Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah Eps 1 (4 pertanyaan refleksi)


Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah Eps 1 (4 pertanyaan refleksi)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Salam sejahtera untuk kita semuanya 

Bapak dan Ibu mari kita mulai pembahasan tentang berpikir kritis dan penyelesaian masalah untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka 

Kita mulai dengan 4 pertanyaan refleksi. Ada 4 pertanyaan rutin yang anda bisa berikan kepada peserta didik untuk mengasah berpikir kritis mereka 

Ajaklah peserta didik untuk selalu bertanya ini pada diri mereka sendiri sebelumnya ada tiga hal yang perlu diingat tentang praktek ini 

1 Bimbing agar peserta didik berani berbicara dulu 

2 Jadikan kegiatan ini rutin dan bertahap di awal mungkin guru perlu menemani peserta didik tapi nantinya peserta didik perlu bisa melakukan secara mandiri 

3 Refleksi bisa dilakukan secara lisan misalnya diskusi maupun tertulis misalnya dengan tulisan mind map ataupun sketch note 

Apa itu 4 pertanyaan refleksi rutin: 

1 apa yang saya pelajari sekarang? 

2 apa yang saya sudah mengerti?

3 apa yang saya belum mengerti?

4 Bagaimana supaya saya mengerti? 

Mari kita bahas satu persatu pertanyaan satu apa yang saya pelajari minta mereka untuk bisa menyimpulkannya dalam satu sampai dua kalimat tidak perlu lebih berikan waktu untuk mereka berpikir bisa 1 menit 5 menit tergantung waktu yang anda punya apa yang bisa guru observasi dari jawaban peserta didik ada dua hal penting 

satu, apakah mereka bisa mengutarakan Kembali istilah-istilah kunci dari topik belajar 

kedua, apakah pernyataan mereka cukup merangkum topik atau hanya memotong-motong dari bagian penjelasannya saja

Jika ucapan mereka terbata-bata berarti proses memahaminya masih berlangsung tidak apa pertanyaan kedua apa saja yang saya sudah mengerti minta peserta didik untuk menyebutkan atau menulis potongan-potongan informasi yang mereka sudah mengerti jika kegiatan ini diadakan bersama di kelas cukup minta mereka untuk menyampaikan satu potongan informasi secara bergilir Jika kegiatan ini dilakukan secara tertulis 

Mintalah peserta didik untuk menuliskan sebanyak mungkin anda bisa memberikan ini sebagai tugas sebelum atau sesudah sesi tatap muka apa yang guru bisa observasi dari jawaban peserta didik ada 3 hal cermin dari jawaban mereka 

Pertama, seberapa lengkap potongan informasi yang ditangkap peserta didik 

Kedua, Apakah informasi yang mereka sampaikan merupakan inti atau sampingan 

Misalnya guru mata pelajaran Fisika memberikan contoh Bagaimana gaya sentrifugal dan gaya sentripetal terjadi dalam balapan Formula One jika bagi peserta didik topiknya masih terlalu sulit yang mungkin ia ingat adalah detail-detil cerita formulanya pemahaman tentang teori gaya sentripetal dan sentrifugalnya sendiri masih meleset 

Ketiga, seberapa mendalam pemahaman mereka terhadap materi 

Anda bisa merujuk ke Taksonomi Bloom Apakah jawaban mereka mencerminkan 
  • mengingat 
  • memahami 
  • mengaplikasikan 
  • menganalisis 
  • mengevaluasi atau 
  • bahkan sudah menciptakan 
Pertanyaan ketiga, apa yang saya belum mengerti 

Minta peserta didik menyampaikan apa yang mereka belum mengerti tentang topik pelajarannya 

Pertanyaan ini adalah kunci berpikir kritis disini mereka akan paling butuh bantuan bapak dan ibu guru butuh latihan untuk peserta didik bisa mengenal apa yang mereka mengerti dan apa yang mereka tidak mengerti peserta didik mungkin akan bilang banyak Pak atau semua Bu Jawablah kira-kira seperti ini. Tidak apa Coba sebutkan satu butir saja yang kamu tidak mengerti bagian paling penting dari refleksi termasuk di pertanyaan ini adalah peserta didik Mampu mengartikulasikan yang mereka mengerti dan yang mereka tidak mengerti

Pertanyaan keempat, Bagaimana caranya supaya saya bisa mengerti 

Pertanyaan keempat memancing peserta didik untuk sadar bahwa ada kondisi ideal yang harus mereka capai misalnya ketika melakukan penelitian mereka harus bisa mengikuti langkah-langkah metode penelitian dengan tepat. 

Pertanyaan keempat membuat mereka sadar antara pengetahuan tentang penelitian yang mereka miliki dengan urutan langkah-langkah metode penelitian yang tepat bimbing peserta didik untuk membuat rencana konkret jangan berhenti dengan jawaban caranya adalah dengan belajar lebih giat Bu atau jawaban serupa ada beberapa contoh strategi yang mereka bisa lakukan bertanya pada teman pada guru bertanya kepada narasumber pakar browsing internet dan lain-lain 

Demikianlah pembahasan kita tentang 4 pertanyaan refleksi 

Carilah kesempatan untuk mempraktekkan ini dalam kegiatan pembelajaran anda 

Selamat mencoba

Link Video Silahkan Klik Disini 

Baca Juga tentang: