Kepemimpinan, Inovasi, dan Implementasi Merdeka Belajar

 

Kepemimpinan, Inovasi, dan Implementasi Merdeka Belajar

Apa itu kepemimpinan dalam kurikulum merdeka dan bagaimana cara mewujudkannya?

Halo Bapak Ibu perkenalkan saya Ivan Ahda. Pada video pertama ini, kita akan membahas tentang dua hal yaitu 

1. Definisi kepemimpinan dan 

2. Pentingnya kepemimpinan dalam implementasi kurikulum Merdeka

Sesuai dengan namanya, kurikulum Merdeka memberi kemerdekaan pada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik, untuk mewujudkan inovasi pembelajaran dalam kurikulum Merdeka yang berpusat pada pengembangan karakterfokus pada materi esensial serta pembelajaran fleksibel 

Ini Membutuhkan peran bapak ibu guru yang sangat optimal sebagai pemimpin dalam proses pembelajaran 

Mungkin Bapak Ibu sudah tidak asing dengan kata pemimpin ataupun kepemimpinan. Kepemimpinan lazim didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggerakkan sekelompok orang dalam mencapai tujuan bersama

Definisi ini memuat dua poin utama, menggerakkan dan mencapai tujuan, terdengar seperti apa yang selama ini bapak ibu lakukan di dalam kelas bukan? Dalam satu kelas proporsi guru dan murid pada umumnya adalah 1 banding 40. Guru bertanggung jawab untuk mengorganisir mendapatkan perhatian menginspirasi melibatkan dan memastikan kelancaran pembelajaran bagi ke 40 murid tersebut 

Menurut Warrend Bennis, seorang pakar kepemimpinan aktivitas-aktivitas tadi lekat kaitannya dengan kepemimpinan yang efektif seperti:

1. Menginspirasi dan motivasi orang lain, 

2. Memberikan visi untuk masa depan, 

3. Bertindak sebagai mentor, membangun komunitas, dan 

4. Mengimplementasikan visi. 

Lebih lanjut lagi, pemimpin dalam kelas juga akan:

1. Memprioritaskan mengajar dan belajar 

2. Mendukung budaya belajar berkelanjutan serta 

3. Menggunakan bukti atau data terkait capaian akademik murid untuk membuat keputusan dan menentukan prioritas 

Jadi sebagai pemimpin dalam kelas, dibutuhkan peran aktif untuk turut menggerakkan anggotanya tidak hanya mengarahkan dan mensupervisi saja. Tidak hanya di dalam kelas kurikulum Merdeka juga membutuhkan peran vital dari bapak ibu guru yang berperan sebagai pemimpin di sekolah 

Studi oleh Wallace Foundation pada tahun 2021, menemukan bahwa Kepala Sekolah yang efektif memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil pembelajaran murid di kelas dibandingkan Kepala Sekolah yang kurang efektif 

Bagaimana bisa begitu?

Ini karena kepala sekolah dapat membuat dan mengatur kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan guru dan infrastruktur sekolah yang dapat mendukung pembelajaran di kelas misalnya: 

Melalui penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik murid maupun konteks sosial budaya lingkungan tempat sekolah berada 

Kepala Sekolah yang menunjukkan kepemimpinan yang baik pun dapat memberikan contoh kepada para guru yang kemudian mencontohkan kepemimpinannya kepada muridnya pula dapat disimpulkan bahwa Bapak Ibu adalah pemimpin yang memiliki peran sangat esensial untuk merealisasikan kemerdekaan pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing 

Pertanyaan berikutnya pemimpin seperti apakah yang dibutuhkan?

Baik Bapak Ibu dari pembahasan kita sejauh ini tema yang sering kali muncul adalah menggerakkan, membangun, dan menginspirasi. Kata-kata tersebut menggambarkan salah satu jenis kepemimpinan yang amat baik bila diterapkan dalam inovasi pendidikan yaitu kepemimpinan transformasional 

Apakah Bapak Ibu sudah pernah mendengarnya penasaran ingin mengetahui lebih lanjut Ayo simak video berikutnya


Link Video Silahkan Klik Disini

Link