Mengakses dan Menemukan Isi Teks
Ibu dan bapak akan saya ajak melihat sebuah situasi kelas dimana seorang peserta didik, Beni, sedang membaca teks tentang proklamasi kemerdekaan Ia membacanya berulang-ulang dan berusaha untuk memahaminya
Beni: "proklamasi kemerdekaan dimaknai sebagai pernyataan resmi yang menandakan terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajah Proklamasi Kemerdekaan dimaknai, pertanyaan resmi, Proklamasi Kemerdekaan resmi........Aduh jadi apa ya proklamasi itu"
Beni terus mengulang-ulang membaca teks tersebut
Mengakses dan menemukan informasi dalam sebuah teks seringkali menjadi hal yang sulit dilakukan. Sebenarnya proses apa saja ya yang berlangsung saat kita mengakses dan menemukan isi teks dan mengapa ini menjadi bagian penting dalam pembelajaran literasi
Kemampuan menemukan informasi dalam teks penting karena ini adalah kemampuan dasar peserta didik untuk dapat memahami topik pembelajaran yang sedang dibahas.
Saat membaca, otak kita memproses rangkaian kata dalam teks untuk mengkonstruksi makna berupa informasi pada teks tersebut. Namun membaca bukan hanya mengejar Rangkaian Kata saja tetapi kita perlu memahami apa yang dibaca.
Nah untuk memahami tentunya kita perlu untuk tahu dulu cara menemukan informasi atau isi dari teksnya
Kita perlu membimbing peserta didik untuk memahami makna kosakata dan kalimat sehingga dapat mengkonstruksi makna sebuah informasi pada teks
Dalam literasi di rapor pendidikan kompetensi literasi dapat dikembangkan melalui teks fiksi dan nonfiksi.
Apapun jenis teksnya apabila peserta didik tidak dapat mengakses dan menemukan informasi pada teks maka dia akan kesulitan dalam memahami atau merangkai berbagai informasi yang ada pada teks untuk membangun makna baru
Ibu dan Bapak kira-kira sudah ada bayangan belum, Bagaimana sih gambaran peserta didik yang mempunyai kesulitan dalam mengakses dan menemukan isi teks
Nah ayo kita ketemu pak guru Rian Sepertinya Ia punya masalah yang sama nih, Yuk kita lihat.
Pak guru Rian telah selesai membacakan teks tentang organ gerak manusia dan hewan, saat ini pak guru ingin tahu bagaimana pemahaman anak tentang teks ini
Pak Guru Rian: "Adi, jadi apa saja organ gerak manusia yang disebutkan pada bacaan tadi?"
Sepertinya dia tidak paham isi teksnya aku kasih tahu aja deh.
Pak Guru Rian: "Itu loh di jawabannya ada di paragraf kelima"
Adi: "Paragraf itu apa Pak?"
Pak Guru Rian: "Wah apakah Adi tidak menyimak atau menyimak namun tidak paham ya?"
Wah sepertinya pak guru Rian sedang kesulitan nih, Coba deh kita beralih dulu ke SMP jaya kusuma. Apakah Bu Guru Santi punya kesulitan yang sama?
Bu Guru Santi: "Anak-anak Siapa yang bisa Sebutkan contoh kalimat opini dari teks buku jendela ilmu. Bagaimana dengan kalimat fakta ada yang tahu. Boni, Apakah kamu mengerti apa yang dimaksud buku jendela ilmu dalam teks ini?"
Boni: "mmh...enggak Bu"
Bu guru Santi : hufft
Wah ternyata hal-hal seperti ini dapat ditemukan ya disekitar kita dalam pembelajaran sehari-hari, ibu dan bapak pernah mengalami juga nggak?
Apabila Ibu, Bapak menemukan permasalahan seperti ini, Ibu, Bapak perlu memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk memahami teks bacaan tersebut
Memangnya Seberapa pentingnya sih Kompetensi ini?
Menemukan informasi pada bacaan merupakan tahapan yang penting dikuasai peserta didik untuk memahami isi bacaan.
Untuk memahami bacaan tadi di perlu mampu memahami informasi-informasi kunci pada bacaan terlebih dahulu.
Hal ini disebabkan karena pemahaman terhadap keseluruhan bacaan diperoleh dari rangkaian informasi kunci tersebut
Jika setiap peserta didik sudah memiliki kemampuan identifikasi isi bacaan yang baik, diharapkan ia dapat dengan mudah menyerap dan memahami konsep yang disampaikan dalam tiap mata pelajaran dengan maksimal.
Ibu, bapak sebenarnya banyak loh strategi yang bisa dilakukan untuk mengajarkan peserta didik agar lebih mudah dalam proses mengakses dan menemukan isi teks
Seperti apa ya strateginya? Ibu, bapak bisa lihat pada video Selanjutnya ya
Sampai jumpa
Link Video Silahkan Klik Disini
Link