Halo ibu bapak guru salam dan bahagia
Apa kabar Semoga senantiasa sehat dan Prima ya
Kita akan berjumpa lagi bersama modul memahami assessment
Kali ini kita akan membahas topik assessment dan kurikulum
Ibu-bapak guru kita mulai dengan membahas sejenak peran assessment dalam implementasi kurikulum di kelas
Kita pahami kembali bahwa dalam pembelajaran paradigma baru assessment berperan memberikan informasi bagi para pendidik, murid dan orangtua
Secara khusus assessment digunakan untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya dan pada gilirannya akan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas Oleh karena itu ibu bapak guru assessment bisa diselenggarakan di kelas secara multi arah assessment bisa dilakukan dari guru ke murid antar murid ataupun spire assessment maupun penilaian diri yang dilakukan secara mandiri oleh murid maupun guru
Dengan demikian asesmen yang dilakukan dikelas bukan hanya memberikan data perkembangan belajar murid tetapi juga upaya
- menstimulasi pola berfikir,
- bertumbuh untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran
Pilihan waktu dan asesmen, dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan
Ibu bapak guru lantas Bagaimana keterikatan antara
- capaian pembelajaran,
- tujuan pembelajaran dan
- asesmen
kita segarkan kembali ingatan kita yuk
Capaian ajaran adalah kompetensi dan karakter yang dicapai oleh murid setelah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu
Capaian pembelajaran ini kemudian diturunkan kedalam alur tujuan pembelajaran yang memuat berbagai tujuan pembelajaran
Nah salah satu tujuan asesmen adalah untuk mendapatkan informasi Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai dengan baik dan strategi Apa yang bisa dilakukan untuk menjadikannya lebih baik lagi
Kemudian karena murid adalah pusat pembelajaran, Bagaimana ibu bapak guru Melakukan asesmen yang dibuatkan murid secara aktif
Di kelas kita bisa menerapkan berbagai cara misalnya, ibu bapak guru bisa mengajak murid Melakukan
- asesmen Mandiri atau self assessment dan
- assesmen antar teman atau peer assesmen.
Kedua cara asesmen ini dilakukan oleh murid untuk melihat apakah rencana belajarnya berproses dengan baik salah satu contoh asesmen Mandiri yang sederhana adalah tabel checklist rencana dan capaian artinya murid tahu benar apa yang akan mereka pelajari dalam kurun waktu tertentu ibu bapak guru dapat mendiskusikan tujuan pembelajaran dan indikatornya dikelas tabel dibuat murid pada awal pembelajaran untuk diisi selama masa pembelajaran berlangsung dan ketika pembelajaran berakhir
Ibu bapak bisa melihat pada kolom capaian ada angka 1 2 3 dan 4 ini hanya contoh murid bisa membuat variasi sendiri misalnya dengan huruf atau dengan skala yang lain
Dengan asesmen Mandiri ini murid terlibat sepenuhnya dalam rancang rencana belajar, memantau proses belajarnya dan melakukan refleksi atau evaluasi mandiri atas proses yang dijalaninya
Melalui asesmen Mandiri murid juga menemukan kekuatan dan kelemahannya, kemudian mencari cara untuk mencapai tujuan pembelajarannya dengan lebih baik
Ibu dan bapak guru peer assessment atau penilaian antarteman juga bisa melibatkan murid secara aktif
Salah satu cara yang bisa dicoba adalah memberikan umpan balik kepada pendapat atau hasil karya teman ketika salah satu murid melakukan presentasi, murid yang lain menyimak dan membuat catatan Setelah itu mereka bisa menyampaikan umpan balik yang berkaitan dengan
- kekuatan,
- hal yang bisa ditingkatkan dan
- pertanyaan berkaitan dengan materi atau karya yang dipresentasikan
Penilaian antarteman ini bisa dilakukan secara terbuka atau tanpa nama
Ibu bapak guru bisa menyesuaikan dengan kondisi kelas masing-masing dengan demikian tujuan pembelajaran yang ditetapkan pada awal menjadi milik bersama, bukan hanya menjadi milik ibu bapak guru tetapi juga menjadi milik murid di kelas, karena mereka turut memantau ketercapaian tujuan pembelajaran yang mereka Jalani
Tunggu-tunggu ketercapaian tujuan pembelajaran?
Apa kriteria menentukan bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai?
Ibu-bapak guru dalam pembelajaran paradigma baru ibu-bapak guru menggunakan alur tujuan pembelajaran dan modul ajar yang berbeda-beda dengan demikian kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran pun berbeda-beda
Yang perlu menjadi catatan penting ibu-bapak guru kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap murid
Setiap murid mungkin berada pada kriteria pencapaian yang berbeda, artinya ke pria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi atau data bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid
Bagaimana ibu bapak guru, Apakah ada hal baru yang diperoleh melalui materi kali ini?
Semoga ibu bapak guru mendapatkan pesan kunci bahwa asesmen merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan baik assessment bisa dilakukan dengan melibatkan murid secara aktif melalui asesmen Mandiri dan asesmen antarteman
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran di satuan pendidikan bisa berbeda-beda dan tidak menjadi standar minimum yang harus dicapai murid demikian materi kita kali ini
Ibu bapak guru sampai jumpa dalam materi berikutnya salam dan bahagia
Link Video Silahkan klik disini
Baca juga tentang: