Penerapan P5 di Satuan Pendidikan


Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan

Halo, Setelah kita mengenal peran, prinsip dan pengertian terkait proyek penguatan profil pelajar Pancasila kira-kira Bagaimana ya penerapannya?

Saat ini kita bisa ikuti percakapan ibu dan para guru tentang tahapan pelaksanaan projek Yuk kita simak  

"Tahun ajaran baru sudah diambang pintu, Ayo kita siap-siap, sekolah akan menerapkan proyek penguatan profil pelajar Pancasila untuk memfasilitasi peserta didik mengalami proses penguatan karakter Pancasila. Apakah Pa Sony dan Bu Susi sudah memahami tahapan pelaksanaannya?"

"Tidak perlu khawatir saya dan Bu Susi sudah mempelajari tahapan-tahapan pelaksanaan proyek pembuatan profil pelajar Pancasila"

"Wah kalau begitu mari kita diskusikan satu persatu tahapannya"

"Jadi ini Pak Andre tahapan-tahapan yang harus kita lakukan tentunya perlu dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di satuan pendidikan kita. Langkah awal yang akan kita lakukan ialah membentuk tim fasilitasi Project. Peran kepala satuan pendidikan pada tahapan ini adalah menentukan pendidik yang tergabung dalam tim fasilitasi Project"

"Siapa saja sih tim fasilitator ini?"

"Tim ini terdiri dari sejumlah pendidik yang berperan merencanakan menjalankan dan mengevaluasi berjalannya Project"

"Sebentar Bagaimana ya langkahnya ini?"

"Begini Pak pimpinan satuan pendidikan dapat memilih seorang koordinator project ini bisa siapa saja Misalnya wakil kepala sekolah atau pendidik yang memang berpengalaman akan Project, boleh juga kalau jumlah pendidik satuan pendidikannya cukup. Ada koordinator per-kelas misalnya koordinator kelas satu koordinator kelas 2 dan seterusnya. 

"Berarti koordinator dan Kepala Sekolah yang akan membedakan pendidik dari setiap kelas untuk tergabung dalam tim fasilitator Project ya, setelah itu baru deh tim fasilitator project ini merencanakan dan membuat modul Project bagi setiap kelas atau fase".

"Benar Pak"

"Kalau begitu kita lihat tahapan selanjutnya. Tahapan kedua adalah mengidentifikasi tingkat kesiapan dari satuan pendidikan. Penilaian tahap kesiapan pelaksanaan projek dapat dilakukan oleh Kepala satuan pendidikan dengan tim fasilitator Project, bersama-sama bisa merefleksikan keadaan kontekstual sekolah dan menentukan tahapan kesiapan sekolahnya" 

"Ada tiga tahapan kesiapan di sini ya 

  1. tahap awal 
  2. tahap berkembang dan 
  3. tahap lanjutan 

yang masing masing mempunyai penjelasannya sehingga membantu kita dalam perencanaan Project.


"Wah kalau begini kita dapat mengidentifikasi sendiri ya"

"Betul Pak mudah banget ya"

"Iya menarik banget, oke tahapan selanjutnya ada merancang dimensi tema dan alokasi waktu Project pembuatan profil pelajar Pancasila berarti tahapan ini yang menentukan adalah tim fasilitator Project ya?, Oh tapi yang saya baca untuk dimensi memang tim fasilitator dan kepala sekolah yang menentukan tetapi untuk tema juga bisa dilakukan dengan peserta didik lo, berarti tergantung dari hasil identifikasi tahapan kesiapan satuan pendidikannya".


'Betul dalam satu tahun ajaran, Satuan pendidikan dapat memilih dua sampai tiga dimensi yang menjadi fokus dalam satu tahun, dan untuk tema dapat memilih 2-4 tema dalam setahun dari tema-tema yang ditetapkan oleh pemerintah tergantung jenjangnya. Peserta didik dapat dilibatkan dalam pemilihannya"

"Jangan hanya sebagai tim fasilitator Harus melihat kebutuhan dan keadaan satuan pendidikan, karena ini yang akan menjadi pertimbangan utama saat penentuan dimensi dan tema. kita pilih dan fokuskan dimensi dan tema sesuai dengan keadaan kontekstual satuan, kemudian tim fasilitator juga dapat menetapkan alokasi waktu Project"

"hmmm Tapi ada ketentuan alokasi jam Project per tahun untuk setiap jenjang tidak ya?


"Berikutnya Andri ada ketentuan alokasi jam Project per tahun untuk setiap jenjang. Pada praktiknya jumlah JP ini akan dibagi sesuai jumlah temanya selama setahun, tapi tidak perlu setiap tema harus sama jumlah JP nya yang penting total JP tercukupi selama setahun. Pelaksanaannya pun fleksibel. Satuan pendidikan dapat menentukan waktu-waktu berproyek sesuai kebutuhan"

"Lengkap banget. Lalu apa tahapan Selanjutnya ya Bu Susi dan Pak Soni"

"Tahapan keempat adalah menyusun modul project. Dalam menyusun modul project, tim fasilitator menyusunnya sesuai dengan tingkat kesiapan satuan pendidikan. Tahapan umum dalam penyusunan modul Project yaitu menentukan suplemen yang akan menjadi tujuan Project, mengembangkan topik alur dan durasi Project serta mengembangkan assessment dan aktivitas projektnya 

"Oh begitu ya Sekarang saya jadi lebih tahu nih Apa yang harus dilakukan terlebih dahulu Apakah ini tahap terakhir?"

"Bukan Pa. Tahapan akhir adalah Merancang strategi pelaporan hasil Project. Disini tim fasilitator merencanakan strategi pengolahan dan pelaporan hasil Project. Tentunya juga bekerjasama dengan tim pendidik lainnya" 

"Mantap lengkap ya tahapannya dan siapa-siapa saja yang berperan. Semakin bersemangat nih mari kita mulai tahap pertama" 

"Siap"

Link Video Silahkan Klik Disini

Link