P5 - Prinsip Evaluasi Projek


 P5 - Prinsip Evaluasi Projek

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru Selamat datang kembali di modul evaluasi Project video kali ini akan menjelaskan prinsip evaluasi Project Mari kita simak videonya bersama 

Ibu dan bapak guru, setelah Project sudah direncanakan kemudian Project juga sudah berjalan apa ya yang perlu kita lakukan?

Hal yang selanjutnya dilakukan adalah melakukan refleksi dan mendapatkan umpan balik dari semua orang yang terlibat pada pembelajaran berbasis projek 

Guru dan murid perlu untuk melakukan evaluasi dan refleksi terhadap aktivitas dan hasil yang sudah dijalankan 

Jika memungkinkan orangtua dan mitra dapat dilibatkan untuk melakukan evaluasi dan refleksi tersebut 

Ibu dan bapak guru Mengapa kita perlu melakukan evaluasi implementasi Project?

Berikut ini beberapa alasan pentingnya evaluasi dalam Project baik bagi guru maupun murid 

Bagi guru sebagai fasilitator, Project evaluasi dan refleksi ini perlu kita lakukan agar dapat mengupayakan usaha terbaik untuk murid-murid. Guru juga dapat mengetahui apakah Project yang berjalan benar-benar mencapai tujuan atau tidak 

Dan bagaimana pembelajaran yang telah berlangsung serta guru dapat melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan untuk aktivitas atau Project selanjutnya gunakanlah pola pikir berkembang 

Growth mindset sebagai landasan kita dalam mengevaluasi Project murid dalam pola pikir berkembang road mindset berarti kita berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat murid kita dapat dikembangkan Seiring berjalannya waktu dengan melalui kerja keras kesungguhan latihan dan ketekunan 

Ibu dan bapak guru diharapkan menghindari pola pikir tetap fixed mindset saat menyusun evaluasi Project dimana kita berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat murid kita itu bersifat tetap dan tidak dapat berubah 

Dengan ibu dan bapak guru menerapkan pola pikir kembang growth mindset dalam evaluasi murid akan terfasilitasi untuk dapat merefleksi dan berkembang dalam pembelajarannya 

Selain itu guru juga memiliki kesempatan yang sama untuk terus belajar dan bertumbuh dengan pengembangan diri yang dilakukan oleh guru melalui evaluasi implementasi proyek tersebut sama berlaku untuk murid-murid mereka juga butuh waktu untuk melakukan evaluasi dan refleksi 

Murid-murid dapat meninjau kembali setiap tujuan pembelajaran dan melihat apakah mereka merasa memenuhi atau melampaui kriteria atau Bahkan sebaliknya 

Selain itu evaluasi dan refleksi ini juga membantu siswa berpikir tentang apa yang telah berhasil dan apa yang tidak selama proses pembelajaran Project sehingga mereka dapat mencapai hasil yang lebih baik 

Evaluasi dan refleksi juga dapat mengajarkan murid mengenai pola pikir berkembang growth mindset dimana karya murid selalu dapat diperbaiki direvisi dan dikembangkan melalui masukan dan kritik yang diterima 

Lalu apa yang terjadi jika dalam pembelajaran berbasis projek tidak dilakukan evaluasi dan refleksi 

Mari kita dengarkan cerita dari Ibu Ana berikut ini

Halo saya Ibu Ana guru fisika di SMP sukacita, saya disini akan membagikan pengalaman saya tentang pentingnya evaluasi dalam Project tahun lalu.

Saya menerapkan pembelajaran berbasis projek kepada murid-murid saya tetapi saya kurang cermat sehingga saya tidak melakukan evaluasi baik selama proyek berlangsung maupun saat Project berakhir 

Topik yang diangkat dalam Project adalah merancang alat transportasi di masa depan 

Tujuan dari proyek ini adalah mempelajari cara merancang alat transportasi yang hemat energi dan ramah lingkungan tetapi salah satu murid saya mendapatkan pembelajaran yang lebih kuat dalam pembuatan Project tersebut 

Setelah menyelesaikan Project murid saya ini memposting Rancangan alat transportasi di masa depan yang telah dia desain secara publik YouTube dan mendapat komentar kritikan langsung dari seseorang yang bekerja pada perusahaan alat transportasi 

Komentar kritikan tersebut sangat berdampak pada murid saya dan membuatnya sadar akan apa yang perlu ditingkatkan dari karyanya serta dampak karyanya terhadap orang lain 

Jika saya dan murid saya melakukan refleksi terlebih dahulu mungkin hasil proyeknya dapat ditindaklanjuti dan murid saya dapat belajar dari proses belajarnya sehingga ketika ada project lanjutan atau ada project berikutnya maka dia sudah tahu apa yang harus diperbaiki Kejadian ini membuat saya sadar bahwa betapa pentingnya bagi guru sebagai fasilitator Project untuk melakukan evaluasi selama proses pembelajaran dari akhir Project 

Jika kita benar-benar menginginkan model kita memaknai proses pembelajaran di dalam evaluasi implementasi Project 

Ibu dan bapak guru perlu memperhatikan lima prinsip sebagai berikut 

Prinsip yang pertama adalah bersifat menyeluruh evaluasi implementasi Project bukan hanya terhadap pembelajaran murid saja tetapi juga terhadap guru satuan pendidikan dan warga satuan pendidikan lain dalam menjalankan Project. 

Untuk menerapkan prinsip Pertama ini ibu Ana dapat merancang evaluasi pada guru sebagai fasilitator Project dan para murid untuk murid evaluasi implementasi dapat dilakukan dengan mengukur Bagaimana dan seberapa jauh murid mengalami pembelajaran dan perkembangan individu murid selama Project berjalan, misalnya dengan menggunakan instrumen penilaian rubrik kemudian dibuat rencana pembelajaran lanjutannya 

Sedangkan untuk guru evaluasi implementasi Project dapat mengukur kemampuan guru dalam rancangan aktivitas pembelajaran Project evaluasi juga dapat menilai keterlibatan warga satuan pendidikan lain atau bahkan orangtua murid sebagai sumber pembelajaran sehingga keterkaitannya dengan tema Project juga dapat lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan 

Prinsip yang kedua adalah fokus kepada proses evaluasi implementasi Project bukan fokus kepada hasil akhir saja tetapi perkembangan dan pertumbuhan murid pendidik dan satuan pendidikan yang menjadi tolak ukur dari evaluasi 

Misalnya ibu Ana, dapat melakukan penilaian assessment dari awal diagnostik formatif dan sumatif sehingga bukan hanya hasil akhir yang terlihat tetapi prosesnya 

Ketiga tidak ada bentuk evaluasi yang mutlak dan seragam masing-masing guru murid dan satuan pendidikan mungkin memiliki perbedaan dalam mempersiapkan maupun mengikuti pembelajaran berbasis projek gitu evaluasi implementasi Project seyogyanya dikembangkan dengan menyesuaikan konteks dan kemampuan tiap guru murid dan satuan pendidikan 

Yang keempat adalah gunakan berbagai jenis bentuk asesmen yang dilakukan tersebar selama Project dijalankan jenis asesmen yang dapat dipakai antara lain menyajikan informasi membuat produk melakukan sesuatu dengan beragam instrumen asesmen seperti soal tertulis Quiz pemahaman jurnal lembar checklist observasi rubrik portofolio kinerja atau keterampilan  

Assessment diagnostik diawal Project dapat membantu ibu Ana mengukur pengetahuan awal murid-muridnya seperti menilai luasnya pengetahuan dan keterampilan murid yang ada membantu memandu proses proyek dan menunjukkan kedalaman pengetahuan mereka 

Untuk assessment diagnostik ini ibu Ana ingin menggunakan rubrik sebagai instrumen penilaian nya saat Project berjalan 

Ibu Ana mengaplikasikan asesmen formatif dengan menggunakan instrumen asesmen jurnal pengamatan dan refleksi murid hal ini sebagai sarana umpan balik bagi ibu anak dan murid-muridnya mengenai proses pembelajaran Project dengan topik merancang alat transportasi di masa depan yang tengah berlangsung 

Mari kita lihat jurnal pengamatan guru dan lembar refleksi murid berikut ini  sedangkan evaluasi di akhir Project ibu Ana menggunakan pembuatan produk berubah prototipe alat transportasi di masa depan sebagai strategi assessment sumatif yang dipakai tentunya dengan dilengkapi rubrik penilaian produk Prototype tersebut  

Kelima melibatkan murid dalam evaluasi dalam melakukan evaluasi Project keterlibatan murid merupakan sesuatu yang penting agar evaluasi lebih menyeluruh 

Selain itu murid akan turut merasa memiliki dan terhubung dengan Project jika murid diberi ruang untuk terlibat ibu dan bapak guru itu tadi semua pembahasan mengenai prinsip evaluasi implementasi 

Dari diskusi kita kali ini pasti ibu dan bapak guru ini mempelajari lebih lanjut metode dan penerapan contoh implementasi evaluasi Project yang lebih komprehensif 

Ibu dan bapak guru tidak perlu khawatir ya metode dan penerapan contoh implementasi evaluasi Project yang lebih lengkap akan kita diskusikan bersama pada video Selanjutnya  

Selamat ber Project, salam dan bahagia

Link video silahkan klik disini

Link