Ruang Lingkup Materi Bahasa Inggris SMP Pada Merdeka Belajar

 


Ruang Lingkup Materi Bahasa Inggris SMP Pada Merdeka Belajar

Ruang Lingkup Materi Bahasa Inggris SMP Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Berdasarkan Salinan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah, Pasal 1 dijelaskan bahwa:

Standar Isi adalah kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

Peserta Didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

Pendidikan Menengah adalah lanjutan Pendidikan Dasar.

Pada Pasal 2 dijelaskan bahwa:

Standar Isi dikembangkan melalui perumusan ruang lingkup materi yang sesuai dengan kompetensi lulusan.

Muatan wajib yang dimuat dalam kurikulum Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang meliputi:

a. pendidikan agama;

b. pendidikan Pancasila;

c. pendidikan kewarganegaraan;

d. bahasa;

e. matematika

f. ilmu pengetahuan alam;

g. ilmu pengetahuan sosial;

h. seni dan budaya;

i. pendidikan jasmani dan olahraga;

j. keterampilan/kejuruan; dan

k. muatan lokal.


D. Ruang Lingkup Materi Sekolah Menengah Pertama/Madrasah

Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa/Paket B/Bentuk Lain

yang Sederajat

4. Bahasa

b. Bahasa Inggris

1) teks interaksional dan transaksional dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, dan lingkungan di Indonesia;

2) teks multimodal, fiksi dan nonfiksi, dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, dan lingkungan di Indonesia;

3) kosakata, kalimat, dan ungkapan yang lazim digunakan dalam teks dengan konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, dan lingkungan di Indonesia;

4) elemen berbahasa nonverbal;

5) unsur kebahasaan dalam ragam teks multimodal;

6) ragam budaya di Indonesia dalam teks multimodal;

7) gambar bergerak dan tidak bergerak dalam teks sebagai bagian dari literasi visual;

8) kosakata yang berkaitan dengan pengembangan literasi visual;

9) strategi analisis isi teks; dan

10) proses menulis teks multimodal.

Pembahasan mengenai ruang lingkup materi diatas.

- Model komunikasi interaksional adalah komunikasi yang menekankan pada proses komunikasi dua arah di antara para komunikator. Komunikasi belangsung dua arah yaitu dari pengirim kepada penerima dan sebaliknya yaitu dari penerima kepada pengirim.

Komunikasi transaksional menekankan pada proses pengiriman dan penerimaan pesan yang berlangsung secaraterus-menerus atau berkesinambungan. Karena proses ini terjadi secara terusmenerus, maka proses komunikasi pun menjadi lebih interaktif.

Contoh teks interaksional: 

  • Memberi dan merespon sapaan
  • Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
  • Mengucapkan terima kasih
  • Meminta dan memberi maaf
  • Menggunakan ungkapan kesantunan 

Contoh teks transaksional:
  • Meminta dan memberi jasa
  • Meminta dan memberi barang
  • Meminta dan memberi fakta
  • Meminta dan memberi pendapat
  • Menyatakan suka dan tidak suka
  • Meminta klarifikasi 
Teks interaksi transaksional bertujuan untuk mengidentifikasi ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga. Dalam teks ini akan diterapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. unsur kebahasaan yang dibahas tentang pronoun; subjective, objective, possessive

- Teks multimodal adalah teks dapat berwujud perpaduan antara teks lisan atau tulis dan gambar/animasi/film (Wiratno, Purnanto, & Damaianti, 2014).
teks multimodal berupa bahasa, gambar, musik, gestur, dan arsitek. (Pratiwy & Wulan, 2018)
Teks multimodal mengandung komposisi yang menghubungkan teks dengan makna representasi dan makna interaktif (Kress & Leeuwen, 2006).
 
- Kosakata adalah perbendaharaan kata atau vocabulary, yaitu pengertian kata dari sumber ke target. kalimat adalah sekumpulan kata yang mempunyai arti. dan ungkapan atau dalam bahasa inggris expression is a word or group of words used in a particular situation or by particular people:

- elemen bahasa non-verbal seperti menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.

- Strategi analisis isi teks yaitu analisis isi kualitatif  seperti tempat, tanggal dan alat komunikasi yang bersangkutan. Namun, kalau objek penelitian berhubungan dengan pesan pesan satu dalam suatu media, perlu dilakukan identifikasi terhadap pesan dan media yang mengantarkan pesan itu.
analisis isi kuantitatif.  berupa narasi tertulis yang diambil dari koran, majalah, acara TV, naskah pidato, tetapi juga melebar hingga arsitektur, model pakaian, bahkan perkantoran, rumah makan dan sarana-sarana di ruang publik.

Demikian, Semoga dapat bermanfaat..

Baca Juga Tentang: