LU 1 Memahami Asesmen - Kurikulum dan Asesmen


LU 1 Memahami Asesmen - Kurikulum dan Asesmen

Halo ibu bapak guru salam dan bahagia 

Apa kabar Semoga senantiasa sehat dan Prima ya 

Kita akan berjumpa lagi bersama modul memahami assessment 

Kali ini kita akan membahas topik assessment dan kurikulum 

Ibu-bapak guru kita mulai dengan membahas sejenak peran assessment dalam implementasi kurikulum di kelas 

Kita pahami kembali bahwa dalam pembelajaran paradigma baru assessment berperan memberikan informasi bagi para pendidik, murid dan orangtua 

Secara khusus assessment digunakan untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya dan pada gilirannya akan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas Oleh karena itu ibu bapak guru assessment bisa diselenggarakan di kelas secara multi arah assessment bisa dilakukan dari guru ke murid antar murid ataupun spire assessment maupun penilaian diri yang dilakukan secara mandiri oleh murid maupun guru 

Dengan demikian asesmen yang dilakukan dikelas bukan hanya memberikan data perkembangan belajar murid tetapi juga upaya 

  • menstimulasi pola berfikir, 
  • bertumbuh untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran 

Pilihan waktu dan asesmen, dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan 

Ibu bapak guru lantas Bagaimana keterikatan antara 

  • capaian pembelajaran, 
  • tujuan pembelajaran dan 
  • asesmen 

kita segarkan kembali ingatan kita yuk 

Capaian ajaran adalah kompetensi dan karakter yang dicapai oleh murid setelah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu 

Capaian pembelajaran ini kemudian diturunkan kedalam alur tujuan pembelajaran yang memuat berbagai tujuan pembelajaran 

Nah salah satu tujuan asesmen adalah untuk mendapatkan informasi Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai dengan baik dan strategi Apa yang bisa dilakukan untuk menjadikannya lebih baik lagi 

Kemudian karena murid adalah pusat pembelajaran, Bagaimana ibu bapak guru Melakukan asesmen yang dibuatkan murid secara aktif

Di kelas kita bisa menerapkan berbagai cara misalnya, ibu bapak guru bisa mengajak murid Melakukan 

  • asesmen Mandiri atau self assessment dan 
  • assesmen antar teman atau peer assesmen. 

Kedua cara asesmen ini dilakukan oleh murid untuk melihat apakah rencana belajarnya berproses dengan baik salah satu contoh asesmen Mandiri yang sederhana adalah tabel checklist rencana dan capaian artinya murid tahu benar apa yang akan mereka pelajari dalam kurun waktu tertentu ibu bapak guru dapat mendiskusikan tujuan pembelajaran dan indikatornya dikelas tabel dibuat murid pada awal pembelajaran untuk diisi selama masa pembelajaran berlangsung dan ketika pembelajaran berakhir 

Ibu bapak bisa melihat pada kolom capaian ada angka 1 2 3 dan 4 ini hanya contoh murid bisa membuat variasi sendiri misalnya dengan huruf atau dengan skala yang lain 


Pada contoh ini angka 1 berarti kurang dua berarti cukup 3 lebih baik dan empat sangat baik pada bagian akhir tabel checklist murid akan menuliskan yang sudah kupahami, yang belum kupahami, yang harus kulakukan untuk meningkatkan belajarku 

Dengan asesmen Mandiri ini murid terlibat sepenuhnya dalam rancang rencana belajar, memantau proses belajarnya dan melakukan refleksi atau evaluasi mandiri atas proses yang dijalaninya 

Melalui asesmen Mandiri murid juga menemukan kekuatan dan kelemahannya, kemudian mencari cara untuk mencapai tujuan pembelajarannya dengan lebih baik 

Ibu dan bapak guru peer assessment atau penilaian antarteman juga bisa melibatkan murid secara aktif 

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah memberikan umpan balik kepada pendapat atau hasil karya teman ketika salah satu murid melakukan presentasi, murid yang lain menyimak dan membuat catatan Setelah itu mereka bisa menyampaikan umpan balik yang berkaitan dengan 

  • kekuatan, 
  • hal yang bisa ditingkatkan dan 
  • pertanyaan berkaitan dengan materi atau karya yang dipresentasikan 

Penilaian antarteman ini bisa dilakukan secara terbuka atau tanpa nama 

Ibu bapak guru bisa menyesuaikan dengan kondisi kelas masing-masing dengan demikian tujuan pembelajaran yang ditetapkan pada awal menjadi milik bersama, bukan hanya menjadi milik ibu bapak guru tetapi juga menjadi milik murid di kelas, karena mereka turut memantau ketercapaian tujuan pembelajaran yang mereka Jalani 

Tunggu-tunggu ketercapaian tujuan pembelajaran?

Apa kriteria menentukan bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai?

Ibu-bapak guru dalam pembelajaran paradigma baru ibu-bapak guru menggunakan alur tujuan pembelajaran dan modul ajar yang berbeda-beda dengan demikian kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran pun berbeda-beda 


Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran ini diturunkan dari indikator asesmen yang mencerminkan ketercapaian kompetensi pada tujuan pembelajaran, fungsinya adalah merefleksikan proses pembelajaran dan mendiagnosis tingkat penguasaan kompetensi murid agar murid dapat memperbaiki proses pembelajarannya dan pada saat yang sama guru dapat menentukan intervensi pembelajaran yang sesuai 

Yang perlu menjadi catatan penting ibu-bapak guru kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap murid 

Setiap murid mungkin berada pada kriteria pencapaian yang berbeda, artinya ke pria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi atau data bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid 

Bagaimana ibu bapak guru, Apakah ada hal baru yang diperoleh melalui materi kali ini? 

Semoga ibu bapak guru mendapatkan pesan kunci bahwa asesmen merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan baik assessment bisa dilakukan dengan melibatkan murid secara aktif melalui asesmen Mandiri dan asesmen antarteman 

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran di satuan pendidikan bisa berbeda-beda dan tidak menjadi standar minimum yang harus dicapai murid demikian materi kita kali ini 

Ibu bapak guru sampai jumpa dalam materi berikutnya salam dan bahagia 

Link Video Silahkan klik disini

Baca juga tentang: