Salam dan bahagia
Ibu dan bapak guru kita berjumpa kembali dalam Modul memahami murid.
Pada materi-materi sebelumnya kita sudah belajar mengenai ragam pemetaan dan kebutuhan Murid.
Kali ini kita akan belajar bagaimana menyelaraskan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran.
Pertama-tama Mari kita simak Pak Usro guru SD kelas 4, sepertinya beliau sedang kebingungan ada apa ya?
"Setelah melakukan assessment diagnostik untuk mapel IPAS kali ini berarti ada 40 persen murid saya belum paham wujud zat 50% sudah paham, dan 10% bahkan sudah bisa menyebutkan beberapa bentuk perubahan zat sederhana saya harus melakukan sesuatu agar setiap murid saya tetap dapat belajar dengan nyaman dan sesuai perkembangannya, Saya harus lihat dulu tujuan pembelajarannya. kalau begini saya harus membagi murid dalam tiga kelompok a b dan c, kemudian saya sesuaikan tujuan pembelajarannya sesuai dengan hasil asesmen diagnostik ya kira-kira nanti begini kelompok dan TP-nya
Ibu dan bapak guru seringkali kita mengalami keadaan kelas seperti Pa Usro yaitu adanya kemampuan dan kebutuhan murid yang beragam ini merupakan Tantangan untuk kita sebagai guru terutama saat menghadapi materi baru yang membutuhkan pemahaman murid sebagai kemampuan prasyaratnya
Pak Usro sadar dalam mata pelajaran IPA sebelum masuk pemahaman perubahan wujud zat tentunya setiap murid harus memiliki Pemahaman konsep wujud zat dulu, tetapi ternyata ada 40% muridnya yang bahkan belum paham akan konsep wujud zat. Akhirnya pak Usro membagi murid menjadi tiga kelompok dan setiap kelompok mempunyai tujuan pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Saat menemui kasus murid dengan bermacam-macam kebutuhan seperti ini apa yang dapat kita lakukan? Kita bisa menyelaraskan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan
Marcie Nordlund mengungkapkan bahwa kita dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi dengan tiga alternatif modifikasi yaitu
- Modifikasi proses
- Produk akhir dan
- Konten
Berikut adalah penjelasannya:
Lalu Bagaimana cara penerapannya?
Mari kita kembali ke Pa Usro, setelah Melakukan asesmen diagnostik, Pa Usro membagi murid dalam kelompok-kelompok, lalu ia membuat tujuan pembelajaran yang berbeda-beda untuk masing-masing kelompok
Ingat kan? Sebenarnya disini Pa Usro sudah melakukan diferensiasi proses. Pak Usro tetap memenuhi kebutuhan murid agar mereka belajar sesuai kemampuan dan levelnya masing-masing sehingga tidak ada murid yang dipaksa untuk mengerti suatu konsep yang bahkan pengetahuan prasyaratnya saja belum dikuasai, kedepannya pengelompokan ini akan membantu pa Usro dalam melakukan diferensiasi produk akhir dan konten.
Yuk kita lihat kembali kelas Pa Usro
"Selamat pagi anak-anak, untuk membantu kita belajar dengan mapel IPAS, kita akan bekerja dalam kelompok. Silahkan duduk sesuai kelompok
Materi kali ini adalah wujud zat dan perubahannya kita akan mempelajari ragam zat benda perubahannya dan faktor yang mempengaruhi kita juga akan belajar bagaimana perubahan zat benda ini dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penjelasan seperti itu kira-kira hal apa yang ingin kalian ketahui terkait materi ini silahkan diskusikan nanti ya sebelumnya Bapak mau info bahwa kita akan membuat Project berkelompok"
"Projectnya adalah produk akhir atau hasil karya akhir yang ingin kalian lakukan di akhir materi ini misalnya, kalian ingin menceritakan proses perubahan wujud zat saat membuat agar-agar atau membuat demonstrasi perubahan wujud agar-agar juga boleh Project dapat berbentuk video lagu komik dan lain sebagainya diskusikan Project apa ingin kalian buat dalam kelompok ya"
"Wah menarik sekali, masing-masing kelompok mempunyai Project akhir yang berbeda-beda. Hal yang ingin diketahui juga berbeda-beda, bapak senang sekali membacanya. Baik, Apakah semuanya masih ingat dengan rencana proyek akhir kalian, untuk membantu kalian hari ini akan Bapak beri pertanyaan panduan nanti silahkan diskusikan dengan anggota kelompoknya masing-masing. Untuk membantu kalian Bapak juga sudah sediakan beberapa alat peraga poster buku teks dan juga video di meja depan sini silahkan pergunakan dengan baik saat diskusi berlangsung Tentukan peran dalam kelompok untuk membantu kalian berdiskusi baik. ini panduan untuk kelompok A ini panduan itu kelompok B ini panduan untuk kelompok C"
Wah komplit sekali Pak Usro sudah melakukan ketiga diferensiasi untuk menyelaraskan kebutuhan murid dalam kegiatan belajar di kelas ia membagi kelompok menyesuaikan tujuan pembelajarannya mengajak murid menentukan produk akhir hingga melakukan diferensiasi content di dalam pelaksanaannya silakan ibu dan bapak menggunakan jenis diferensiasi sesuai kebutuhan
Ibu dan bapak guru sekian materi penyelarasan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran
Selalu Ingatlah bahwa guru bukan satu-satunya sumber belajar dikelas libatkanlah murid dalam proses belajarnya Seperti apa caranya, kita akan belajar pada materi Selanjutnya ya
Semangat untuk terus belajar ibu dan bapak guru hebat
Salam dan bahagia
Link Video Silahkan Klik Disini