Bagaimana Kepala Satuan Pendidikan melakukan tahapan Supervisi Akademik
Meningkatkan kualitas Pembelajaran dapat dilakukan kepala satuan pendidikan dengan melakukan tahapan pendampingan kepada guru melalui supervisi akademik.
Supervisi akademik adalah upaya saya sebagai kepala satuan pendidikan untuk memastikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpengaruh terhadap hasil pembelajaran siswa. Oleh sebab itu saya perlu memastikan supervisi akademik ini yang efektif, dengan mempersiapkan dan merencanakan dengan matang pelaksanaannya, kemudian mengobservasi kegiatan pembelajaran oleh guru secara objektif dan memberikan umpan balik kepada guru setelah pelaksanaannya.
Supervisi akademik ini sangat perlu dilakukan oleh seorang kepala satuan pendidikan karena bisa membantu untuk mengefektivitaskan apa pembelajaran yang dilakukan oleh guru di samping itu ujung-ujungnya yang Diharapkan dengan adanya supervisi akademik ini proses pembelajaran atau kualitas pembelajaran itu bisa meningkat
Prinsip supervisi akademi itu adalah harus objektif artinya harus sesuai dengan pengamatan dan yang terjadi di ketika pelaksanaan di lapangan, dalam hal ini proses pembelajaran. Kemudian supervisi akademik juga tidak hanya melakukan pengamatan tetapi juga memberikan perbaikan-perbaikan untuk mencari solusi hingga tindak lanjut berikutnya.
Kemudian mendengarkan keluhan dan kendala masukan dari guru itu untuk perbaikan selanjutnya juga barangkali ya.
Tahapan supervisi yang saya ketahui ada tiga:
Yang pertama adalah persiapan dimana dalam tahap persiapan ini kita harus membuat jadwal yang disepakati dengan bapak atau ibu guru
Yang kedua adalah menyiapkan dokumen-dokumen supervisi, Kemudian tahap pelaksanaan yang pertama adalah memeriksa RPP kemudian kita melakukan pengamatan ketika proses pembelajaran itu berlangsung. Kemudian dalam pelaksanaan juga harus ada umpan balik terhadap bapak atau ibu guru
Yang terakhir adalah tahap tindak lanjut mereka hasil penilaian dan melaksanakan tindak lanjut perbaikan bersama guru
Supervisi akademik dilakukan untuk membantu guru meningkatkan efektivitas pembelajaran yang dilakukannya supervisi akademik yang efektif dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif pula.
Tambahan informasi dari Gambar.
Supervisi akademik dilakukan untuk membantu guru meningkatkan efektivitas pembelajaran yang dilakukannya.
Mengapa Kepala Satuan Pendidikan harus melakukan supervisi akademik?
Menurut Sergiovanni:
- Pengawasan kualitas
- Pertumbuhan motivasi
- Pengembangan profesional
Tahapan supervisi akademik
1. Tahap merencanakan
- Menjadwalkan supervisi akademik
- Menyediakan suplemen supervisi akademik
2. Tahap melaksanakan
- Memeriksa perencanaan pembelajaran
- Mengobservasi kegiatan pembelajaran
- Memberikan umpan balik terkait rencana dan praktik pembelajaran guru
3. Tahap menindaklanjuti
- Mengumpulkan dan mengolah data hasil pemeriksaan perencanaan pembelajaran dan observasi pembelajaran
- Berdiskusi mengenai kebutuhan guru dalam pengembangan diri dan peningkatan kualitas pembelajaran
- Menentukan kegiatan pendampingan sesuai sumber daya yang dimiliki bersama guru.
- Melaksanakan pendampingan ke guru
PRINSIP DALAM MENJALANKAN SUPERVISI AKADEMIK
1. OBJEKTIF
Masukan/data sesuai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi – berdasarkan instrumen-
2. KOMPREHENSIF
Supervisi bersifat lengkap dari kendala guru, solusi hingga tindak lanjut untuk menjalankan solusi
3. AKTIF
Kegiatan supervisi tidak hanya satu arah dari kepala satuan pendidikan , namun guru juga aktif berpartisipasi menyampaikan kendala dan menemukan solusi
Link Video Silahkan Klik Disini