Bagaimana melakukannya Mari kita lanjutkan ke bagian dua. Sebagai pijakan awal, ibu dan bapak guru bisa memanfaatkan daftar pilihan tema umum yang sudah dipersiapkan sebagai sumber inspirasi dan bahan berpikir. Coba diskusikan dengan rekan-rekan guru, 

  • Apa yang kita harapkan anak pelajari pada semester ini?

kemudian 

  • Apa saja potensi atau masalah yang ada di lingkungan sekolah tempat belajar murid-murid?

Ibu dan bapak jadi untuk memilih tema Project dan mengembangkannya pertama-tama kita perlu mempertimbangkan hasil amatan kita bagaimana konteks belajar murid-murid saya contohnya jika sekolah Ibu Bapak dekat dengan Pasar ajaklah murid-murid untuk melakukan Project bertema kewirausahaan misalnya mengamati kegiatan ekonomi atau merancang produk dan mencoba usaha dagang.

Tema gaya hidup berkelanjutan atau tema merekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI pun bisa diangkat melalui proyek pengelolaan limbah atau Project investigasi dampak aktivitas pasar pada air bersih atau jika di sekitar sekolah ibu dan bapak terdapat sentra Kerajinan atau beberapa orang tua murid merupakan anggota komunitas perajin kayu misalnya maka tema kearifan lokal bisa dieksplorasi lewat Project belajar membuat kerajinan dari para ahli.

Murid-murid juga bisa diajak berwirausaha membuat produk berkonten lokal yang bernilai jual. Nah Bagaimana jika sekolah Ibu dan Bapak berada di daerah penghasil kopi?

Apa Project yang terpikir di benak ibu dan bapak?

Ibu dan bapak guru juga bisa mengajak murid-muridnya memeriksa kalender 

Apakah ada agenda khusus pada kalender belajar sekolah atau perayaan nasional dan internasional yang menarik untuk dijadikan Project?

Sebagai contoh the project bertema gaya hidup berkelanjutan bisa dilaksanakan untuk merayakan hari bumi dan Project bertema Bhinneka Tunggal Ika bisa dilakukan menyambut hari kemerdekaan Indonesia 

Selain itu Adakah isu atau topik yang sedang hangat terjadi. apa saja?

Sebagai contoh jika sekolah pernah mengalami banjir murid bisa diajak merancang pencegahan dan penanggulangan dalam Project bertema merekayasa dan berteknologi membangun NKRI 

Karena isu ini juga berkaitan dengan persoalan lingkungan, maka tema gaya hidup berkelanjutan juga bisa menjadi pilihan 

Nah setelah lebih mengerti mengenai pemilihan tema dan topik Project saatnya kita mempertimbangkan bagaimana murid-murid saya belajar pada fase ini 

Setiap Murid memiliki perkembangan yang berbeda-beda pada setiap fase. Untuk membantu kita dalam mengembangkan tema dengan kemampuan murid berfase berikut adalah pertanyaan panduannya 




Sebagai contoh Mari kita lihat tema gaya hidup berkelanjutan 

Pada jenjang SD fase A murid akan mulai membangun tanggung jawab bersama terhadap kebersihan lingkungan sekitar melalui praktek misalnya lewat tiket dan waktu rutin untuk kebersihan 

Sementara itu pada fase B murid dapat diajak mengumpulkan dan mengolah data pengamatan menjadi infografik hasil survei dengan usulan solusi 

Sedangkan murid pada fase C sudah semakin cakap memproses informasi dan gagasan untuk melakukan kampanye yang menyasar isu-isu lingkungan 

Di Sekolah Menengah murid-murid pada fase D perlu ruang yang semakin besar untuk menghasilkan Karya Dalam tindakan nyata dan gagasan yang orisinal salah satunya melalui membuat model atau purwarupa sistem pengelolaan sampah di rumah atau sekolah 

Murid pada fase E atau F bisa menantang diri mereka untuk membuat rancangan atau mendesain sebuah sistem untuk mengatasi permasalahan lingkungan.

Nah jika sudah memiliki gambaran yang semakin jelas seputar mengembangkan tema menjadi topik Project maka kita perlu berefleksi dan bertanya 

Apakah tema dan topik project ini menjawab kebutuhan belajar murid?

Adakah kemungkinan lain mari kita jelajahi bagian terakhir.

Setelah banyak mengamati contoh tentu ibu dan bapak Memiliki gambaran mengenai topik-topik Project untuk masing-masing fase belajar murid. Perlu ibu dan bapak ingat bahwa daftar topik yang ditampilkan dalam video ini hanyalah contoh. Ibu dan bapak dapat mengembangkan tema menjadi topik-topik lain yang lebih sesuai kebutuhan murid, caranya dengan berefleksi dan bereksplorasi bersama murid dan rekan-rekan guru.

Coba renungkan apa saja yang mungkin, kemudian coba cari tahu bersama apa saja kemungkinan topik lain yang sesuai dengan tema tersebut 

Mari kita coba sejenak jika mendengar istilah gaya hidup berkelanjutan Apa saja masalah, pertanyaan atau kata kunci yang terlintas di benak ibu dan Bapak?

Apakah 

  • Menu makan sehat
  • Kurangi sampah plastik 
  • Indonesia Zamrud Khatulistiwa, masihkah 
  • Mengapa banjir datang lagi
  • Peduli hutan 
  • Teman satwa yang terancam 
  • Seberapa Bahayakah polusi 

Apalagi ya jangan lupa dicatat itu semua bisa menjadi topik Project. Sekarang bagaimana dengan yang satu ini saat mendengar Bhinneka Tunggal Ika apa topik Project yang terlintas dalam pikiran ibu dan bapak.

Tak terasa ibu dan bapak guru sudah belajar tentang Mengapa, Bagaimana, dan apa saja yang perlu dilakukan dalam mengembangkan tema Project 

Semoga ibu dan bapak guru semakin siap mengembangkan tema hingga menjadi topik Project bersama murid-murid 

Selamat ber-projek

Link Video Silahkan Klik Disini 

Link