P5 - Prinsip projek penguatan Profil Pelajar Pancasila


P5 - Prinsip projek penguatan Profil Pelajar Pancasila

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru 

Selamat datang kembali di modul Project Penguatan profil pelajar Pancasila 

Di video sebelumnya ibu dan bapak guru sudah mempelajari bahwa Project penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi murid untuk belajar dalam situasi tidak formal dan struktur yang fleksibel 

Selain itu murid akan merasakan kegiatan belajar yang lebih interaktif serta terlibat langsung dengan lingkungan sekitar 

Kali ini kita akan membahas tentang prinsip-prinsip dalam menjalankan Project penguatan profil pelajar Pancasila 

Mari kita bahas satu per satu: 

Prinsip yang pertama adalah holistik 

Prinsip ini mendorong kita untuk mengkaji sebuah tema secara utuh dan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam. Dengan prinsip ini tema Project menjadi wadah untuk meleburkan beragam perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu. 

Misalnya ibu dan bapak guru bisa mengangkat isu yang sekarang sedang hangat yaitu perubahan iklim 

Agar murid merasa bahwa ini adalah isu besar yang sangat penting, ajak mereka melihat gambaran secara luas, lalu memahaminya secara bertahap sesuai kemampuan mereka. Di awal kita bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang dimulai dari diri sendiri,  atau dekat dengan with agar memancing kesadaran mereka misalnya 

Mengapa akhir-akhir ini cuacanya lebih panas atau hujan turun lebih lebat dari biasanya?

Apakah kebun sekolah terlihat berbeda karena cuaca ekstrim tersebut ? Apa yang berbeda?

Lalu kita bisa lanjutkan dengan pertanyaan seputar perubahan iklim yang berdampak pada mereka misalnya 

Jika kebun sekolah kering, Apakah ada dampaknya pada keadaan rumah dan lingkungan sekitar saya seperti kualitas dan kuantitas air menurun banyak petani yang gagal panen meningkatnya wabah penyakit dan lain-lain?

Setelah itu pajak murid berpikir kenapa ini bisa terjadi? apa faktornya, identifikasi perilaku diri yang dapat mempengaruhi perubahan iklim

Terakhir lanjutkan dengan pertanyaan

Langkah nyata apa yang bisa kita lakukan bersama dirumah dan disekolah untuk mencegah perubahan iklim menjadi lebih buruk?

Setelah mengkaji banyak hal tentang perubahan iklim Ingatkan mereka bahwa generasi selanjutnya juga memiliki hak yang sama untuk menikmati bunyinya indah dan nyaman seperti yang kita nikmati sekarang ini 

Cara pandang holistik ini juga mendorong kita untuk dapat melihat koneksi yang bermakna antar komponen dalam pelaksanaan projek seperti murid guru dan masyarakat dan realitas kehidupan sehari-hari

Prinsip yang kedua adalah kontekstual 

Prinsip ini mendorong guru dan murid untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran. iibu dan bapak guru bisa menyajikan tema Project yang sebisa mungkin dapat menyentuh persoalan lokal yang terjadi di lingkungan belajar masing-masing.

Contohnya kami pahlawan lingkungan SDN 03 jaha di Anyer Banten ingin mengajak murid untuk peduli pada lingkungan alam sekitar.

Kita dapat memberi kesempatan pada murid untuk mengamati salah satu lingkungan alam terdekatnya yaitu sekolah. Mereka bisa mencari informasi tentang apa tiga masalah lingkungan terbesar di sekolah 

  • Siapa saja yang bertugas menjaga dan merawat lingkungan alam sekolah?
  • Apa dampak lingkungan alam yang tak terawat?
  • Bagaimana caranya agar lingkungan alam sekolah menjadi lebih sehat dan terawat? 
  • Bisakah barang-barang bekas dimanfaatkan kembali?

Jadi dengan mengambil tema yang berkorelasi melalui lingkungan terdekatnya atau kontekstual membuat murid Lebih memahami hal-hal yang bermakna bagi kehidupannya. Dengan mendasarkan Project pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian diharapkan murid dapat mengalami pembelajaran yang bermakna untuk secara aktif meningkatkan pemahaman dan kemampuannya 

Baiklah kita bahas prinsip yang selanjutnya ya 

Prinsip yang ke 3 adalah berpusat pada murid

Prinsip ini mendorong murid untuk aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri dari mulai perancangan menentukan jenis Project hingga pelibatan diri dalam evaluasi projectnya. Yuk dan coba melakukan refleksi bersama-sama bertanya pada diri sendiri 

  • Apakah selama ini saya selalu menjadi aktor utama dalam kegiatan belajar mengajar?
  • Apakah selama ini hanya saya yang menjelaskan materi dan murid hanya diam mendengarkan? 
  • Apakah selama ini saya terlalu memberikan banyak instruksi?
  • Bagaimana kalau sekarang kita balik saya adalah fasilitator pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan bagi murid untuk mengeksplorasi berbagai hal atas dorongannya sendiri?

Misalnya tema Project adalah wirausaha from local to global di jenjang SMP atau SMA atau SMK kita dapat memberikan kesempatan kepada murid untuk 

  • Mengajukan ide makanan lokal apa saja yang banyak disukai orang 
  • Mencari solusi bagaimana caranya makanan lokal bisa menarik minat orang dari luar daerah untuk mencobanya misalnya dengan membuat desain kemasan yang menarik dan membuat beberapa variasi
  • Membuat rancangan biaya yang diperlukan untuk mengolah atau mengemas makanan lokal tersebut agar lebih mengikat pasar yang lebih luas, harapannya Setiap kegiatan pembelajaran dapat mengasah kemampuan murid dalam memunculkan inisiatif serta meningkatkan daya untuk menentukan pilihan dan memecahkan masalah yang dihadapinya 
Sekarang kita bahas prinsip yang terakhir 

Prinsip yang keempat adalah eksploratif 

Prinsip ini berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses pengembangan diri dan proses inkuiri yang merupakan proses memperoleh informasi dengan mengembangkan pertanyaan, menyelesaikan permasalahan, memperoleh wawasan, merancang penelitian merefleksikan secara kritis prinsip-prinsip tertentu. Berbagai langkah yang sudah kita terapkan di atas dari mulai murid melakukan riset mencari masalah yang terjadi disekitarnya mencari fungsi langkah untuk mengatasi solusinya juga mengidentifikasi dampak merupakan bentuk dari prinsip eksploratif 

Sehingga kita bisa melihat bahwa Project pembuatan profil pelajar Pancasila memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi pelajaran, alokasi waktu, dan Penyesuaian dengan tujuan pembelajaran 

Melalui prinsip eksploratif ini kita memberikan kesempatan seluas-luasnya pada murid untuk merawat ojeknya mereka akan mencari sumber ide dan bahan sendiri baik dari lingkungan fisik sekitar maupun dari internet 

Untuk dapat mendukung hal tersebut ibu dan bapak guru diharapkan tetap dapat merancang kegiatan Project secara sistematis dan terstruktur agar dapat memudahkan pelaksanaannya 

Bagaimana ibu dan bapak guru, Apakah sudah semakin tidak sabar untuk menerapkan empat prinsip ini dalam pembelajaran  

Selamat belajar ibu dan bapak guru hebat salam dan bahagia 

Link Video Silahkan Klik Disini

Link